Sanitasi Septic Tank Biotech yang Ramah Lingkungan, Ini 4 Keuntungan untuk Rumah Anda

Septic tank atau penampung septis mempunyai berbagai jenis, salah satunya septic tank biotech. Septic tank ini adalah jenis septic tank yang ramah lingkungan, tidak mencemari air dan juga tanah di sekitarnya.

Jenis septic tank ini sangat bagus untuk diterapkan sebagai sistem instalasi pengolahan air limbah domestik untuk rumah minimalis yang sehat. Ini dikarenakan jika terjadi kesalahan dalam membangun sistem sanitasi, maka akan menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan yang cukup serius.

Septic Tank Biotech sebagai Solusi Sanitasi Ramah Lingkungan

bio septic tank, harga septic tank bio, cara kerja septic tank biotech
Septic tank biotech yang ramah lingkungan – diminimalis.com

Septic tank biotech memiliki kelebihan pada sistem pengolahan limbahnya yang menggunakan teknologi biological system. Cara sistem ini menggunakan bakteri pengurai sebagai dekomposernya, sehingga setelah diolah dan diurai akan menghasilkan air layak buang dan ramah lingkungan. Dengan sistem ini, setiap limbah tinja ataupun feses yang masuk ke dalam septic tank, akan langsung diolah menjadi cairan yang tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

bio septic tank, harga septic tank bio, cara kerja septic tank biotech
cara kerja septic tank biotech – diminimalis.com

Septic tank ini banyak digunakan pada instalasi pengolahan air limbah dari kategori rumah tangga, kantor, apartemen, hotel, rumah sakit dan lain sebagainya. Septic tank biotech merupakan penampung limbah yang dirancang khusus agar pengolahannya terjaga dengan baik, sehingga tidak akan menimbulkan bau atau masalah sebagaimana pada setiap septic tank pada umumnya. Berikut ini adalah cara kerja septic tank biotech :

  1. Menggunakan sistem biotech yang akan membantu dalam mengolah limbah domestik dan merubahnya menjadi carian yang mudah untuk dibuang.
  2. Cairan hasil pengolahan akan langsung disalurkan ke got atau sungai tanpa harus terjadi endapan, dan tentunya ini sangatlah berbeda dengan cara kerja septic tank biasa.
  3. Terdapat sistem desinfektan yang akan menghancurkan virus dan bakteri jahat yang bisa menimbulkan penyakit, sehingga proses pembuangan ke dalam got atau sungai akan aman tanpa harus takut mencemari lingkungan.
  4. Tidak akan menimbulkan bau karena menggunakan filter.
  5. Septic tank biotech terbuat dari bahan fiberglass yang aman, kuat, kokoh, ringan, dan tahan lama, sehingga tidak akan memerlukan perawatan khusus.
  6. Tidak cepat penuh atau mampet karena setelah proses langsung dibuang sehingga tidak ada pengendapan.
  7. Pemasangan yang cepat dan mudah sehingga menghemat waktu.
  8. Tidak perlu menguras, menyedot atau perawatan khusus lainnya.

4 Keuntungan MemilikiSaptic Tank Biotech di Rumah

Memilih tempat penampungan untuk kotoran yang tepat dapat membuat proses penampungan kotoran berlangsung aman. Anda juga dapat memastikan kebersihan dan kesehatan lingkungan. Apa saja keuntungan menggunakan septic tank biotech? Berikut penjelasannya.

Ramah Lingkungan

Kelebihan yang pertama apabila Anda menggunakan septic tank ini adalah ramah lingkungan. Apabila Anda menggunakan saptic tank ini, limbah yang keluar dipastikan tidak akan berbau serta aman bagi lingkungan karena tidak meresap ke dalam air tanah. Jika meresap sekalipun, parit atau selokan pembuangannya yang bocor. Dapat dikatakan bahwa septic tank biotech ini mempunyai tingkat keamanan bagi lingkungan yang sangat bagus dan lingkungan Anda tetap sehat.

Menghindari Tercemarnya Air Tanah

Keuntungan lainnya bagi lingkungan adalah fungsi penyaringan pada bagian luar dinding saptic tank dapat berjalan sempurna tanpa mencemari lingkungan. Ini berbeda dari saptic tank konvensional yang biasanya terbuat dari pasangan batu bata dan cor beton bertulang. Meskipun mempunyai tujuan membuat resapan air kotor agar tidak mencemari air tanah. Nyatanya fungsi ini tidak berjalan sempurna karena seiring berjalannya waktu air resapan akan tercemar.

Septic tank biotech mempunyai keunggulan yaitu dapat memastikan air tanah tidak tercemar. Apabila Anda menggunakan septic tank konvensional air dapat tercemar karena kotoran menyerap ke dalam tanah. Namun, apabila Anda menggunakan teknologi modern ini, dapat mencegah penyerapan kotoran ke dalam tanah.

Tidak Berbau

Hasil penyaringan yang baik dari limbah ini membuat septic tank biotech tidak berbau. Sehingga meskipun limbah tersebut dibuang , tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Airnya akan tetap bersih dan tidak mencemari lingkungan sekitar. Produk ini sangat aman untuk Anda yang mengedepankan kesehatan. Tak heran apabila produk ini digemari oleh berbagai orang tua di rumah.

Memiliki Daya Tampung Pas dan Tidak Mudah Bocor

Septic tank ini dilengkapi dengan daya tampung yang pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Air atau kotoran akan langsung keluar ke arah selokan, sehingga tidak perlu lagi membuat daya tampung tambahan. Selain itu, produk ini juga anti bocor karena bahan yang digunakan terbuat dari serat fiber yang tebal dan tahan lama. Meskipun seratnya terpendam di dalam tanah dalam jangka waktu yang lama, tidak akan menimbulkan bocor.

Langkah-langkah Pemasangan Saptic Tank Biotech

Tidak hanya manfaat dan cara kerja dari saptic tank biotech yang harus Anda perhatikan. Namun, Anda juga harus mengetahui langkah-langkah pemasangannya agar kinerja dari produk ini maksimal. Berikut penjelasannya.

1. Pemilihan Lokasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih lokasi yang akan digunakan untuk septic tank, di bagian luar atau dalam. Pastikan tempat yang digunakan merupakan lahan yang tepat guna dan tidak mengganggu di kemudian hari.

2. Menyiapkan Lubang Galian

Selanjutnya adalah menyiapkan lubang galian dengan ukuran yang disesuaikan pada diameter tangki biotech kemudian ditambah 10 cm pada sekelilingnya. Kedalaman yang diperlukan berdasarkan tinggi tangkinya.

3. Proses Membuat Septic Tank Biotech

Pertama, Anda dapat melapisi dinding dengan batu bata dan semen. Pastikan dasar lubang rata dan tidak terdapat tonjolan tajam pada dinding dan dasar lubang. Hal ini untuk mengantisipasi tanah yang tidak stabil dan rembes. Kedua, masukkan Pennyu Bio Septic Tank ke dalam lubang yang telah disiapkan sebelumnya. Anda dapat menyesuaikan posisi saluran inlet dan outlet.

Ketiga, isi Pennyu Bio Septic Tank dengan air terlebih dahulu, kemudian timbun lubang galian dengan pasir halus. Keempat, pastikan Manhole dan Tube Disinfectant harus dapat terlihat dan bisa diakses untuk nantinya mengecek dan pengisian ulang klorin. Kelima, pastikan Anda melepas kemasan atau pembungkus plastik pada klorin dan meletakkan tablet klorin kembali pada tube disintectant.

4. Masukkan Bakteri

Langkah selanjutnya untuk memasang septic tank biotech adalah memasukkan bakteri starter setelah selesai pemasangan dan hendak digunakan ke dalam Pennyu Bio Septic Tank melalui saluran sedot dari lubang inspeksi (manhole). Bakteri mengurai bahan organik, sehingga jangan memasukkan selain limbah dari bahan organik ke dalam kloset.

5. Menyambungkan dengan Sumber Listrik

langkah yang terakhir yaitu menyambungkan kabel yang terdapat pada septic tank biotech dengan steker dan sambungkan dengan sumber listrik untuk menyalakan Micro Bubble Diffuser. Micro Bubble Diffuser adalah alat yang digunakan untuk menyuplai oksigen berupa micro bubble untuk menjaga agar bakteri berupa aerob bisa tetap hidup dan berkembang.

Demikian ulasan kami tentang manfaat septic tank biotech untuk rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL190221.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.