4 Solusi Mengatasi Atap Rumah Minimalis yang Sering Bocor

Apabila Anda mengetahui solusi mengatasi atap rumah yang sering bocor sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Bagi kita yang tinggal di wilayah tropis, kita kadang direpotkan dengan curah hujan yang tinggi saat musim hujan tiba. Hal ini kadang membuat sebagian dari kita mengalami problem kebocoran pada atap rumah dikarenakan timpaan air hujan yang terus-menerus selama hampir enam bulan lamanya.


Keadaan iklim yang tak menentu, kadang menjadikan rumah kita sering kali mengalami kebocoran, terlebih untuk jenis rumah yang menggunakan bentuk atap limasan maupun atap dalam bentuk palana. Lantas seperti apa solusi untuk mengatasi atap rumah yang sering kali bocor?

Solusi Mengatasi Atap Rumah Minimalis Anda yang Sering Bocor

Solusi mengatasi atap rumah, cara mengatasi atap rumah bocor, cara mengatasi bocor atap rumah
Atap yang bocor dapat menyebabkan plafon menjadi lapuk -diminimalis.com

Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi atap rumah yang bocor :

a. Mengatur Ulang Konstruksi Atap

Alternatif yang pertama adalah dengan mengatur ulang konstruksi atap rumah Anda. Dengan begitu potensi kebocoran yang akan tejadi akan jauh lebih kecil jika Anda sudah menata ulang konstruksi atapnya. Bila Anda masih menggunakan genteng sebagai atap, dan selalu mengalami kebocoran, mungkin ada baiknya Anda mencoba menggunakan atap asbes dan dak beton. Dua bahan atap tersebut mempu menadi solusi kebocoran rumah saat musim hujan.

Anda juga dapat mengganti genting yang retak atau hancur. Barangkali Anda tidak sengaja menginjak genting saat membenahi atap sehingga menyebabkan genting retak. Kemungkinan selanjutnya Anda harus mengatur ulang konstruksi atap adalah karena genting yang melorot karena tertiup angin kencang. Apabila kasusnya seperti ini, Anda harus cepat-cepat untuk membenahi ke tempat yang benar.

b. Menggunakan Lembaran Pelapis Anti Bocor

Solusi mengatasi atap rumah yang kedua adalah dengan menggunakan lembaran pelapis anti bocor pada bagian bawah genteng atap. Pelapis anti bocor ini akan bekerja ketika genteng mengalami kebocoran dan air yang masuk akan diteruskan keluar.

Anda dapat menggunakan pelapis atap anti bocor seperti dibawah ini:

Polimer atau Akrilik

Bahan pelapis yang pertama ini lebih elastis yang dapat digunakan sebagai pelapis atap (genteng bocor) dan akrilik yang lebih umum digunakan sebagai bahan cat tembok. Bahan pelapis ini memang cukup populer. Anda cukup mengoleskannya dengan kuas atau roll ke bagian atap yang ingin dilapisi.

Semen atau Cairan Aditif

Pelapis selanjutnya sebagai solusi mengatasi atap rumah adalah cairan penguat (aditif) dengan campuran air serta semen di dalamnya. Anda dapat menggunakan merek seperti Aquaguard, Asanaproof, Pantens, Supercement. Fungsi dari pelapis ini sama yaitu untuk membuat atap atau beton lebih solid dan kedap terhadap air.

Bitumen

Pelapis atap anti bocor yang terakhir adalah bitumen. Bitumen memang berbeda dari dua pelapis diatas. Bitumen mempunyai bahan dasar berbasis aspal, sehingga mempunyai pilihan yang lebih terbatas. Tidak heran apabila model atap rumah modern menggunakan bahan ini sebagai pelapis atapnya. Anda dapat memilih bitumen ini dalam bentuk pasta atau membrane sheet (gulungan).

c. Lapisi Kembali Dak Beton

Jika Anda menggunakan atap rumah jenis dak beton maka Anda harus melakukan cek terlebih dahulu pada setiap bagian dak. Apabila dak beton Anda bocor, cobalah untuk mengatasinya dengan cara berikut ini.

  1. Anda dapat memeriksa penyebab kebocoran dari dak beton
  2. Apabila kebocoran disebabkan karena kesalahan struktur, material yang tidak standar, permukaan yang kurang miring, dan sejenisnya. Kerusakan ini hanya bisa diatasi dengan memperbaiki (renovasi) dak yang bermasalah tersebut.
  3. Sedangkan kebocoran yang diakibatkan karena pemakaian water proof yang kurang baik. Anda dapat menggatasinya dengan mengganti water proof lama untuk kemudian diberi lapisan dengan water proof yang baru.
persiapan musim hujan, persiapan mengahadapi musim hujan, persiapan menjelang musim hujan
Talang yang kotor membuat aliran air hujan tidak maksimal – diminimalis.com

d. Memaksimalkan Fungsi Talang

Solusi mengatasi atap rumah yang terakhir adalah memaksimalkan fungsi talang untuk mengalirkan air secara efektif. Talang sebaiknya dibuat jauh lebih rendah dibandingkan dengan dak yang Anda buat, Sehingga air bisa mengalir dengan mudah.

Masalah yang sering terjadi pada rumah yang menggunakan dak beton adalah air tergenang tidak bisa mengalir dengan lancar. Penggunaan talang seharusnya sudah memberikan solusi untuk menghindari kebocoran pada atap rumah minimalis Anda.

e. Memasang Plastik Dibawah Atap

Selanjutnya, apabila pada saat musim hujan tiba dan Anda khawatir air bisa meremes masuk di sela-sela genteng. Anda dapat melapisi bawah atap dengan plastik. Caranya, setelah memasang kayu pondasi kemudian pasang plastiknya. Cara ini biasa digunakan didaerah perumahan atau dipedesaan.

Cara Mencegah Atap Bocor agar Lebih Aman

Anda telah mengetahui solusi mengatasi atap rumah dari kebocoran. Sekarang diminimalis akan sajikan pembahasan berupa cara mencegah atap bocor agar rumah lebih aman dan nyaman.

a. Rutin Melakukan Pengecekan

Bagian yang biasanya sering terjadi kebocoran adalah bagian saluran pipa dan pipa. Anda dapat mencegahnya dengan menutup titik bocor tersebut. Pastikan bahwa titik yang rawan bocor tersebut apabila sudah terdapat tanda-tanda terkikis atau bocor, lakukan reparasi sebelum kerusakan semakin besar.

b. Memperbaiki Area yang Berdempul

Atap yang biasanya direparasi oleh dempul dan bisanya bocor, dapat Anda ganti dengan mendempul ulang. Anda dapat melakukan penggantian dan reparasi sebelum atap bocor agar saat hujan, air tidak mudah masuk ke dalam rumah. Keuntungan yang dapat Anda dapatkan dari penggunaan dempul yaitu tahan terhadap air dan cuaca buruk.

c. Menghindari Pembangunan Rumah yang Terlau Tinggi

Adanya pohon yang rindang dan terlalu tinggi dapat menjadi masalah saat musim hujan. Dedaunan yang rontok, akan menjadi sampah yang masuk ke pipa dan menyumbat jalur air. Hal ini apabila dibiarkan akan membuat pipa menjadi bolong. Anda dapat membersihkan atap rumah dan menebang pohon yang akan membuat atap menjadi bocor.

d. Menggunakan Aksesoris Atap

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan solusi mengatasi atap rumah dengan menggunakan aksesoris anti bocor. Berikut aksesoris yang perlu ada di rumah:

Genteng Double

Genteng jenis ini adalah genteng yang dibuat untuk menghalau air meresap ke dalam plafon. Adanya dua genteng , air akan mengalir pada palang dan apabila rembes tidak secara langsung mengenai atap dalam rumah.

Penutup Sisi Nok

Aksesoris ini paling penting karena mempunyai fungsi menahan air untuk meresap ke dalam genteng. Setiiap sisinya tertutup oleh lapisan cat anti bocor.

Talang Air

Aksesoris yang satu ini dapat digunakan untuk mengalirkan air dengan pipa yang dipasang ditempat yang sudah ditentukan sebelumnya. Pastikan talang air dirumah Anda dalam keadaan baik atau tidak rusak.

Demikian ulasan kami tentang solusi mengatasi atap rumah yang sering bocor. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang persiapan musim hujan untuk rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL230321.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.