Jenis Tanaman di dalam Rumah yang Bisa Dipilih untuk Memperindah dan Menyegarkan Ruangan

Menambahkan hiasan ke dalam rumah tidak melulu harus benda-benda atau furniture yang mesti dibeli dengan harga mahal. Sebab, ada banyak ide yang bisa diterapkan jika hanya ingin ada tambahan hiasan di rumah Anda. Salah satu yang populer namun sedikit orang yang menekuninya adalah tanaman di dalam rumah.

Elemen tenaman dijadikan sebagai hiasan interior yang bisa dibilang sudah anti mainstream. Padahal, ide ini relatif lebih murah dibandingkan dengan ide lain yang biasanya butuh budget lebih banyak.

Percayalah, nantinya, hiasan berupa tanaman tersebut tidak akan hanya sebatas hiasan semata, namu lebih dari itu mampu menunjukkan manfaat lebihnya. Anda mungkin perlu mencoba untuk membuktikannya sendiri. Jika tidak tahu apa yang mesti diusahakan dari awal, silahkan baca terus artikel ini sampai tuntas. Semoga Anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Plus Minus Menambahkan Hiasan Berupa Tanaman di Dalam Rumah

Seperti kita pahami bersama bahwa rumah yang dihias dengan hanya mengandalkan benda mati jelas menunjukkan bahwa sang empunya kurang ramah terhadap lingkungan. Sementara, rumah jika dibiarkan kosong tanpa hiasan bisa jadi memang kurang memuaskan. Lalu apa yang seharusnya dilakukan?

Nah, kembali ke topik, bahwa menambahkan hiasan tanaman di dalam rumah sudah cukup jadi indikasi rumah Anda akan terlihat hidup. Anda bisa mengeksplorasi apapun di sekitar Anda untuk menemukan ide tanaman apa yang bagus dimasukkan ke dalam rumah Anda.

Setidaknya, berikut ini hal-hal yang mungkin bisa menjadi tolak ukur kenapa Anda mesti memilih objek tanaman sebagai hiasan dalam rumah.

 tanaman di dalam rumah, manfaat tanaman di dalam rumah, tanaman hias mini dalam ruangan, tanaman hias dalam ruangan rumah, tanaman dalam interior, tanaman hias mini dalam ruangan, tanaman hias mini dalam kamar tidur

kaktus yang dijadikan tanaman hias dalam interior – diminimalis.com

Pertama, upaya penghijauan melalui hal-hal kecil

Adanya tanaman tadi, akan membuat Anda terdidik untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Rumah Anda akan nampak lebih hijau jika ada tanamannya. Bahkan, bisa jadi orang-orang yang berkunjung ke rumah Anda akan dibuat kagum karena menunjukkan bahwa Anda punya ketertarikan dan hobi khusus.

Kedua, memelihara tanaman bisa jadi aktivitas sampingan yang positif

Untuk Anda yang memang pecinta tanaman hias, mungkin sudah tidak perlu lagi diragukan loyalitas pada hobi Anda. Nah, untuk Anda yang belum terbiasa, ini bisa jadi sarana untuk meningkatkan kepedulian Anda terhadap lingkungan. Anda akan jadi punya kegiatan positif selama di rumah.

Ketiga, Anda akan belajar jadi pribadi yang lebih bertanggung jawab

Seperti halnya punya hewan peliharaan, menanam tanaman hias juga perlu pemeliharaan. Setidaknya usaha Anda untuk mulai dari awal; membeli bibit, memupuk hingga merawatnya, efek positifnya membuat jiwa Anda lebih bertanggung jawab.

Jadi, sebenarnya, menanam tanaman di dalam rumah jelas tidak ada ruginya. Anda bahkan bisa pilih jenis tanaman apapun yang Anda suka. Jika semuanya berawal dari rasa suka maka semuanya akan mudah dan menyenangkan.

Tips Menambahkan Tanaman Hias ke Dalam Rumah

Tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan mampu memberikan efek positif secara psikologi. Tidak hanya itu, keindahan ruangan juga akan ikut tertunjang dari adanya tanaman di dalam rumah tersebut.

Banyak desainer interior bahkan menganjurkan kliennya untuk menempatkan tanaman sejenis bunga di dalam rumah. Hal ini dimaksudkan guna memberikan nuansa segar dalam ruangan.

tanaman dalam interior, tanaman hias mini dalam ruangan, tanaman hias mini dalam kamar tidur

pohon palem indah di dalam interior – diminimalis.com 

 

Jadi, mari kita bedah apa saja yang perlu Anda siapkan ketika benar-benar berniat menambahkan tanaman hias dalam ruangan rumah anda.

Memilih Jenis Tanaman Hias dan Medianya

Agar projek Anda sukses maka Anda harus memillih tanaman yang dapat menyesuaikan diri dengan kondisi tertutup. Contoh tanaman hias tersebut ialah anggrek bulan, palem, bunga lili, sirih gading, dan sebagainya.

Selain jenis tanamannnya, media tanam juga harus disiapkan. Pilih media yang memiliki karakter porous yaitu bisa untuk menampung setidaknya sedikit air.

Sebaiknya gunakan pot, lalu tanahnya dicampur dengan humus, pupuk kompos, ataupun kandang. Pupuk ini nantinya berguna untuk menambah nutrisi media tanam sehingga tanaman akan subur alias tetap hidup.

Memilih Penempatannya

Selanjutnya, pikirkan tentang strategi penempatannya, apakah akan diletakkan di dekat jendela atau di sisi tertentu dari ruangan. Pikirkan tentang segala hal yang berkaitan dengan kemudahan perawatannya. Jangan sampai tempat yang dipilih salah sehingga justru malah akan mengganggu mobilitas di dalam rumah.

Perawatan Tanaman Hias Interior

Untuk merawat tanaman di dalam rumah agar tetap segar dan asri, Anda bisa melakukan perawatan lengkap mulai penyiraman, pemupukan, pencabutan gulma, hingga pemangkasan. Lakukan perawatan tersebut secara rutin supaya tanaman hias Anda tidak terbengkalai dan mampu menunjang tampilan ruangan rumah Anda.

Baca juga: Merawat Anggrek Bulan agar Berbunga Lebat dan Tahan Lama

Jenis Tanaman Hias yang Cocok ada di Dalam Rumah

Untuk melengkapi postingan ini, berikut kami berikan rekomendasi jenis tanaman indoor yang pas untuk diletakkan di ruangan rumah Anda.

  • Lidah Mertua

Lidah mertua menjadi rekomendasi pertama, karena selain namanya yang unik, tanaman ini juga kaya manfaat. Seperti misalnya mampu menghilangkan dan menyerap racun yang ada di udara.

Ciri khas lidah mertua ada pada daunnya yang tegak menjulang dengan tekstur keras sehingga terlihat unik jika tumbuh di dalam ruangan. Tanaman ini efektif untuk menyegarkan udara dan berbagai macam polutan dalam ruangan.

Anda bisa pilih penempatannya. Bisa di ruang keluarga atau ruang tamu. Namun yang jelas, tanaman ini lebih cocok diletakkan dimanapun terutama di ruangan dengan mobilitas yang cukup tinggi.

  • Bunga Daisy

Bunga daisy merupakan salah satu bunga dengan warna-warninya yang ceria. Bunga ini jelas sangat ideal untuk diletakkan di kamar mandi atau kamar tidur Anda. Memang kekurangannya bunga ini harus terkena matahari langsung agar bisa bertahan hiodup, jadi sebaiknya cari tempat yang sedikit terbuka.

  • Lidah Buaya

Tanaman ini sudah sangat populer sebagai tanaman kering yang unik dan berkhasiat. Lidah buaya juga merupakan salah satu tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur.

Manfaatnya bahkan tidak hanya sebagai penambah estetika ruangan, tapi juga mampu membantu menghilangan zat-zat berbahaya dalam ruangan.

  • Sirih Gading

Tanaman ini sama dengan sirih biasa, hanya saja sirih gading memiliki corak warna yang lebih menarik. Tanaman ini akan terlihat sangat cantik jika ditanam di pot gantung lantaran daunnya yang merambat dan akan menjuntai ke bawah layaknya ekor merak.

Seperti halnya lidah mertua, sirih gading juga bermanfaat untuk menyerap racun-racun dan polutan di udara ruangan. Tinggal Anda pilih saja warna bunga yang disukai lalu beli bibitnya.

  • Sri Rejeki

Sri rejeki atau nama kimianya aglaonema juga tak kalah bagus untuk Anda pilih. Ciri utama dari tanaman ini ialah terletak pada corak daunnya yang indah.

Tanaman ini tumbuh tegak berdaun lebar dengan dominasi warna putih. Biasanya lebih sering ditemui di kantor atau perhotelan karena sering diadopsi di sana.

Pada intinya, memilih tanaman yang akan ditanam dalam rumah memang susah-susah gampang karena bisa jadi dibingungkan dengan pemilihan jenisnya. Selanjutnya, juga menuntut konsistensi Anda dalam merawatnya. Jika tidak serius maka hasilnya justru bisa saja mengecewakan.

Jadi, saran kami pikirkan dulu masak-masak sebelum berniat menambahkan tanaman di dalam rumah Anda. Alih-alih jadi indah, justru bisa makin berantakan jika tidak terurus. Semoga sukses ya. (ls) editted by RN05062020


Comment