Memasang Standing Lamp Cantik Sebagai Penghias dan Penerangan Interior

Lampu ruangan jadi salah satu fokus yang banyak dibicarakan ketika berdiskusi soal elemen interior ruangan. Banyak yang bilang lampu adalah simbol dari kebahagiaan hidup keluaraga saat malam hari. Tentu saja karena fungsinya saja yang cukup vital sebagai penunjang aktivitas semua anggota keluarga saat di rumah.

Pada rumah minimalis modern, lampu pada ruangan privat seperti kamar tidur, ruang keluarga, sering kali memerlukan tambahan. Model standing lamp cantik jadi yang paling banyak diadopsi karena tampilannya yang unik dan multifungsi.

Dengan memasang standing lamp cantik ala-ala rumah minimalis modern mewah, meski sederhana, ruangan jadi terasa lebih kharismatik. Di tambah lagi karena pemasangannya di ruang-ruang privat, maka fungsinya tentu jadi lebih maksimal. Aktivitas apapun jadi semakin terfasilitasi.

Pertimbangan Penting Memasang Standing Lamp Cantik pada Ruangan Privat

Standing lamp sudah menjadi salah satu aksesori penghias ruangan yang sudah banyak di adopsi pada rumah minimalis modern. Sebagai elemen penerangan tambahan pada ruangan, standing lamp termasuk jenis penerangan sekunder (indrect lighting).

Umumnya, interior yang ditempati standing lamp tetap memiliki lampu utama sebagai general lighting. Ini artinya bahwa bukan berarti standing lamp mampu menggantikan lampu utama di atas plafon.

Lampu utama tetap harus ada sebagai penerangan primer. Sebab, standing lamp minimalis ini lebih difungsikan hanya saat-saat penting saja, misal saat akan tidur atau butuh penerangan jarak dekat.

 standing lamp cantik, standing lamp antik, lampu lantia minimalis, desain standing lamp, desain lampu kamar tidur, cara membuat lampu kamar tidur sederhana

standing lamp dengan desain yang elegan – diminimalis.comMeski bukan sebagai sumber pencahayaan utama, kehadiran standing lamp menjadi urgent bila tujuannya mengarah kepada fungsi artistik ruangan. Dengan ragam desain yang bisa dipilih, interior rumah minimalis Anda pasti akan terlihat elegan dan menawan di malam hari.

Untuk mendapatkan kebergunaan maksimal, lokasi penempatannya hanya perlu disesuaikan dengan kondisi ruangan. Seringkali banyak yang hanya mengandalkan meja khusus di samping kepala ranjang bila di kamar tidur. Atau di dekat sofa bila di ruang keluarga.

Karena pemasangannya tidak menggantung, maka diperlukan kesesuaian dalam penempatannya. Anda harus menyediakan space khusus untuk menempatkan meja. Atau jika model berdiri di atas lantai seperti standing fan, penempatannya juga mesti dengan stop kontak dan lain-lain.

Fungsi Standing Lamp Secara Umum di Berbagai Ruangan

Standing lamp (lampu berdiri), biasanya dimanfaatkan sebagai penerangan rumah minimalis di area tertentu untuk menunjang aktivitas yang dilakukan. Aktivitas yang membutuhkan fokus jarak dekat seperti membaca, otak atik mesin, dan sebagainya, jadi penting untuk ada lampu model ini.

Mengingat adanya standing lamp membuat peran penerangan lampu utama di langit-langit jadi tidak begitu maksimal. Maka, penempatanya harus benar-benar efektif dan penting untuk dipikirkan. Jangan sampai kedua-duanya justru tidak memberkikan dampak signifikan apapun untuk aktivitas yang dilakukan.

Dalam  beberapa dekade terakhir, standing lamp cantik minimalis sudah jadi elemen penerangan tambahan yang penting untuk sebuah interior ruangan. Karena sebaran pencahayaannya lebih rendah, lampu jenis ini mampu memberikan penerangan tambahan untuk area yang cukup luas.

Jika dijabarkan, lampu tambahan berupa standing lamp cantik ini memilki beberapa fungsi, diantaranya:

  • Membantu aktivitas yang membutuhkan penerangan tambahan di malam hari

Ketika cahaya dari lampu utama kurang dapat menerangi secara maksimal, disinilah standing lamp diperlukan. Seperti halnya lampu meja belajar, standing lamp cantik memiliki fungsi yang kurang lebih sama.

Adanya lampu yang ditempatkan lebih dekat dengan aktivitas, pergerakan jadi terbantu. Membaca buku, membetulkan mesin atau apapun itu, bisa terbantu karena fokusnya lebih dekat.

  • Memberikan aksen indah pada ruangan

Lampu jenis ini biasanya tidak terlalu terang, bentuknya juga unik sehingga menghasilkan pancaran cahaya indah pada ruangan. Itulah kenapa lampu model ini sangat cocok untuk Anda pakai di ruangan, tidak hanya diambil fungsi penerangannya saja namun juga estetikanya.

Dengan kata lain, memilih lampu model ini yang terbaik akan membantu ruangan jadi lebih nyaman saat digunakan beraktivitas.

  • Memberikan penerangan yang mendukung pencahayaan utama.

Nyala lampu penerangan model ini biasanya memang berbeda-beda tergantung model selera yang dipilih. Pencahayaan yang dihasilkan dari standing lamp ini bisa bermanfaat secara maksimal untuk mendukung nyala lampu utama jika penempatannya tepat.

Tidak hanya semakin terang, secara estetika jika dipilih kombinasi yang terbaik akan terlihat indah. Tidak jarang, penambahan rumbai di atas cap lampu juga bisa jadi opsi menambah keindahan nyala lampu tersebut.

desain standing lamp, desain lampu kamar tidur, cara membuat lampu kamar tidur sederhana
desain standing lamp yang unik – diminimalis,com

Strategi Penempatan Standing Lamp yang Tepat

Selanjutnya bicara soal peletakan, biasanya standing lamp yang bagus diletakkan di salah satu bagian sudut ruangan. Hal ini bertujuan untuk memberi dukungan aktivitas malam hari yang butuh fokus seperti belajar atau membaca buku sembari bersantai di sofa.

Dalam posisi yang membutuhkan pandangan jarak dekat, penerangan utama dari lampu di langit-langit tidak maksimal. Saat membaca buku misalnya, maka standing lamp bisa ditempatkan di samping sofa sebagai sumber cahaya tambahan yang lebih fokus.

Karena standing lamp memang banyak berfungsi sebagai elemen dekoratif pada sebuah interior, maka penempatannya juga butuh strategi khusus. Penampilannya dituntut lebih dari sekadar sebagai penerangan tambahan.

Bahkan tidak jarang fungsi dekoratif ini menjadi pertimbangan utama dalam memilih standing lamp untuk interior ketimbang fungsinya sebagai sumber penerangan. Cahaya di salah satu sudut bisa dimanfaatkan sebagai bagian yang memberi nuansa tenang pada ruangan.

Dari situlah standing lamp juga berfungsi sebagai mood lighting. Bentuknya yang cantik bisa berfungsi sebagai elemen dekorasi yang dapat memberi aksen khusus pada ruang yang tempatinya.

Dengan menempatkan standing lamp cantik pada salah satu ruangan, tampilan interior rumah minimalis Anda akan nampak lebih menawan pada malam hari. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan keinginan soal model, gaya, motif pencahayaan, hingga penempatannya yang tepat. Semoga bermanfaat (ls) editted by RN21052020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.