Talang air galvanis merupakan salah satu jenis talang air yang sering dipakai pada rumah minimalis. Model talang air rumah ini sangat cocok digunakan pada rumah yang menginginkan kesan elegan muncul pada eksterior rumah.

Dengan penggunaan talang air tentunya juga bisa menjaga rumah tetap kering saat hujan tiba dikarenakan aliran air hujan bisa Anda kendalikan.

Talang air galvanis
Talang air galvanis – diminimalis.com

Di pasaran harga talang air cukup beragam dan talang air jenis galvanis ini merupakan jenis talang yang memiliki harga mahal. Harga mahal dari talang ini tentunya sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Ada banyak keuntungan yang diperoleh jika Anda memilih galvanis sebagai talang air rumah minimalis, berikut beberapa diantaranya.

Keuntungan menggunakan talang air galvanis

Talang air menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam eksterior sebuah hunian. Keberadaanya menjadi tempat drainase rumah yang akan ‘menyelamatkan’ Anda dari efek buruk turunnya air hujan.

Anti karat dan keropos

Bahan galvanis termasuk kedalam bahan baja. Bahan galvanis juga biasanya dilapisi pada bagian luarnya menggunakan bahan seng dan besi yang menjadikan bahan ini tahan karat sehingga tidak mudah keropos.

Terlebih, ditambah juga pada tahap finishingnya dilapisi dengan cat bersistem power coating yang menambah daya tahan talang air galvanis ini.

Tidak terpengaruh cuaca

Pada bahan talang air yang lain seperti PVC mudah sekali terpengaruh dengan cuaca. Apalagi jika talang PVC yang sudah terlihat melengkung dibiarkan begitu saja maka akan menambah kerusakan talang semakin parah.

Permasalahan talang air PVC ini tidak akan Anda temui pada talang air galvanis.

Kuat dan awet

Talang galvanis yang terbuat dari baja tentunya akan membuat strukturnya lebih kuat. Anda tidak usah khawatir dengan biaya yang dikeluarkan, meski cukup mahal namun talang jenis ini awet dan kuat. Waktu Anda juga tidak tersita hanya untuk memikirkan talang air saja bukan.

Memperindah eksterior

talang air galvanis
rumah indah dengan talang air – diminimalis.com

Talang air galvanis umumnya memiliki model setengah lingkaran yang sangat cocok diterapkan pada semua jenis model rumah.

Warnanya yang mengkilap dan memancarkan kemewahan akan membuat rumah minimalis Anda terlihat lebih elegan dan berkilau.

Ringan

Bahan galvanis memiliki bobot yang tidak terlalu berat. Bobot ini tentunya tidak akan memberikan beban berarti pada konstruksi banguan sehingga rumah tidak cepat rusak.

Bobotnya yang ringan juga akan memudahkan Anda dalam pemasangannya.

Tips Pemasangan Talang Air dengan Benar

Dalam memasang talang air, perlu ada beberapa hal yang menjadi kunci keberhasilannya. Tujuan memeasang dengan baik tidak lain adalah agar tidak menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

Berikut ini tips terbaik memasang talang air dengan benar.

1. Memilih ukuran yang tepat

Ukuran menjadi hal penting untuk dipilih dengan benar jika ingin mendapatkan fungsi talang air dengan sempurna. Jika ukuran talang airnya terlalu kecil, maka akan mengalami kelebihan beban dan bisa menyebabkan kerusakan pada struktur penopang rumah Anda.

Semntara jika terlalu besar, akan memakan tempat dan kurang estetis dilihat, jadi sebaiknya pilih yang tepat sesuai ukuran saja. Untuk mendapatkan perhitungan ukuran yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan ukuran atap rumah dan curah hujan di area tempat Anda tinggal.

2. Gantungan talang harus dipasang berdekatan

Gantungan talang air harus ditempatkan berdekatan dan mesti dipasang dengan benar. Jika Anda memberikan terlalu banyak ruang atau jarak antara talang air dan gantungan, maka talang akan mudah melorot dan menyebabkan air dari atas menggenang.

3. Lakukan pemasangan dengan hati-hati, jangan sampai ada kerusakan

Dalam proses pemasangan talang air, sebaiknya lakukan dengan penuh kehati hatian. Usahakan agar tidak ada komponen talang air yang jatuh karena jika sampai jatuh dan rusak atau bocor bisa merugikan Anda di kemudian hari.

4. Atur kemiringan talang dengan tepat

Untuk mengatur kemiringan talang, pertama-tama tentukan titik awal atau titik tertinggi pada jalur pemasangan talang. Lalu, tentukan titik akhir lokasi pipa tegak yang akan menjadi aliran keluar air dari talang.  

Buat kemiringannya sekitar 0,5 inchi agar air bisa mengalir sempurna.

5. Lakukan Pengecekan ulang dari proses instalasi talang

Tips terakhir adalah Anda perlu melakukan pengecekkan ulang dari setiap tahap instalasi. Pastikan air mengalir dengan lancar.

Cara mengeceknya adalah dengan menaruh selang berisi air di atas talang. Jika air lancar mengalir berarti benar. Dan jika air tidak lancar mengalir, maka ada yang salah dalam proses pemasangan talang air hujan yang Anda lakukan.

Demikianlah beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh jika menggunakan talang air galvanis. Semoga memberikan inspirasi untuk Anda. Salam diminimalis (am). editted by AL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *