Sebelum memutuskan untuk membangun rumah 2 lantai, perkuat dulu tujuan dan konsep persiapannya. Hal ini karena pada dasarnya, membangun rumah 2 lantai berarti harus siap dengan konsekuensi logis yang ditakuti banyak orang, yaitu ketinggian.

Bicara soal ini berarti mengarah ke sistem keamanan rumah terutama jika di tengah keluarga ada anak kecil. Belum lagi soal kekuatan konstruksi bangunan bagian bawah yang harus dibuat kuat menopang ruangan atas.

Hal begitu itu harus dipikirkan sejak awal karena yang namanya rumah akan dipakai dalam jangka waktu tidak sebentar.

Sekarang mari kita cek apa saja tips yang bisa diminimalis berikan untuk Anda yang hendak membangun rumah 2 lantai.

tahapan Membangun Rumah 2 Lantai,  Persiapan Membangun Rumah 2 Lantai, cara membangun rumah 2 lantai, Rumah Minimalis Dua Lantai, Rumah Minimalis Dua Lantai modern, model Rumah Minimalis 2 Lantai sederhana
rumah 2 lantai yang dibangun dengan indah-diminimalis.com

Tips Hemat dan Cermat Membangun Rumah 2 Lantai

Apapun projek yang akan digarap, tentu saja perencanaan adalah hal paling penting daripada pelaksanaan. Tanpa direncanakan dengan baik maka sangat mungkin pelaksanaannya akan buruk.

Begitu juga ketika hendak membangun rumah 2 lantai yang membutuhkan analisa kuat soal rencana pembiayaan. Anda harus jeli dalam menghitung biaya bangun rumah 2 lantai dari mulai peletakkan batu pertama hingga dekorasi interior setelah jadi nantinya. Tips-tips berikut meskipun klise semoga bisa membantu Anda dalam merencanakan setiap step pembangunan.

1. Siapkan Budget Utama hingga Dana Darurat

Sebelum Anda membangun rumah apalagi berlantai dua maka anggaran harus disiapkan jauh-jauh hari bahkan bisa beberapa tahun sebelum rencana eksekusi. Pastikan terlebih dahulu berapa bugdet yang Anda anggarkan untuk membangun rumah Anda tersebut.

Ini penting sebab biasanya membangun rumah akan membutuhkan dana yang lebih dari apa yang ada dalam perencanaan [RAB]. Apalagi untuk konsep dua lantai yang membutuhkan biaya material dua kali lipat. Jadi, disiplin terhadap badget yang telah direncanakan merupakan salah satu kunci keberhasilan membangun rumah 2 lantai idaman Anda.

tahapan Membangun Rumah 2 Lantai,  Persiapan Membangun Rumah 2 Lantai, cara membangun rumah 2 lantai, Tips Tinggal di Rumah Tipe 36, Tips Tinggal di Rumah Type 36, cara mendekorasi rumah tipe 36, Tips Menata Rumah Tipe 36, Tips Menata Rumah Type 36, desain renovasi rumah type 36
contoh desain rumah tipe 36 2 lantai – diminimalis.com

2. Diskusikan dengan “Konsultan” tentang Konsep Umum Hingga Detail Desain Rumah 2 Lantai Anda

Sebelum membangun rumah, maka pastikan terlebih dahulu gambar desain yang diinginkan sudah berdasar banyak pertimbangan. Bila tidak bisa sendiri, temuilah konsultan, teman, atau tetangga sekitar yang ahli dalam pembangunan rumah.

Desain sendiri jelas akan sangat mempengaruhi stuktur bangunan yang akan dibuat. Karena pada rumah dua lantai, fokus utamanya ada pada bagian pondasi dan struktur kolomnya yang harus benar-benar kuat.

Selanjutnya baru ke dinding, ventilasi dan bagian interior lainnya termasuk tangga akses naik-turun. Hindari mengubah desain di tengah proses pembangunan karena selain membuat repot tukang juga bisa jadi hasilnya akan terpengaruh.

3. Pilih Tukang Terbaik

Dalam mempekerjakan tukang, ada dua sistem umum yang biasanya digunakan.

Yang pertama sistem borongan dimana kita mendelegasikan sepenuhnya rumah yang kita huni pada tukang dengan kesepakatan harga tertentu. Yang kedua sistem harian, dimana kita dapat mengawasi sendiri pembangunan rumah termasuk anggaran yang keluar untuk setiap item pengeluarannya.

Kedua sistem tersebut ada kelebihan dan kekurangannya maka pilihlah sesuai dengan kebutuhan. Jika masih awam, lebih baik banyak berdiskusi dengan teman atau siapapun yang pernah membangun rumah khususnya dua lantai.

4. Tentukan Jadwal Pembangunan dan Perkiraan Dadeline Finishing

Salah satu persiapan lainnya yang juga penting sebelum mulai membangun rumah 2 lantai Anda ialah menentukan waktu yang tepat.

Usahakan memulai eksekusi projek di musim-musim kemarau alias hindari memasuki musim hujan. Hal ini agar hujan tidak membuat aktivitas pekerjaan pembangunan terganggu.

Hal-hal Penting Spesifik Saat Membangun Rumah 2 Lantai

Setelah bicara soal persiapan secara umum saat membangun rumah 2 lantai, sekarang kita bahas tentang bagaimana hal-hal penting yang lebih spesifik.

  • Kekuatan Konstruksi Dak

Salah satu hal terpenting dari konstruksi rumah 2 lantai adalah dak sebagai fondasi lantai dua. Konstruksinya harus bagus agar tidak membahayakan konstruksi lainnya.

Disinilah pentingnya memilih material terbaik yang memang benar-benar kokoh dan teruji. Termasuk tukangnya juga harus benar-benar profesional dan berpengalaman dalam membuat dak beton yang kuat.

  • Akses Tangga

Tangga pada rumah 2 lantai hampir tidak bisa dikatakan tidak penting. Mau bagaimana lagi untuk naik turun lantai bawah dan atas tanpa adanya tangga?

Jadi konstruksi tangga juga harus diperhatikan benar-benar. Kriteria yang harus terpenuhi adalah nyaman dan aman.

Nyaman berarti tentang lokasi penempatan tangga termasuk akan dibuat ada bordes atau tidak. Sementara aman berkaitan dengan keamanan saat tangga tersebut diakses, sebaiknya ada pegangan tangan atau atau karet di bagian ujung anak tangga untuk mencegah kaki terpeleset.

  • Bukaan Jendela dan Ventilasi

Hal yang tak kalah penting juga berkaitan dengan bukaan jendela dan ventilasi udara. Pada rumah 2 lantai, dua hal ini cukup penting karena berkaitan dengan kesehatan penghuni rumah.

Jendela dan ventilasi harus dipastikan baik agar sirkulasi udara terjamin. Termasuk cahaya alami dapat masuk ke ruangan dengan baik. Tentukan berapa jumlah jendela di ruang atas dan seperti apa saja bentuknya.

  • Keamanan

Poin keamanan berkaitan dengan banyak hal seperti jendela yang sebaiknya diberi teralis atau pintu yang kokoh jika terkunci dari dalam.

Termasuk juga perlu ada tambahan balkon jika ruangan atas akan diberi space untuk ada terasnya. Selain lebih bagus, manfaat balkon yang bisa dirasakan juga ialah menjadi penunjang keamanan penghuni rumah.

Jadi sebelum Anda membangun rumah 2 lantai, hal-hal di atas sebaiknya Anda perhatikan/siapkan. Tujuannya agar hasil yang didapat bisa sesuai ekspektasi dari sisi tampilan dan anggaran/biaya. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN25072021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *