Untuk menunjang tampilan keindahan rumah tentu tidak bisa mengandalkan perabotan-perabotan saja. Ada kalanya perlu menambahkan elemen lain yang lebih tepat untuk menunjang hal tersebut. Salah satu yang bisa diterapkan adalah menambahkan standing lamp atau lampu model berdiri pada beberapa ruangan yang diperlukan. Standing lamp minimalis ini berfungsi selain sebagai penerangan, juga akan mampu mempercantik area sekitar ruangan.

Nah, dari sekian banyak model standing lamp minimalis, mana yang sekiranya cocok untuk diaopsi di rumah Anda? Jika rumah Anda bergaya minimalis maka tidak ada alasan lain selain menambahkan model minimalis. Saat ini sudah banyak model standing lamp minimalis yang dijual di pasaran. Tinggal pilih karakter yang sesuai selera agar Anda lebih semangat dalam mengatur penempatan dan merawatnya.

Manfaat dan Fungsi Menambahkan Standing Lamp Minimalis pada Ruangan

Tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa fungsi lampu pada dasarnya adalah sebagai penerangan. Adanya lampu model berdiri ini tentu menjadi tambahan opsi untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat lebih dari sekedar penerangan biasa.

Bisa dikatakan, standing lamp minimalis merupakan penerangan tambahan yang penting untuk sebuah interior ruangan masa kini. Standing lamp secara harafiah diartikan sebagai “lampu berdiri” karena memiliki kaki yang bisa diletakkan di atas lantai. Karena posisi bola lampu cukup tinggi, lampu jenis ini mampu memberikan penerangan tambahan untuk area yang cukup luas.

Lampu tambahan berupa standing lamp sendiri memilki beberapa fungsi, diantaranya:
• Untuk membantu kita mudah beraktivitas di malam hari, ketika cahaya dari lampu utama kurang dapat menerangi secara maksimal.
• Memberikan aksen pada ruangan. Lampu jenis ini biasanya tidak terlalu terang, dan bentuknya unik sehingga menghasilkan nuansa pencahayaan yang berbeda pada ruangan.
• Memberikan penerangan secara lebih fokus dan dekat untuk mendukung pencahayaan dari lampu utama.

desain standing lamp, desain lampu kamar tidur, cara membuat lampu kamar tidur sederhana
standing lamp dengan desain kepompong yang unik – diminimalis.com

Adapun manfaat dari menambahkan desain standing lamp minimalis selain dirasakan sendiri oleh pemilik rumah diantaranya yaitu:

1. Tampilan ruangan jadi lebih indah, apalagi jika ditempatkan pada ruangan dengan mobilitas tinggi seperti ruang keluarga atau ruang makan, tentu akan membantu memudahkan aktivitas di dalamnya.

2. Jika diletakkan di sudut ruang tamu, maka siapapun yang berkunjung ke rumah terutama saat malam hari akan terkesan dan teralihkan fokusnya karena keindahannya. Jika sebagai lampu hias kamar tidur, maka bisa menunjang kualitas istirahat Anda.

3. Bila dipilih model yang serasi dengan konsep rumah maka akan menghasilkan kombinasi yang bagus yang mampu meningkatkan harga jual atau sewa rumah minimalis Anda.

Kiat Memilih Model Standing Lamp Minimalis yang Tepat

Bagaimanapun bentuk bangunan dan apapun fungsinya, hampir semua membutuhkan penerangan tambahan. Alangkah baiknya jika Anda bisa menggunakan standing lamp sebagai penerang tambahan sekaligus untuk menambah nilai estetika interior. Sehingga dengan demikian, akan timbul suasana keindahan dengan bias-bias cahaya yang membuat interior terlihat lebih cozy.

Soal peletakan, biasanya standing lamp diletakkan pada ruang tamu atau ruang keluarga, di bagian sudut ruangan. Beberapa aktivitas di malam hari juga membutuhkan dukungan standing lamp seperti belajar atau membaca buku sembari bersantai di sofa.

Dalam posisi tubuh seperti itu, penerangan utama dari lampu di langit-langit biasanya tidak maksimal menerangi buku yang dibaca. Maka standing lamp bisa ditempatkan di samping sofa sebagai sumber cahaya tambahan.

Standing lamp minimalis, desain standing lamp, desain lampu kamar tidur, cara membuat lampu kamar tidur sederhana
desain standing lamp minimalis yang unik – diminimalis,com

Selain sebagai sumber pencahayaan, standing lamp memang banyak difungsikan sebagai lampu interior unik. Penampilannya dituntut lebih dari sekadar sebagai sarana penerangan tambahan. Karena tidak elok bila penerangan tambahan di rumah hanya berupa bola lampu yang dipasang di atas tiang.

Bahkan tidak jarang fungsi dekoratif ini menjadi pertimbangan utama dalam memilih standing lamp ketimbang fungsinya sebagai sumber penerangan. Cahaya di salah satu sudut bisa dimanfaatkan sebagai bagian yang memberi nuansa tenang pada ruangan. Dari situlah standing lamp juga berfungsi sebagai mood lighting. Bentuknya yang cantik bisa berfungsi sebagai elemen dekorasi yang dapat memberi aksen pada ruangan.

Nah, jika Anda tertarik menambahkan standing lamp ini, Anda tinggal pilih model yang sesuai selera. Selain yang biasa, ada juga yang model karakter seperti mirip orang sedang berdiri atau robot. Jika Anda suka, Anda bisa pilih model itu. Meskipun harganya biasanya lebih mahal namun Anda pasti akan puas dengan hasil tampilan kombinasinya dengan ruangan.

Jika keberatan untuk beli, Anda bahkan bisa bikin custom sendiri dengan bahan-bahan bekas. Sudah banyak tutorialnya di youtube, Anda search saja dengan kata kunci” tutorial membuat standing lamp“, maka akan muncul hasil pencarian yang relevan. Ikuti saja sesuai tutorial, jika gagal jangan menyerah dan coba terus hingga jadi. Semoga berhasil ya.

Mungkin itu dulu ulasan seputar ide menambahkan standing lamp minimalis di rumah. Selain untuk penerangan biasa, ternyata lampu berdiri ini bisa difungsikan sebagai hiasan ruangan. Jadi, tidak perlu khawatir ya soal fungsi keberadaannya. Untuk Anda yang mau buat sendiri alias tidak beli jadi semoga hasilnya bagus. (ls) editted by RN04012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *