Praktek Aplikasi Seni Wall Painting dan Manfaat dibalik Proses Pembuatannya

Membiarkan dinding rumah tanpa ada sentuhan artistik apapun sepertinya semua orang sudah pasti bisa. Bagaimana jika melakuan yang tidak semua orang bisa, mampu, dan mau? Melukis di permukaan dinding misalnya. Yap, cobalah bereksperimen dengan membuat seni wall painting yang tidak biasa. Pasti Anda akan merasakan semangat berbeda dalam selama di rumah.

Memang sih, tidak harus susah-susah membuat lukisan dinding, ada cara yang lebih mudah yaitu dengan menempel sejenis stikcer saja. Konsepnya lebih simpel tapi kekurangannya lebih rawan rusak dan bisa jadi hanya akan membuat Anda terpuaskan sementara.

Beda halnya jika Anda membuat lukisan-lukisan handmade dengan karakter yang susah ditebak. Percayalah setelah selesai mewujudkannya, Anda akan lebih menghargai seni.

Jadi, seperti sapa sih menerapkan seni wall painting atau pengecatan dinding yang bagus? Kami akan bagikan pada Anda beberapa inspirasi desain lukisan pada dinding yang cukup bagus untuk diadopsi.

Prinsip Penerapan Lukisan Dinding Rumah Minimalis

Tidak semua orang suka dengan inspirasi lukisan dinding yang mengandalkan kombinasi cat. Bahkan sebagian besar menyukai yang lebih praktis, misalnya hanya dengan menerapkan wallapaper atau wallsticker saja.

Hal ini lumrah saja karena memang setiap orang memiliki karakter berbeda dalam mengekspresikan diri ke dalam nilai-nilai dekorasi dalam hal ini hiasan dinding. Mereka yang menggunakan wallpapaer atau wall sticker, umumnya lebih suka disebut sebagai penikmat seni. Menyayangkan jika permukaan dinding harus dicorat-coret dengan hasil yang permanen sementara belum tentu hasilnya bagus.

 seni wall painting, teknik melukis mural,cara membuat mural 3d, contoh wall painting, contoh wall painting dinding, wall painting dinding rumah minimalis

wall painting dengan tema bunga yang indah – diminimalis.comngPerbedaan wallpaper dan wallsticker sebenarnya cukup jelas dari sisi fungsionalitasnya. Wallpaper lebih tahan terhadap panas api sementara wallsticker tidak. Meski sama-sama sebagai pelindung/penghias dinding. Namun, secara keawetan juga ada bedanya. Keunggulan dari wallsticker ialah pada pemasangannya yang cukup simpel dan tidak ribet.

contoh wall painting, contoh wall painting dinding, wall painting dinding rumah minimalis

wall painting dengan tema cinta – diminimalis.com

Hal ini jelas berbanding terbalik dengan melukis dinding pada seni wall painting. Dimana mengharuskan Anda untuk membeli peralatan khusus lukisan dinding. Apalagi jaminan bagus atau tidaknya biasanya tergantung pada bagaimana penguasaan teknik yang dimiliki.

Manfaat Mengaplikasikan Seni Wall Painting pada Dinding Rumah

Ada banyak manfaat lukisan dinding di dalam rumah yang tidak mungkin didapat jika memasang wallpaper atau wall sticker. Meski ketiganya sama-sama berperan sebagai hiasan dinding, namun bedanya ada pada hal-hal detail lain yang akan Anda peroleh.

  • Menjadikan ruangan sempit terkesan lebih luas
  • Menjadikan ruangan rumah terlihat mewah, elegan, dan memiliki bernilai seni tinggi
  • Memberikan nilai edukasi dan kreasi yang tinggi
  • Memberikan efek psikologis dan kenyamanan tersendiri bagi pemiliknya
  • Terpuaskan ketika hasilnya bagus
  • Lukisan permanen yang artinya akan punya daya tahan jauh lebih baik
  • Karena mampu bertahan lama, biaya penggantian bisa jadi nol rupiah.

Kesimpulan dari poin-poin di atas adalah bahwa secara psikologis, menggambar lukisan dinding dengan berbagai warna cat memberi efek positif terhadap pengembangan karakter pribadi.

Belum lagi konsekuensi membuat lukisan dinding rumah yang permanen, hal ini akan memaksa Anda untuk berani bertaruh. Obyek yang dijadikan media menggambar merupakan media statis sehingga Anda tidak bisa mengulang/menghapusnya dengan mudah seperti menggambar di atas kertas atau komputer.

Cara Membuat Wall Painting dan Contoh Ide Desainnya

Membuat wall painting sendiri di rumah tidaklah sesulit yang dibayangkan. Memang, saat ini sudah banyak jasa profesional yang menerima jasa lukis gambar pada dinding rumah Anda sesuai pesanan. Namun bukan berarti sangat sulit jika diusahakan untuk dibuat sendiri.

Jika Anda menginginkan aksen dinding yang lebih dari sekadar kombinasi warna biasa. Anda dapat melukis desain dengan motif yang serasa lebih hidup saat dipandang. Berikut ini ide model desain lukisan pada dinding.

Bintik-bintik/polkadot

Ketika bingung mau membuat lukisan apa sebagai aksen dinding, motif bintik-bintik atau polkadot dapat membuat ruangan terlihat menyenangkan dan ceria. Gunakan titik-titik kecil jika memilih warna yang lembut, dan bintik-bintik besar jika warnanya cenderung berani.

Cat air

Desain cat air pada dinding aksen akan membuat ruangan jadi lebih hidup lantaran tampilannnya lebih mencerminkan sebagai sebuah karya seni. Pilih berbagai palet warna dan padukan untuk dapatkan tampilan yang harmonis. Jika perlu tutorial mengaplikasiskan cat air yang benar bisa cari referensi lain di internet.

Garis-garis vertikal

Motif garis-garis, apakah itu tipis ataupun tebal, dapat mengubah tampilan kamar Anda. Untuk membantu melukis garis-garis di dinding secara simetris, Anda bisa menggunakan selotip untuk membuatnya.

Blok Warna Solid

Aloh-alih menggunakan satu cat warna saja pada satu dinding, Anda dapat melukis balok warna yang berani di bagian tengah sebagai aksen. Nantinya, dinding ini akan menampilkan motif balok tebal di tengah.

Anda bisa memilih warna apapun, jika ingin terlihat elegan, bisa pilih warna ungu kombinasi abu-abu. Seperti halnya membuat motif garis-garis, gunakan juga selotip untuk membuat motif persegi, setelah itu, aplikasikan cat di dalam selotip untuk membuat blok warna yang berani.

Pola random

Untuk ide melukis dinding yang terlihat sulit tetapi bisa dilakukan dengan mudah, pilih pola seperti chevron atau herringbone. Anda membutuhkan selotip untuk membuat pola dan Anda bisa mengkombinsaikan warna sebanyak yang Anda mau.

Motif dinding papan tulis

Coba gunakan cat hitam dof seperti untuk papan tulis sebagai aksen dinding. Warna ini akan memberi Anda dan keluarga pilihan untuk memolesnya sesering yang Anda inginkan, bisa dengan gambar-gambar putih kapur yang berbeda.

Warna Setengah Tebal

Motif ini akan menghasilkan tampilan yang berani, gunakan saja warna hanya pada setengah bagian dinding. Dengan ide seperti ini, akan mampu menciptakan dinding aksen yang menonjol.

Rainbow Stripe

Tidak mau dapat tampilan hanya satu warna? Coba saja warna stripe atau warna-warni. Cat seluruh permukaan dinding ruangan Anda dengan garis pelangi, bisa motif besar tapi disarankan yang tipis dan kecil saja. Anda dapat menggunakan berbagai kombinasi warna untuk menciptakan tampilan seni wall painting yang tepat sesuai yang Anda inginkan.

Tekstur dan Warna

Jika Anda hanya memiliki satu dinding bertekstur dalam ruangan, cobalah kombinasi warna cat yang berbeda agar lebih menonjol. Kamar tidur dengan dinding bertekstur yang dicat abu-abu atau warna lembut lainnya, akan membuat ruangan jadi bernuasnsa damai dan sejuk. Anda tinggal atur saja bagian mana akan diberi warna apa, terserah Anda.

Jadi pada intinya, membuat tampilan dinding yang bagus memang tidak harus repot-repot menerapkan seni wall painting. Bisa hanya dengan menempelkan wallsticker sebenarnya sudah jadi bagus.

Hanya saja, untuk Anda yang ingin mendapatkan kesan ruanagn yang berbeda, seni lukisan dinding bisa jadi alternatif terbaik. Tinggal perkaya saja referensi pembuatannya agar menghasilkan tampilan dinding yang terlihat menawan. (ls) editted by RN14052020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.