Solusi Mengatasi Atap Rumah Minimalis yang Sering Bocor

Atap yang bocor dapat menyebabkan plafon menjadi lapuk -diminimalis.com

Solusi mengatasi atap rumah yang sering bocor sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Bagi kita yang tinggal di wilayah tropis, kita kadang direpotkan dengan curah hujan yang tinggi saat musim hujan tiba. Hal ini kadang membuat sebagian dari kita mengalami problem kebocoran pada atap rumah dikarenakan timpaan air hujan yang terus-menerus selama hampir enam bulan lamanya.
Keadaan iklim yang tak menentu, kadang menjadikan rumah kita sering kali mengalami kebocoran, terlebih untuk jenis rumah yang menggunakan bentuk atap Limasan maupun atap dalam bentuk palana. Lantas seperti apa solusi untuk mengatasi atap rumah yang sering kali bocor ?

Solusi mengatasi atap rumah, cara mengatasi atap rumah bocor, cara mengatasi bocor atap rumah
Atap yang bocor dapat menyebabkan plafon menjadi lapuk -diminimalis.com

Solusi mengatasi atap rumah minimalis Anda yang sering bocor

Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi atap rumah yang bocor :
a. Mengatur Ulang Konstruksi Atap

Alternatif yang pertama adalah dengan mengatur ulang konstruksi atap rumah Anda. Dengan begitu potensi kebocoran yang akan tejadi akan jauh lebih kecil jika Anda sudah menata ulang konstruksi atapnya. Bila Anda masih menggunakan genteng sebagai atap, dan selalu mengalami kebocoran, mungkin ada baiknya Anda mencoba menggunakan atap asbes dan dak beton. Dua bahan atap tersebut mempu menadi solusi kebocoran rumah saat musim hujan.

b. Menggunakan Lembaran Pelapis Anti Bocor

Solusi yang kedua adalah dengan menggunakan lembaran pelapis anti bocor pada bagian bawah genteng atap. Pelapis anti bocor ini akan bekerja ketika genteng mengalami kebocoran dan air yang masuk akan diteruskan keluar.

c. Lapisi Kembali Dak Beton

Jika anda menggunakan atap rumah jenis dak beton maka Anda harus melakukan cek terlebih dahulu pada setiap bagian dak.

persiapan musim hujan, persiapan mengahadapi musim hujan, persiapan menjelang musim hujan
Talang yang kotor membuat aliran air hujan tidak maksimal – diminimalis.com

d. Memaksimalkan Fungsi Talang

Yang terakhir adalah memaksimalkan fungsi talang untuk mengalirkan air secara efektif. Talang sebaiknya dibuat jauh lebih rendah dibandingkan dengan dak yang Anda buat, Sehingga air bisa mengalir dengan mudah. Masalah yang sering terjadi pada rumah yang menggunakan dak beton adalah air tergenang tidak bisa mengalir dengan lancar. Penggunaan talang seharusnya sudah memberikan solusi untuk menghindari kebocoran pada atap rumah minimalis Anda.
Demikian ulasan kami tentang solusi mengatasi atap rumah yang sering bocor, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang persiapan musim hujan untuk rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Persiapan musim hujan untuk rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.