Kemewahan kamar tidur bukan satu-satunya jaminan kenyamanan saat istirahat malam dan memejamkan mata. Namun keberadaan unsur lain lah yang berperan membuat tidur Anda nyaman. Salah satunya adalah adanya sandaran tempat tidur yang berfungsi membuat kepala Anda bisa seidkit lebih tinggi. Selain itu juga bisa menjadi pengaman kepala saat hal-hal terjadi misalnya tanpa sengaja terbentur ke atas.

Nah, jika tempat tidur atau ranjang Anda belum ada sandarannya bisa ditambahkan sendiri. Hadboards/ sandaran tempat tidur ini bisa dibuat dengan aneka bahan yang empuk. Namun jika tidak sempat bikin sendiri atau kurang pengalaman, sebaiknya beli langsung saja. Ada banyak dijual di toko perabot rumah, pesan di online shop pun bisa.

Keuntungan Menambahkan Sandaran Tempat Tidur

Tahukah Anda bahwa headboard memiliki peran yang penting untuk menunjang kenyamanan tidur. Keberadaan sandaran kepala ini selain sebagi pelindung juga bisa menambah indah desain tempat tidur Anda. namun, pemilihan warna dan desainnya menjadi penting jika Anda menginginkan desain tempat tidur yang indah. Anda dapat menyelaraskan warna headboards dengan konsep warna interior kamar, sehingga suasana tirur Anda menjadi lebih nyaman dan berkesan.

sandaran tempat tidur
sandaran kepala tempat tidur – diminimalis.com

Dalam menentukan sandaran tempat tidur juga harus mempertimbangkan aspek kenyamanannya. Anda tentunya tidak hanya menginginkan memiliki sandaran kepala tempat tidur yang indah dilihat, namun pastinya juga nyaman ketika digunakan. Terlebih bagi Anda yang memiliki kebiasaan membaca sebelum tidur, dengan memilih sandaran tempat tidur yang tepat menjadikan waktu baca menjadi lebih rileks dan menyenangkan.

Jadi sebenarnya cukup jelas peran dan fungsi headboard ini pada tempat tidur. Jika dibuat daftar, maka inilah beberapa keuntungan menambahkan sandaran di ranjang minimalis Anda.

Pertama, pelindung kepala dari benturan.

Tadi sudah sedikit disinggung bahwa peran headboards ini salah satunya atau malah yang utama, adalah sebagai pelindung kepala. Jika tidak sengaja kepala membentur bagian atas tempat tidur, hadboard ini bisa jadi penahan.

Kedua, ranjang jadi terlihat mewah

Ini adalah fungsi estetis yang muncul dari adanya headboard di atas ranjang minimalis Anda. Tempat tidur Anda akan terlihat mewah dan elegan dengan adanya sandaran empuk ini. Apalagi jika bahan yang dipilih bagus dengan warna dan motif yang sesuai dengan tema ruangan.

Memilih sandaran tempat tidur minimalis

Bagi Anda yang memiliki cukup biaya tentunya tidak kebingungan ketika hendak memilih tempat tidur yang memiliki sandaran indah dan mewah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan membeli sebuah tempat tidur yang memiliki sandaran. Berikut diantaranya:

  • Tema ruangan

Kesesuaian antara tema ruangan dengan desain kepala tempat tidur menjadikan interior kamar tidur menjadi lebih indah. Konsep minimalis pada kamar misalnya, bisa Anda padukan dengan bentuk sandaran tempat tidur yang simple, berwarna putih dan menggunakan ornamen kayu sebagai bingkainya, sehingga kesan minimalis dan elegan bisa Anda dapatkan.

  • Luas ruangan

Seberapa luas kamar tidur yang Anda miliki? Ada baiknya sandaran yang dipilih tidak terlalu besar ataupun lebar. Jika Anda menggunakan sandaran yang terlalu lebar, akan mengesankan sempit pada area kamar. Idealnya, sandaran memiliki tinggi yang sesuai dengan tinggi Anda ketika posisi duduk bersandar di atas tempat tidur.

Membuat sandaran tempat tidur sendiri

sandaran tempat tidur
gambar sandaran kepala tempat tidur – diminimalis.com

Jika Anda memiliki masalah dengan biaya ketika hendak membeli tempat tidur yang memiliki sandaran, jangan khawatir, Anda masih bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang sedikit.

Pertama, siapkan papan bekas yang memiliki ukuran sesuai dengan lebar tempat tidur. Untuk menutupnya Anda bisa menggunakan kain atau setiker yang memiliki motif senada dengan interior kamar.

Selanjutnya, sebagai material untuk bersandar bisa Anda gunakan beberapa bantal yang disusun sedemikian rupa. Gunakan bantal yang memiliki corak warna senada dengan bedcover maupun warna cat tembok agar tidak terkesan norak.

Terakhir, beri sedikit pemanis di atas sandaran dengan memasang pigura ataupun inisial nama Anda dan pasangan. Semakin menambah hangat suasana bukan?

Mungkin demikian sedikit pembahasan mengenai sandaran tempat tidur yang bisa diminimalis bawakan. Mudah-mudahan menginspirasi, salam diminimalis (am). editted by RN15012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *