Seringkali kerusakan atap disebabkan akibat tahapan membuat atap di awal yang tidak benar.

Hal ini yang kadang membuat genteng mudah melorot terkena angin, atau air tembus ke dalam rumah saat hujan. Namun perlu diketahui bahwa memperbaiki atap atau genteng tentu bukan hal yang murah.

Biaya perbaikannya bisa cukup tinggi, terlebih bila Anda harus menggunakan jasa tukang.  Maka demi menghindari resiko tersebut, alangkah baiknya Anda benar-benar memperhatikan tentang cara memasang atap rumah yang tepat, demi menghindari resiko jangka panjang.

Nah untuk menghindari hal tersebut terjadi, kali ini Diminimalis akan menulas tentang tahapan membuat atap rumah yang benar.

Tahapan membuat atap, cara membuat atap, cara membuat atap rumah minimalis
Tahapan membuat atap yang kuat, harus dilakukan dengan tahapan yang benar – Diminimalis.com

Tahapan membuat atap rumah yang kuat

Agar mendapatkan atap terbaik yang aman untuk melindungi rumah minimalis Anda, Anda perlu melakuakan beberapa tahapan dari awal.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan tiap tahapan membuat atap genteng rumah Anda.

1. Mempersiapkan perhitungan kebutuhan pembangunan atap rumah

Membangun sebuah rumah, tentu kita harus mempersiapkan terlebih dahulu hitung-hitungannya. Agar apa yang yang telah dipersiapkan baik itu budget, kontruksi bangunan dan lain-lainnya bisa sesuai sebagaimana rencana awal.

Hal itu juga termasuk ketika melakukan pemasangan bagian atap.

Sebelum eksekusi, Anda perlu memperkirakan perhituangan kebutuhan atap dan total biaya pemasangannya. Dengan melakukan perhitungan, Anda akan bisa membuat reng dan kerangka atap yang sesuai pula.

2. Sortir Genteng

Penting bagi Anda untuk melakukan penyortiran genteng yang sudah Anda beli sebelum memasangnya. Hal ini untuk melihat apakah ada genteng yang cacat atau rusak.

Sehingga, apabila genteng tersebut bisa mendapatkan garansi, Anda bisa segera meminta ganti. Karena kalau rusak setelah terpasang biasanya sulit untuk mendapatkan garansi dari penjual gentengnya.

3. Cat jika diperlukan

Apabila Anda ingin atap rumah nanti terlihat berkilau, cobalah untuk melakukan pengecatan genteng terlebih dahulu. Melakukan mengecatan ketika genteng belum terpasang akan lebih mudah dan aman daripada mengecat ketika genteng sudah terpasang.

Meski memerlukan biaya tambahan, mengacat genteng ini juga dapat membuat genteng awet dan lebih terlindungi.

4. Pastikan bahwa kerangka atap dan reng sudah terpasang dengan benar dan kuat 

Jika rangka sudah terpasang dengan baik, maka tidak ada kekhawatiran ketika akan memasang genteng.

Bila masih ada kekurang di bagian rangka namun Anda tetap melakukan pemasangan genteng, nanti justru akan membuat kerja semakin lama dan tambah repot.

5. Pemasangan genteng dilakukan tiap baris mendatar

Baris pertama haruslah berada di puncak atap dan bukan di tepiannya. Pasang genteng-genteng pada baris selanjutnya dengan mengikuti barisan genteng di atasnya, yaitu baris pertama ketika kita memasang genteng. Selesaikan pemasangan genteng hingga ke baris terakhir.

6. Lindungi rangka atap menggunakan aluminium foil

fungsi aluminium foil, fungsi aluminium foil pada atap, aluminium foil pelapis atap
Alumunium foil sebagai pelapis atap, dapat menangkal panas akibat sengatan matahari – diminimalis.com

Fungsi aluminium foil pada rangka atap dapat digunakan sebagai penahan panas dan radiasi matahari yang menembus plafon rumah. 

Aluminium foil terbuat dari bahan yang kuat, elastis dan tahan air serta freon. Sehingga aman dan ramah lingkungan.

Selain itu, fungsi aluminium foil juga membantu menahan dan memantulkan panas sinar matahari masuk ke rumah.

Kesimpulan:

Dari sekian tahapan membuat atap di atas, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dengan cermat. Jadi, lakukan dengan penuh perhitungan dengan tetap memperhatikan estetika.

Semakin baik Anda dalam merencanakan setiap tahapannya maka tingkat keberhasilannya juga akan semakin tinggi. Ingat bahwa tidak ada sesuatu yang instan untuk sebuah projek desain.

Semuanya butuh proses termasuk dalam menyusun atap rumah yang fungsinya sangat urgent untuk melindungi bagian daalm rumah dari panas dan hujan. Semoga apa yang nantinya Anda usahakan bisa berjalan dengan lancar dan tanpa halangan apapun.

Itulah beberapa tahapan membuat atap untuk rumah minimalis Anda. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk membuat atap beserta tahapan detailnya, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL11092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *