Konsep Rumah Panggung Minimalis di Indonesia Identik dengan Rumah Kayu, Benarkah?

Rumah panggung minimalis merupakan hal yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat dulu yang menggunakan rumah panggung sebagai tempat tinggalnya. Namun, sekarang sudah jarang ditemui rumah panggung.

Anda dapat menemui rumah panggung di daerah-daerah tertentu di Indonesia. Rumah panggung merupakan salah satu rumah adat yang ada di Indonesia. Jadi Anda dapat menemukan model dan wujudnya dengan gampang di Indonesia baik melihat langsung ataupun melalui internet.

Nah, jika Anda sudah melihat wujud asli baik dari internet atau secara langsung, Anda pasti mendapatkan rumah panggung yang seringkali menggunakan kayu sebagai bahan dasar pembangunannya. Kenapa bisa demikian?

Bagi Anda yang penasaran, berikut penjelasannya untuk Anda semua. Semoga memberikan kebermanfaatan dan menambah pengetahuan kita semua.

Apa itu rumah panggung minimalis?

Berdasarkan penjelasan wikipedia, rumah panggung merupakan nama rumah adat yang berasal dari daerah Jambi. Rumah ini dikenal sebagai kajang leko yang terdiri dari 8 ruangan.

Ruangan pertama disebut dengan jogan yang berfungsi sebagai tempat beristirahat dan juga untuk menyimpan air. Ruang ke dua adalah serambi depan yang digunakan untuk menerima tamu laki-laki. Ruangan ke tiga adalah serambi dalam yang digunakan untuk tidur anak laki-laki,

Ruang ke empat adalah amben melintang yang digunakan sebagai kamar pengantin. Ruang ke lima adalah serambi belakang yang digunakan untuk tidur anak perempuan. Ruang ke enam digunakan sebagai ruangan untuk menerima tamu perempuan.

Sedangkan ruangan ke tujuh adalah garang yang digunakan sebagai tempat penyimpanan air dan ruangan ke delapan adalah dapur yang digunakan untuk memasak.

Rumah Panggung Minimalis
Rumah Panggung Minimalis via deagamdesign.com

Namun, tidak dapat dipungkiri jika Anda juga dapat menemukan rumah panggung di daerah lain selain di daerah Jambi. Rumah panggung dibuat biasanya sesuai dengan peruntukannya. Jadi siapa saja boleh membangun rumah panggung.

Rumah panggung minimalis merupakan rumah panggung yang memiliki ukuran minimalis. Rumah panggung kini juga sudah hadir dengan berbagai model dengan menyesuaikan dengan selera masyarakat jaman sekarang. Sehingga hadir model rumah panggung minimalis modern yang sangat bagus.

Sehingga dapat menjadi salah satu pilihan alternatif model rumah untuk Anda yang sedang akan membangun rumah. Pilihan ini menjadi pilihan yang sangat tepat mengingat model rumah panggung jaman sekarang tergolong model yang tidak ketinggalan jaman.

Jadi bagi Anda yang tertarik dengan rumah panggung, sekarang tidak usah takut lagi akan stigma ketinggalan jaman dengan memiliki hunian rumah panggung. Sehingga sekarang tidak usah khawatir lagi jika memutuskan memilih rumah panggung sebagai hunian nyaman Anda dan keluarga.

Filosofi Rumah Panggung

Berkaitan dengan filosofinya, rumah panggung dibuat dengan berbagai makna dan tujuan. Ada beberapa hal penting dalam filosofi rumah panggung. Berikut penjelasnya:

Pertama, rumah panggung yang sempurna. Rumah panggung ini merupakan rumah panggung yang memiliki bagian bawah (kolong rumah) setinggi 2,5 meter. Dengan ukuran ini, bawah rumah dapat difungsikan secara maksimal oleh pemilik. Seperti digunakan untuk beternak, tempat parkir kendaraan, tempat menyimpan hasil pertanian, tempat istirahat, atau sebagainya.

Sehingga rumah panggung sempurna dapat difungsikan secara maksimal dan dapat memberikan kebermanfaatan bagi pemiliknya. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki rumah panggung sempurna, Anda dapat menggunakan ukuran kolong seperti pada penjelasan di atas.

Ke dua adalah rumah panggung yang tanggung. Dimana bagian bawah rumah atau kolong rumah hanya memiliki tinggi sekitar satu meter saja atau bahkan ada yang kurang dari satu meter.

Rumah Panggung Minimalis
Rumah Panggung Minimalis via polarumah.com

Hal tersebut dibuat oleh orang-orang dibeberapa daerah di Indonesia, seperti Mamuju, Sulawesi Barat. Alasannya karena wilayah tersebut merupakan salah satu wilayah yang rawan akan gempa dan angin kencang.

Jadi untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan, masyarakat membangun rumah panggung dengan kolong rumah yang tanggung. Hal tersebut diharapkan akan membuat mereka lebih aman dan nyaman berada di dalam rumah.

Ke tiga, atap yang berbentuk kerucut. Atap rumah yang berbentuk kerucut ini memiliki fungsi untuk melindungi dari panasnya sinar matahari. Maksudnya adalah ketika siang hari, sinar matahari tidak akan menabrak perumakaan atap secara langsung.

Hal tersebut dikarenakan panas cahaya matahri akan tergelincir mengikuti kemiringan atap yang berbentuk kerucut. Jadi penghuni akan merasa lebih aman dan nyaman berada di dalam rumah.

Rumah panggung minimalis dari kayu

Rumah panggung dari kayu sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu. Hal ini dikarenakan kayu merupakan salah satu bahan utama yang kuat untuk dijadikan sebagai bahan untuk membangun rumah.

Jadi tidak heran jika sampai sekarang kayu masih menjadi bahan yang direkomendasikan sebagai salah satu bahan yang bagus untuk membangun rumah. Baik untuk rumah panggung ataupun rumah biasa.

Rumah panggung minimalis jaman sekarang juga masih banyak yang menggunakan kayu sebagai bahan utama pembangunannya. Selain sebagai salah satu cara melestarikan kebudayaan, rumah panggung dari kayu juga merupakan salah satu sarana bagi Anda untuk memiliki rumah dengan konsep yang lebih alami.

Bagi Anda yang suka dengan konsep alami atau natural, Anda dapat dapat memilih konsep rumah panggung minimalis dari kayu sebagai pilihannya. Kenapa harus menggunakan kayu?

Berikut beberapa alasan mengapa rumah panggung banyak yang menggunakan kayu sebagai bahan dasar pembangunannya. Selain itu, rumah panggung saat ini juga identik model desain rumah kayu modern.

Pertama, kayu merupakan bahan bangunan yang kuat. Jadi tidak khawatir akan masa ekonomis rumah. Hal ini dikarenakan rumah akan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Rumah Panggung Minimalis
Rumah Panggung Minimalis via www.rancangrekaruang.com

Kedua, kayu merupakan bahan yang ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan kayu merupakan bahan alami. Jika dibandingkan dengan bahan bangunan non alami, kayu lebih unggul karena kayu secara aktif dapat membantu penyerapan dan penyimpanan karbon dioksida yang ada dilungkungan sekitar rumah kayu.

Ketiga, rumah kayu lebih ekonomis. Hal ini dikarenakan di Indonesia atau di daerah-daerah masih sangat banyak ditemukan kayu. Jadi lebih mudah mendapatkan bahan bangunannya dan mempermudah kita dalam proses pembangunan.

Jadi tidak heran jika rumah panggung yang sudah ada dari jaman dahulu menggunkan bahan dasar kayu. Hingga sekarang Anda bisa menemui rumah panggung dari kayu dan memang kebanyak rumah panggung menggunkan kayu sebagai bahan dasarnya.

Demikian penjelasan mengapa rumah panggung identik dengan rumah yang berbahan dasar kayu. Informasi di atas diharapkan dapat menambah pengetahuan Anda dan memberikan kebermanfaatan bagi kita semua. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.