by

Lebih Baik Rumah Tingkat Atau Tidak Tingkat?

Anda berencana membangun rumah dan bingun apakah lebih baik rumah tingkat atau tidak? Untuk menentukan pilihan itu, Anda harus mengetahui beberapa hal sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan tepat.

Memilih rumah tingkat atau tidak tingkat merupakan sebenarnya tergantung masing-masing pribadi. Apakah menginginkan untuk memiliki rumah tingkat atau tidak. Namun jika dihadapkan dengan berbagai masalah yang membuat bingung, Anda harus segera mencari solusi agar dapat menentukan mana yang terbaik.

Berikut beberapa informasi yang dapat Anda gunakan sebagai dasar untuk mengambil keputusan, Apakah rumah tingkat atau tidak tingkat yang harus Anda miliki.

Rumah tingkat

Rumah tingkat adalah rumah yang memiliki dua lantai atau lebih. Rumah tingkat identik dengan rumah yang dimiliki orang kaya. Namun sekarang bukan ukuran kaya atau miskin yang dapat menjadi pemilik rumah tingkat.

rumah tingkat atau tidak

Ketika Anda ingin membangun rumah tingkat, sebaiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

a. Kebutuhan ruang

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah kebutuhan ruang yang akan Anda gunakan. Sehingga Anda dapat mendesain rumah Anda sesuai dengan jumlah ruang yang sudah Anda tentukan.

Setelah jumlah ruang yang Anda butuhkan sudah ditentukan, Anda dapat mendesai rumah Anda sesuai keingin. Jika rumah denga satu lantai dirasa belum mampu memenuhi kebutuhan ruangan, Anda lebih baik membangun rumah dengan dua lantai atau lebih.

Hal ini sangat penting karena kebutuhan orang berbeda-beda. Sehingga akan sangat baik jika hal ini menjadi salah satu patokan dalam memutuskan desain rumah yang akan Anda bangun.

Rumah tingkat identik dengan rumah yang dimiliki oleh orang yang memiliki kebutuhan ruangan yang cukup banyak, atau yang tidak cukup jika hanya dengan rumah yang memiliki satu lantai. Sehingga keputusan dua lantaipun dapat dipilih guna memenuhi kebutuhan.

Sehingga dengan hal tersebut Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda karena Anda telah memutusakan hal yang tepat untuk memilih rumah yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

b. Budget

Jika Anda memilih untuk memiliki rumah tingkat, Anda sebaiknya menyiapkan budget yang cukup banyak. Lebih banyak dari rumah dengan satu lantai/ tidak tingkat.

Hal tersebut karena rumah tingkat memiliki ruangan yang lebih banyak dibandingkan dengan rumah yang tidak tingkat. Sehingga biaya untuk membangun rumah tingkat lebih banyak juga.

Selain itu, biaya-biaya lainnya juga akan lebih banyak rumah tingkat. Misalnya, biaya listrik, biaya kebersihan, biaya air, dll.

Selain biaya yang lebih mahal, energi untuk merawat rumah tingkat juga lebih banyak yang dikeluarkan. Hal tersebut dikarenakan rumah tingkat akan membutuhkan perawatan yang ekstra dibandingkan dengan rumah tidak tingkat.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memiliki rumah tingkat, sebaiknya persiapkan budget yang lebih banyak dari jauh-jauh hari.

c. Luas lahan

Rumah tingkat dapat dibangun di lahan yang tidak terlalu luas. Karena rumah tingkat memiliki sifat membangun ke atas bukan ke samping. Sehingga pembangunan rumah tingkat tidak memperhatikan luas tanah yang luas sekali atau tidak.

Justru rumah tingkat merupakan salah satu alternatif pilihan yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk menyiasati luas lahan yang sempit. Sehingga kebutuhan ruangan akan tercukupi jika membangun rumah tingkat.

Rumah tidak tingkat

Rumah tidak tingkat merupakan rumah yang hanya memiliki satu lantai, tidak lebih. Rumah ini banyak Anda jumpai lingkungan Anda. Bahkan rumah tidak tingkat dapat Anda jumpai di perkotaan dan di desa.

rumah tingkat atau tidak

Rumah tidak tingkat dapat menjadi pilihan Anda dalam membangun rumah, jika Anda mengetahui hal-hal berikut ini:

a. Kebutuhan ruangan

Kebutuhan ruangan yang tidak terlalu banyak. Sehingga cukup jika Anda membuat rumah tidak tingkat.

Nah, jadi Anda harus tetap menentukan berapa ruangan yang Anda butuhkan sebelum akhirnya Anda mendesain rumah tidak tingkat.

b. Budget

Terkait budget, rumah tidak tingkat ada yang melebih rumah tingkat ada juga yang tidak. Semua kembali kepada seberapa mewah rumah tidak tingkat yang akan Anda bangun.

Jika Anda membangun rumah tidak tingkat yang mewah dan megah, besar kemungkinan budget yang Anda butuhkan juga banyak. Namun, jika Anda membangun rumah tidak tingkat yang sederhana, maka budget yang Anda keluarkan juga sedikit.

Jadi, sebaiknya sebelum membangun rumah Anda menghitung dulu budget yang kira-kira akan Anda keluarkan untuk membangun rumah.

c. Luas lahan

Kebutuhan ruangan merupakan hal yang berkaitan dengan luas lahan. Jadi Anda juga harus menyesuaikan dengan luas lahan yang Anda miliki. Khususnya jika Anda ingin membangun rumah yang tidak tingkat.

Rumah tidak tingkat sangat tergantung dengan lahan yang ada. Bahkan jika Anda memutuskan membangun rumah tidak tingkat namun lahan sempit, Anda harus membuat kebutuhan ruangan Anda lebih sedikit.

Sehingga sebenarnya ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain. Anda perlu menyesuaikan ketiga hal tersebut demi terbangunnya rumah impian.

Jadi, rumah tingkat atau tidak?

Keputusan yang tepat adalah hasil dari analisis Anda terhadap permasalahan yang ada. Ketika Anda dapat menyesuaikan hal-hal yang harus Anda perhatikan di atas, Anda pasti dapat memilih rumah tingkat atau tidak tingkat dengan tepat.

Hal tersebut karena kedua jenis rumah tersebut merupakan pilihan yang harus didasarkan pada kebutuhan, budget dan luas lahan. Ketiganya merupakan faktor yang mempengaruhi secara langsung lencarnya pembangunan rumah.

Semoga dengan ketiga hal tersebut Anda dapat menentukan pilihan yang tepat, dan semoga informasi di atas berguna untuk semuanya khususnya dalam menentukan pilihan apakah rumah tingkat atau tidak tingkat. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.