Tips Memasang Talang Air Rumah

Talang air merupakan salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan dari eksterior sebuah rumah. Keberadaan talang air rumah biasa digunakan sebagai media drainase yang mengalirkan air hujan dari atas menuju ke selokan.

Talang air rumah juga berguna untuk menghindarkan rumah dari dampak buruk air hujan, seperti tembok yang kotor terkena cipratan air hujan. Fungsi talang air rumah yang cukup banyak ini seharusnya menjadi pertimbangan kuat untuk Anda memperhatikan bagian ini dengan cermat.

Selain fungsi utama tadi, adanya talang air rumah juga keindahan eksteriornya akan terbantu. Talang air rumah yang bagus dengan desain yang menarik tentunya akan menjadikan rumah Anda semakin enak dilihat.

Ada banyak jenis bahan yang dipakai sebagai bahan talang air dan bahan galvanis merupakan bahan yang kuat dan memiliki desain elegan sehingga sangat cocok untuk talang rumah Anda.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Memasang Talang Air

Banyaknya keuntungan saat menggunakan talang air hujan tentunya sangat dipengaruhi oleh seberapa tepat saat Anda memasangnya. setidaknya dalam hal pemasangannya perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

talang air rumah
talang air rumah minimalis – diminimalis.com

Harga

Anda pernah mendengar tentang ‘harga tidak pernah menipu’? Ungkapan ini sangat cocok jika dikaitkan dengan talang air. Ragam harga pada talang air sangatlah bervariasi tergantung pada material penyusunnya.

Harga talang air rumah berbahan PVC tentunya berbeda dengan talang berbahan galvanis. Secara umum harga talang air rumah berbahan PVC jauh lebih murah dibanding dengan talang air berbahan logam maupun galvanis.

Bahan

Talang air galvanis
talang air berbahan PVC – diminimalis.com

Unsur bahan memang sangat menentukan awet tidaknya penggunaan talang air. Pemilihan bahan talang memang sangat fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk daerah beriklim tropis yang memiliki curah hujan tinggi ada baiknya menggunakan talang air berbahan PVC yang kedap air dan juga mudah dalam pemasangannya.

Anda juga perlu mencoba menggunakan talang air galvanis yang memiliki bentuk setengah lingkaran pada talang airnya. Memang harga talang ini lebih mahal dibanding talang air berbahan PVC namun hasil yang didapat tentunya lebih memuaskan.

Bahan dari talang air bermacam-macam jenis, berikut material yang Anda perlukan.

  • Talang air PVC. Talang ini paling populer digunakan di rumah-rumah. Talang ini mempunyai harga yang terjangkau dan bobot yang ringan, sehingga mudah dalam pemasangannya. Namun, kekurangannya talang ini terbuat dari bahan plastik sehingga rentan terhadap cuaca.
  • Talang air logam. Talang ini biasanya terbuat dari bahan seng, galvalum, atau aluminium. Talang ini dijual dalam bentuk lembaran sehingga mudah untuk dibentuk.
  • Talang air beton. Talang ini dibuat dari beton sehingga mempunyai kekuatan yang baik dan tahan terhadap cuaca. Kekurangannya harganya cukup mahal dan pengerjaannya yang lama.

Estetika

Keindahan estetika sebuah rumah memang sangat ditentukan oleh tampilan eksterior. Bagian eksterior yang bisa Anda tonjolkan untuk menciptakan estetika rumah yang indah adalah talang air. Anda bisa melakukannya dengan memilih talang air rumah galvanis yang memiliki bentuk minimalis dan mewah agar lebih sesuai dengan konsep minimalis rumah Anda.

Bentuk Corong Talang

Apabila Anda meminta tukang untuk memasang talang air di rumah. Anda dapat ikut melihat, apakah talang sudah terpasang dengan benar atau belum. Beritahu tukang bagian mana saja atap yang bocor agar sekalian diperbaiki dan tidak mengganggu pemasangan talang. Selain itu, pastikan corong talang terbebas dari sampah dan tanah yang dapat menyumbat dan menghalangi air.

Sambungan dan Siku

Pemasangan talang tentunya tidak terlepas dari berbagai sambungan dan siku. Pastikan sambungan dan letak siku harus sesuai dan kencang agar air tidak mampet sehingga menyebabkan kebocoran. Pasanglah siku talang sesuai dengan konstruksi kemiringan rumah Anda.

Talang yang berbentuk horizontal harus dipasang dengan benar. Jika terlalu miring maka akan mengalir dengan kecepatan tinggi dan talang vertikal tidak berfungsi optimal. Sedangkan, jika talang horizontal kurang miring maka air akan mengendap dan meluap.

Ukuran

Talang air yang akan dipasang sebaiknya jangan terlalu besar atau kecil, harus disesuaikan kondisi rumah. Apabila talang terlalu kecil, air akan kelebihan beban saat hujan sangat deras dan akhirnya menyebabkan kerusakan pada struktur rumah.

Cara Pemasangan Talang Air Rumah

Talang air rumah harus dipasang dengan benar dan kuat, jika tidak, maka akan mudah rapuh dan rusak. Berikut ini diminimalis sajikan tata cara pemasangan talang air yang perlu Anda ketahui:

1. Siapkan bahan dan alatnya

Sebelum Anda memulai untuk memasang talang air. Siapkan bahan dan alatnya. Bahan yang diperlukan yaitu pipa panjang, papan, dan siku.

Sedangkan alat yang perlu disiapkan yaitu:

  • Paint brush atau kuat cat yang akan digunakan untuk mengoleskan lem pada sambungan dan pipa.
  • Pemotong pipa atau gergaji digunakan untuk memotong pipa.
  • Amplas digunakan untuk membersihkan pipa setelah dipotong.
  • Pembersih pipa digunakan untuk membersihkan pipa agar terlihat cemerlang.
  • Pensil atau spidol digunakan sebagai penanda bagian pipa yang akan dipotong dan di lem.
  • Lem pipa PVC tentunya digunakan untuk merekatkan sambungan pipa agar tidak mudah lepas dan kuat.
2. Ukur tata letak talang

Anda dapat mengukur tata letak talang dengan penanda berupa garis atau pensil. Ini langkah-langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan.

  • Tentukan titik awal atau talang yang akan membentuk horizontal pada jalur talang yang akan dibuat
  • Tandai titik pada papan sampai lebar cucuran kurang lebih 3,2 cm dibawah sambungan (pertemuan antara dinding dengan genteng)
  • Tentukan titik akhir atau talang yang akan membentuk vertikal
  • Tandai titik akhir bawah papan cucuran dengan hitungan kemiringan talang 0,6 cm setiap 3 cm
  • Gunakanlah penanda diantara dua titik tersebut
3. Potonglah talang sesuai ukuran

Potong talang sesuai dengan kondisi rumah Anda. Gunakan gergaji atau gunting logam untuk memotongnya. Hati-hati jangan sampai tangan Anda tergores gergaji atau gunting.

4. Pasang pengikat talang

Ikat talang agar lebih kuat. Anda dapat memasang pengikat pada talang atau hanya ditempelkan pada permukaan terdahulu, tergantung dengan jenis talang. Anda dapat melihat terlebih dahulu sebelum membelinya.

5. Menentukan pembukaan pipa talang vertikal

Anda dapat menggunakan gergaji ukir untuk memotong pembukaan dengan bentuk persegi empat. Kemudian, pasang sambungan pipa talang vertikal dan sumbat penutup pada talang menggunakan bahan perekat silikon dan skrup logam pendek. Sumbatan penutup talang harus digunakan pada jalur talang yang terbuka.

6. Menempelkan talang pada tempatnya

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menempelkan perekat pada papan permukaan setiap 61 cm. Anda dapat menggunakan baut skrup besar dengan bahan baja anti karat yang ukurannya cukup panjang. Skrup ini digunakan agar dapat menembus papan permukaan yang panjangnya minimal 5,1 cm.

Pasanglah pipa talang bentuk vertikal pada talang lainnya melalui sambungan pipa talang bentuk vertikal. Pastikan pipa talang vertikal yang runcing menghadap ke arah bawah dan tepat.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menentukan bahan dan model talang air rumah minimalis yang cocok untuk rumah Anda. Selamat mencoba, salam diminimalis. (Is)n editted by AL141220.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.