Sejuknya Desain Rumah Minimalis Tropis Modern Bata Expose

Tidak hanya rumah minimalis modern yang bisa dibuat lebih indah dengan sentuhan berbeda. Sebab, ada satu lagi jenis desain hunian yaitu rumah minimalis tropis yang bisa disulap menajdi memiliki sentuhan ekspos yang tidak biasa. Anda bisa memanfaatkan bata ekspos untuk menonjolkan sisi eksterior dinding agar lebih artistik.

Tidak hanya pada sisi tampilan eksteriornya saja tentunya, tapi juga bisa memanfatkan fungsi-fungsi elemen dalam rumah seperti ventilasi, bukaan jendela dan lainnya. Untuk meminimalisasi sempitnya space ruangan, Anda bisa menerapklan beberapa ide seperti membuat sliding door. Kemudian jika kekurangan plot untuk ruangan, Anda bisa memanfaatkan space di bawah plafon. Semuanya jadi terasa mudah kan?

Kenapa Penting Memilih Rumah Minimalis Tropis?

Rumah minimalis tropis merupakan sebuah konsep hunian yang cocok untuk di terapkan di Indonesia. Negeri ini memang memiliki iklim tropis yang cenderung berhawa panas, sehingga diperlukan sebuah inovasi hunian yang berhawa sejuk untuk mengatasinya. Anda tentunya tidak akan merasa betah tinggal di rumah yang berhawa panas bukan? Dan rumah berkonsep tropis inilah solusinya.

rumah minimalis tropis
fasad rumah minimalis tropis – diminimalis.com

Rumah minimalis yang memiliki konsep tropis akan senantiasa memiliki udara sejuk di dalamnya, meskipun udara di luar panas. Hal tersebut dapat tercipta dengan penggunaan banyak tanaman yang Anda tanam di sekitaran rumah. Model rumah tropis modern juga sangat mempengaruhi kesejukan udara di dalam rumah. Untuk Anda, berikut diminimalis sajikan salah satu inspirasi model hunian minimalis tropis yang bisa ditiru.

Rumah minimalis tropis modern berbata expose

Material dinding dari bata tanah memang memiliki kelebihan tersendiri. Kesan natural yang ditimbulkan serta hawa dingin pada ruangan yang menggunakan material bata tanah pada dindingnya akan bisa Anda dapatkan sekaligus. Pola pada dinding yang menggunakan bata expose juga memiliki nilai seni tersendiri. Semakin bertambah nyaman bukan?

Anda bisa membuat efek dramatis pada dinding bata expose dengan menggunakan lampu sorot di sudut ruangan. Elemen pasir penyusun dinding juga bisa Anda tonjolkan untuk menambah kesan alami pada rumah. Pemilihan keramik berwarna merah bata yang terlihat usang akan semakin menaturalkan suasana rumah minimalis tropis.

Untuk memperlancar sirkulasi udara, ada baiknya Anda menggunakan bukaan lebar pada rumah. Bukaan bisa berupa jendela yang memiliki bukaan luas pada setiap sudut dinding, sehingga memungkinkan udara bebas keluar dan masuk rumah yang akan menjadikan rumah terasa segar. Agar tidak terkesan kaku, buatlah bentuk jendela yang berfariasi. Bentuk bulat dan persegi bisa Anda terapkan pada dinding yang berbeda, sedangkan bentuk segitiga bisa dibuat menyesuaikan bentuk atap.

Memaksimalkan lahan rumah minimalis tropis

rumah minimalis tropis
dapur semi outdor – diminimalis.com

Kesan tropis juga bisa Anda terapkan pada area dapur. Pembuatan dapur semi outdor yang menggunakan bata expose sebagai material dindingnya bisa dipilih. Nah, dengan begitu Anda tidak akan merasakan panas lagi ketika sedang memasak di dapur, suasana memasak pun bertambah menyenangkan.

Keterbatasan lahan pada rumah minimalis tropis bisa Anda siasati dengan membut desain plafon yang tinggi serta bentuk ruangan yang memanjang. Pintu sebagai akses masuk dalam ruangan juga lebih baik menggunakan bukaan sliding, agar saat terbuka daun pintu tidak membuat ruangan menjadi penuh. Desain plafon yang tinggi juga bisa Anda buat mezzanin sebagai tempat bersantai maupun tempat kerja yang tersembunyi.

Jadi, rumah minimalis tropis tidak melulu soal bagaimana mendesain bukaan sebanyak-banyaknya. Namun, bisa juga dengan mengandalkan sentuhan tampilan eksterior agar lebih cocok dengan desain interior rumah. Mengubah ruangan menjadi berkonsep tropis memang bukan soal mudah, karena Anda harus menyesuaikan beberapa sentuhan yang mampu mendukung. Namun, Anda bisa menerapkan hal-hal kecil yang sekiranya bisa membantu menghadirkan nuansa tropis rumah minimalis Anda.

Jika Anda kesulitan merealisasikannya, Anda bisa menghubungi kontraktor terpercaya Anda. Yang terpenting adalah, konsep rumah minimalis tropis seperti apa yang akan Anda usung sebaiknya dirinci terlebih dahulu.

Demikian ulasan singkat mengenai segarnya rumah minimalis tropis yang bisa Anda kembangkan lagi penataannya, sehingga suasan rumah semakin sejuk dan nyaman. Salam diminimalis (am). Editted by RN17122019


Comment