by

Ide Kreatif Sekat Ruangan Rumah Minimalis Beserta Gambar

Rumah yang bagus tidak harus besar, tapi setidaknya mampu mengakomodasi segala keperluan keluarga. Dalam arti setiap aktivitas yang mungkin akan dilakukan di rumah bisa dikerjakan dengan baik. Jadi, meski rumah Anda kecil, Anda bisa melakukan terobosan dengan membuat sekat ruangan rumah minimalis menjadi dua.

Ide ini bisa Anda terapkan pada ruangan yang ukurannya relatif besar dan luas. Seperti, ruang keluarga, ruang makan atau ruang tamu. Untuk kamar tidur yang sudah sempit dan toilet yang jarang sekali ukurannya besar tidak perlu diterapkan ide ini.

Fungsi Sekat Ruangan Rumah Minimalis

Sekat ruangan rumah minimalis berfungsi sebagai pemisah antar ruang yang memiliki fungsi yang berbeda, seperti ruangan tamu dengan ruang keluarga. Pada umumnya untuk memisahkan dua ruangan tersebut menggunakan media tembok. Namun saat ini sudah banyak cara lain yang bisa diterapkan sebagai bahan pembatas sekat. Ada stainless dan juga kayu tipis, tinggal dippilih mana yang diinginkan.

Memang dengan adanya sekat akan membuat ruangan jadi sempit, namun bukankah jadi ada ruangan baru lain? Disinilah pentingnya pertimbangan akan membuat sekat atau tidak dilihat dari kebutuhan Anda masing-masing.

Bagi Anda yang memiliki luasan ruangan yang terbatas, menggunakan sekat ruangan minimalis modern akan menjadikan ruangan Anda terasa lebih luas dan lapang. Anggap saja investasi dari pada harus membuat rumah bertingkat atau memperluasnya.

Sekat ruangan rumah minimalis
pembatas ruangan – diminimalis.com

Berikut diminimalis berikan beberapa ide kreatif memilih sekat ruangan rumah minimalis dan gambar sekat ruangan minimalis

Ide kreatif sekat ruangan rumah minimalis beserta gambar

Jika Anda belum pernah mendesain pembatas ruangan rumah minimalis sebelumnya, Anda perlu ide baru mewujudkannya. Berikut ini dimiminalis akan berikan beberapa ide mendesain sekat ruangan rumah minimalis.

1. Menggunakan rak serbaguna

Dua ruangan dengan bermacam macam interior rumah minimalis yang dipisahkan oleh rak memberikan kesan elegan dan simpel. Bisa Anda bayangkan jika kedua ruangan tersebut dipisahkan oleh tembok tentunya akan terasa sempit.

Sekat ruangan rumah minimalis
sekat ruangan rumah minimalis – diminimalis.com
Sekat ruangan rumah minimalis
partisi rak dan lemari – diminimalis.com
Sekat ruangan rumah minimalis
partisi rak buku – diminimalis.com
Sekat ruangan rumah minimalis
partisi rak kecil – diminimalis.com
Sekat ruangan rumah minimalis
partisi rak buku besar – diminimalis.com

2. Menggunakan bambu

Bahan dari bambu bisa Anda gunakan sebagai sekat ruangan murah. Anda juga bisa memindahkan sekat dari bambu ini sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Sekat dari bambu juga mempunya keunikan tersendiri, yaitu memberikan kesan natural pada rumah Anda.

Sekat ruangan rumah minimalis
partisi bambu utuh – diminimalis.com
Sekat ruangan rumah minimalis
partisi bambu di luar – diminimalis.com
Sekat ruangan rumah minimalis
partisi bambu memanjang – diminimalis.com
Sekat ruangan rumah minimalis
partisi bambu minimalis – diminimalis.com
partisi bambu-2
partisi bambu kecil – diminimalis.com

3. Menggunakan kaca

Ketika Anda menghabiskan waktu dengan bersantai, ada tempat favorit di dalam rumah yang biasanya Anda gunakan untuk membaca buku sembari memakan snack kesukaan. Tempat ini bisa Anda pisahkan hanya dengan sekat kaca saja yang menjadikan tempat tersebut terasa lebih luas dan nyaman.

Sekat atau partisi dengan kaca juga bisa membantu Anda untuk melakukan pengawasan anak yang bermain di ruang sebelah sekaligus Anda tetap bisa beraktifitas tanpa takut terganggu. Material kaca yang transparan akan cepat terlihat kotor namun Anda cukup mengelapnya dengan kain saja sehingga tidak merepotkan Anda bukan.

Berikut ini gambar sekat ruangan rumah minimalis dari kaca.

Sekat ruangan rumah minimalis
partisi kaca kecil – diminimalis.com
Sekat ruangan rumah minimalis
partisi kaca minimalis – diminimalis.com
Sekat ruangan rumah minimalis
partisi kaca menggantung – diminimalis.com
Sekat ruangan rumah minimalis
partisi kaca simpel – diminimalis.com
Sekat ruangan rumah minimalis
partisi kaca lebar – diminimalis.com

Ketiga bahan di atas bisa diaplikasikan sebagai material sekat yang unik untuk diadopsi di rumah minimalis Anda. Soal bagaimana mendesainnya, Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya. Anda juga bisa mencari referensi lainnya sebagai bahan pertimbangan.

Hal yang harus Anda perhatikan ketika akan memutuskan pembuatan sekat ruangan rumah Anda adalah ukuran. Ruangan apa yang akan dibuat baru dari hasil penyekatan tadi. Jika hanya sekedar gudang maka lebih baik tidak perlu terlalu luas jatah ukurannya.

Sebaliknya jika ruangan yang sedang dibuat dari penyekatan adalah darur dari ruang makan misalnya, maka pertimbangan perabot besar juga harus dipikirkan.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai sekat ruangan rumah minimalis yang bisa Anda gunakan untuk memisahkan ruangan rumah tanpa membuatnya menjadi terkesan sempit. Mudah-mudahan bermanfaat, salam diminimalis (am.). (editted by RN07122019)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.