Untuk membuat bata ekspos yang bagus, perlu dilakukan dengan beberapa tahap yang benar-benar terencana. Model bata ekspos sebagai hasil akhir cukup jauh berbeda dengan finishing dinding yang biasa. Untuk itulah diperlukan beberapa sentuhan khusus agar didapat hasil desain yang bagus.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal alias cantik dan rapi, maka langkah-langkah yang dilakukan tidak boleg tanggung-tanggung. Harus terencana dan detail. Dimulai dari pemilihan material batu bata yang bertekstur bagus dan presisi hingga nanti teknik pemasangannya.

Untuk mendapatkan produk batu bata terbaik, Anda bisa membelinya dari pabrik, bukan perseorangan. Sebab biasanya hasil olahan pabrik lebih bagus secara kualitas dan lebih rapi. Setelah berpikir soal material sudah selesai, selanjutnya Anda bisa bicara soal bagaimana membuat bata ekspos yang benar.

Mengenal Ciri Khas Dinding Bata Ekspos

Bunga Anggrek, Bunga Anggrek bulan, jenis jenis bunga anggrek dan penjelasannya
tahapan membuat bata ekspos – diminimalis..com

Dinding bata ekspos merupakan istilah untuk dinding yang dibiarkan tanpa plester atau acian. Beda dengan yang biasa dimana penggunaan bata ringan untuk dinding dilakukan finishing seperti biasa.

Untuk menjadikan tampilan bata ekspos yang lebih menarik, perlu perencanaan sejak awal hingga berlanjut dengan sentuhan akhir pada beberapa bagian tertentu.

Meski secara desain tidak semua orang suka, namun tentu saja dinding ekspos jadi primadona untuk sebagian kalangan. Hal ini tidak lain karena setiap orang punya seleranya masing-masing.

Untuk membuat bata ekspos sendiri perlu tahapan khusus yang “merepotkan” sehingga wajar jika tidak semua orang suka. Mungkin ada yang menganggap terlalu ribet atau bahkan susah untuk dibuat. Namun, secara estetika sangat menarik sehingga inilah yang melatarbelakangi diminimalis untuk membahas tentang topik membuat bata ekspos kali ini.

Tahapan Membuat Bata Ekspos untuk Dinding Rumah Minimalis

Bila Anda tertarik untuk menggunakan dinding bata ekspos, Anda bisa menyimak beberapa tips dan tahapan yang perlu Anda lakukan di bawah ini.

1. Siapkan permukaan dinding

Untuk mulai melakukan pembuatan bata eskpos, Anda bisa memulainya dari penyiapan dinding. Tutup bagian-bagian tertentu menggunakan isolasi atau lakban, seperti colokan listrik dan saklar lampu.

Jika sudah, lakukan pembersihan dinding dengan hati-hati. Jika ada lumut atau permukaan dinding yang tidak rata, haluskan menggunakan kertas amplas sampai benar-benar bersih dan siap dipoles.

2. Buatlah pola membentuk ukuran bata

Gunakan penggaris, pensil, dan pisau untuk menandai pola menyerupai bentuk batu bata. Buat pola dengan ukuran 7,5 cm x 2,25 cm sebagaimana ukuran batu pada umumnya. Buatlah duplikat ukuran batu bata ini pada seluruh bagian dinding.

Caranya, pertama-tama buat garis horizontal di seluruh permukaan dinding, lalu garis vertikal yang diselang-seling menyerupai pola bata. Ulangi seluruh proses ini ke seluruh permukaan dinding hingga penuh dengan pola batu bata ekspos.

Tahapan membuat bata ekspos, cara membuat dinding bata expose
Tips membuat bata ekspos dengan corak putih yang indah- diminimalis.com

3. Aplikasikan acian putih atau plamir

Langkah selanjutnya setelah membuat tampilan dinding seperti bata ekspos adalah mengecat seluruh permukaannya. Anda bisa mengecat dinding dengan warna yang Anda inginkan, misalnya putih, merah bata, hitam, dan sebagainya.

Untuk memperindah hasil tampilan, pemasangan batu bata diusahakan serapi mungkin. Kuncinya juga ada pada pengecatan yang benar agar didapat dinding bata ekspos yang sesuai ekspektasi.

Hal penting lainnya ialah Anda perlu menyesuaikan warnanya dengan warna interior rumah secara keseluruhan. Caranya adalah dengan menyusun batu bata secara rapat sehingga garis spasi (siar) tidak tampak.

Untuk mendapatkan dinding batu bata ekspos tanpa siar, diperlukan batu bata dengan ukuran presisi dan memiliki tekstur yang halus. Batu bata yang digunakan umumnya adalah batu bata produksi pabrik yang pengolahan dan pembuatannya menggunakan mesin, sehingga ukuran dan bentuk yang dihasilkan sama.

4. Pilih lem perekat terbaik

Agar batu bata bisa menempel dengan kuat, Anda perlu mengaplikasikan lem perekat. Sebaiknya pilihlah lem perekat dengan kualitas terbaik supaya kuat dan menghasilkan tampilan yang indah.

Lem perekat ini juga jadi salah satu kunci keawetan batu bata ekspos hasil desain Anda. Semakin kuat tertempel maka semakin awet. Jadi, jangan main-main dalam pemilihannya ya.

5. Finishing/sentuhan akhir

Untuk mendapatkan hasil akhir yang baik, diperlukan finishing yang baik pula. Dalam mengeksekusi finishing tampilan bata ekspos, Anda hanya perlu melakukan pembersihan area dinding dari sisa-sisa plamir, lem dan sebagainya. Termasuk membuka penutup elemen-elemen penting ruangan yang sebelumnya ditutup.

Kesimpulan

Pada dasarnya untuk membuat batu bata ekspos pada dinding perlu dilakukan dengan cermat. Mulai dari pemilihan material batu batanya hingga detail pemasangannya yang harus memperhatikan tingkat presisi yang tinggi. Namun begitu, jika Anda menyerahkan pengerjaan pada ahlinya pasti hasilnya akan memuaskan.

Terakhir, semoga ulasan singkat dari kami tentang cara membuat bata ekspos dan tahapannya ini bisa bermanfaat untuk Anda. Salam diminimalis. (ls) editted by RN27062021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *