Tahapan Membuat Bata Ekspos dengan Tampilan yang Menawan

tahapan membuat bata ekspos - diminimalis..com

Tahapan membuat bata ekspos caranya tidaklah sama dengan finishing dinding biasa. Diperlukan beberapa langkah khusus demi mendapatkan hasil tampilan dinding dengan bata ekpspos yang rapi dan indah. Untuk membuat dinding batu bata terekspos yang indah, diperlukan batu bata dengan ukuran yang presisi dan memiliki tekstur yang halus. Sebaiknua batu bata yang digunakan adalah batu bata produksi pabrik, sehingga ukuran dan bentuk batu bata yang dihasilkan sama.

Bunga Anggrek, Bunga Anggrek bulan, jenis jenis bunga anggrek dan penjelasannya
tahapan membuat bata ekspos – diminimalis..com

Dinding bata ekspos merupakan istilah untuk dinding yang dibiarkan tanpa plester atau acian. Untuk menjadikan tampilan yang lebih menarik, dinding bata ekspos perlu direncanakan sejak awal kemudian ditindaklanjuti dengan finishing pada beberapa bagian tertentu.

Tahapan Membuat Bata Ekspos

Bila Anda tertarik untuk menggunakan dinding dengan bata ekspos, Anda bisa menyimak ulasan kami di bawah ini.

1. Menyiapkan dinding

Tutup bagian-bagian tertentu menggunakan isolasi atau lakban, seperti colokan listrik dan saklar lampu. Langkah selanjutnya adalah membersihkan dinding. Jika ada lumut atau permukaan dinding yang tidak rata, haluskan menggunakan kertas amplas.

2. Buat pola garis bata

Gunakan penggaris, pensil dan pisau untuk menandai pola bata. Tandai pola bata dengan ukuran 7,5 cm x 2,25 cm. Duplikat ukuran bata ini di seluruh bagian dinding. Pertama-tama beri garis horizontal di seluruh permukaan dinding, lalu garis vertikal yang diselang-seling menyerupai pola bata. Ulangi seluruh proses ini ke seluruh permukaan dinding.

Tahapan membuat bata ekspos, cara membuat dinding bata expose
dinding batu bata ekspos dengan corak putih dapat memberikan kesan klasik dan indah- diminimalis.com

3. Mulai aplikasikan acian putih atau plamir

langkah terakhir dari membuat tampilan dinding seperti dinding bata ekspos adalah mengecat seluruh permukaannya. Anda bisa mengecat dinding dengan warna yang Anda inginkan, misalnya warna putih, merah bata, hitam, dan lain sebagainya.

Untuk memperindah tampilan dinding batu bata, pemasangan batu bata diusahakan serapi mungkin. Kemudian bisa dilakukan pengecatan untuk memperindah warna sesuai selera pamilik rumah. Dan juga disesuaikan dengan warna interior rumah secara keseluruhan. Caranya adalah dengan menyusun batu bata secara rapat, sehingga garis spasi (siar) tidak tampak.

Untuk mendapatkan dinding batu bata terekspos tanpa siar, diperlukan batu bata dengan ukuran yang presisi dan memiliki tekstur yang halus. Batu bata yang digunakan umunya adalah batu bata produksi pabrik yang pengolahan dan pembuatannya menggunakan mesin, sehingga ukuran dan bentuk batu bata yang dihasilkan sama. Untuk perekatnya sebaiknya, pilihlah perekat dengan kualitas terbaik, supaya menghasilkan tampilan yang indah.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang tahapan membuat bata ekspos pada rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang bata ringan untuk dinding di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Bata ringan untuk dinding, benarkan bisa menggantikan bata merah?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.