Taman rumah minimalis modern merupakan bagian eksterior rumah yang dapat digunakan untuk menambah keindahan dan kesejukan bagi pemiliknya. Taman rumah minimalis adalah solusi cerdas bagi sebagian orang untuk menciptakan hunian yang hijau nan sejuk. Anda juga bisa merasakan manfaat apabila mempunyai taman di rumah Anda.

Apabila Anda memiliki rumah dengan gaya minimalis dan ingin menambahkan sedikit sentuhan taman dihalaman rumah, Anda bisa mengusung konsep taman rumah minimalis modern untuk dijadikan pilihan. Taman bukan hanya identik di rumah – rumah besar saja, dengan rumah yang tidak terlalu luaspun sudah bisa menciptakan taman yang sangat indah.

landscape taman belakang, landscape taman belakang rumah, landscape taman belakang rumah minimalis
taman belakang minimalis yang simpel namun elegan – diminimalis.com

Taman Rumah Minimalis Modern dan Cara Merawatnya

Fungsi taman bukan hanya untuk keindahan saat dipandang mata, tetapi juga sebagai penghijauan yang akan memberikan kesan sejuk, dan juga bisa menghilangkan stres penguhuninya karena aktivitas sehari-hari. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat taman rumah minimalis modern Anda, diantaranya adalah :

• Siram Tanaman Secara Teratur

Apabila tanaman di dalam taman Anda berada di dalam pot, maka Anda harus menyiramnya dengan intensitas air yang tepat yaitu tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Indikasi kecukupan siraman air saat airnya mulai meluap. Kemudian segera hentikan saat air sudah keluar, karena apabila tanaman kelebihan air maka akan cepat membusuk.

Taman Rumah Minimalis Modern, Taman belakang Rumah Minimalis Modern, Taman Minimalis belakang rumah, Landscape taman belakang rumah, Landscape taman belakang rumah minimalis
Landscape taman belakang rumah dengan pencahayaan yang cukup – diminimlais.com

• Berikan Pencahayaan yang Cukup

Beberapa tanaman ada yang tidak bisa hidup di tempat yang gelap, beberapa diantaranya butuh pencahayaan yang cukup untuk melakukan proses fotosintesis. Maka dari itu pastikan tanaman Anda mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

• Mengganti Komposisi Tanah

Ada beberapa tanaman yang tidak dapat tumbuh maksimal walaupun sudah mendapatkan pencahayaan dan air yang cukup. Apabila sampai terjadi, maka Anda harus mengganti media tanaman tersebut. Coba gantilah dengan tanah yang baru agar dapat memperbaharui nutrisi tanaman tersebut.

• Memangkas Rumput Secara Rutin

Tanaman yang mempunyai pertumbuhan cepat salah satunya adalah rumput. Rumput yang tidak dipotong secara rutin akan mengalami pertumbuhan yang cepat dan membuat taman Anda menjadi penuh dan lama kelamaan akan menjadi sarang serangga. Pemandangan ini tentunya akan menghalangi keindahan taman minimalis Anda.

Pangkaslah rumput secara rutin minimal sekali dalam seminggu. Kemudian Anda juga memberikan obat pembasmi serangga alami agar tanaman tidak mudah diserang oleh serangga. Anda dapat menggunakan garam epsom, cabai, lemon, atau daun tomat.

• Memangkas Tanaman Liar

Selain memangkas rumput secara rutin untuk menambah keindahan taman rumah minimalis modern Anda. Jangan lupa juga untuk memangkas tanaman liar yang ada di sekitarnya. Anda dapat memangkas tanaman seperti parasit seperti gulma setiap dua kali dalam seminggu.

• Menjaga Taman Selalu Bersih

Jaga selalu taman Anda agar selalu bersih dengan cara menyapu dan membersihkan sampah dari daun kering atau ranting yang jatuh. Langkah ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah Anda. Apabila taman rumah minimalis modern Anda selalu terjaga kebersihannya, taman menjadi lebih asri dan hijau.

• Menjaga Kebersihan Kolam dan Merawat Pompa Air

Langkah selanjutnya untuk mempercantik taman rumah minimalis modern Anda adalah menjaga kebersihan kolam dan merawat pompa air. Apabila Anda mempunyai kolam di dekat taman, jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin dengan cara menggosok kolam sampai bersih dan mengurasnya.

Selain itu, Anda juga harus merawat pompa air yang ada di dalam kolam dengan baik. Perhatikan instansinya dan pastikan bersih dan berfungsi dengan baik. Apabila pompa air mengalami kerusakan, Anda dapat menggantinya dengan segera agar ikan yang ada di dalamnya tidak terganggu sehingga menyebabkan kematian.

• Melakukan Pemupukan

Selain disiram, tanaman juga perlu untuk dilakukan pemupukan agar tidak mudah layu dan kusam. Pemupukan pada tanaman dapat dilakukan pada saat pagi atau malam hari. Namun, alangkah lebih baiknya Anda dapat melakukan pemupukan pada saat pagi hari karena saat pagi hari air tidak banyak menguap dan terhembus angin.

Namun, ketika Anda tidak sempat untuk melakukan pemupukan pada pagi hari. Anda bisa melakukan pemupukan saat malam hari, tapi tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari. Hal ini dikarenakan pada saat malam hari suhu lembab sehingga bisa memicu munculnya jamur.

Tips Mempercantik Taman Rumah Minimalis Modern

Anda sudah mengetahui bagaimana cara merawat taman rumah minimalis modern yang baik dan benar. Sekarang, diminimalis akan sajikan beberapa tips mempercantik taman Anda dengan budget yang rendah.

1. Menambahkan Tanaman Baru

Setelah Anda sudah merawat tanaman dengan membersihkannya secara rutin. Langkah selanjutnya, Anda dapat menambahkan beberapa tanaman baru yang belum ada di taman Anda. Anda bisa meletakkan semak sederhana dan kecil yang sedikit menghibur tempat itu, atau bisa juga tanaman hias di dalam pot.

2. Meletakkan Tanaman di Sudut yang Nyaman

Taman tidak selalu di pekarangan yang luas, di depan rumah, dan dengan banyak variasi tanaman. Anda bisa meletakkan tanaman secara vertikal seperti taman yang berdiri di dinding. Teknik ini akan semakin efektif untuk Anda yang menginginkan konsep taman minimalis namun tetap enak di pandang mata.

Anda juga bisa menambahkan beberapa kursi santai di depan taman vertikal ini. Tambahkan juga beberapa lampu untuk menerangi keindahan taman vertikal Anda agar lebih terlihat saat malam hari. Berikan sentuhan batu alam pada lantai atau alasnya.

3. Memberikan Pencahayaan

Langkah selanjutnya untuk mempercantik taman rumah minimalis modern Anda adalah memberikan sentuhan cahaya di taman. Anda dapat menggunakan lampu sorot yang menyorot taman Anda untuk memperlihatkan keindahan berbagai macam tanaman yang Anda miliki. Selain itu, penggunaan pencahayaan juga dapat memberikan suasana hati menjadi lebih nyaman.

4. Sentuhan Tanaman Berwarna

Langkah selanjutnya adalah memberikan sentuhan tanaman berwarna yang dapat menyegarkan pemandangan. Anda dapat mencarinya di toko bunga, jangan lupa untuk memadukan warna bunga satu dengan yang lainnya agar lebih cantik kombinasinya. Anda dapat menyusun tanaman yang berwarna cerah di bagian tengah kemudian di bagian pinggir warna yang gelap.

5. Menggunakan Area Sisi Rumah

Pada umumnya taman terletak di bagian depan atau belakang rumah. Namun, jarang sekali menggunakan bagian sisi samping rumah untuk memberikan sentuhan taman. Nah, daripada area samping rumah dibiarkan kosong, Anda dapat memanfaatkannya untuk ditanami tanaman.

Tidak perlu mengisi penuh seluruh area dengan tanaman hias atau rumput. Anda bisa menggunakan kerikil atau batu yang berbentuk daun pada bagian bawahnya. Berikan tanaman-tanaman yang mempunyai ukuran pendek dengan warna hijau dan merah untuk menambah kesan sederhana tapi elegan.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat tanaman pada taman rumah minimalis modern Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat pergola untuk taman rumah minimalis Anda pada link manfaat pergola untuk taman rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL060621.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *