Rumah Minimalis Tradisional Berpadu Modern Yang Menambah Nilai

Salah satu model hunian yang bagus namun jarang diadopsi adalah tipe rumah minimalis tradisional. Kenapa jarang orang yang menganggap model rumah ini kurang worth it? Mungkin karena kebanyakan orang menilai rumah jenis ini terlihat kuno dan kurang modern. Padahal, jika bisa memberikan sentuhan yang berbeda tentu tampilannya juga akan terasa berbeda.

Ada banyak ide yang bisa diterapkan untuk mengubah sebuah hunian menjadi tipe rumah minimalis tradisional tanpa menghilangkan aspek identitas yang melekat. Sentuhan ornamen yang menunjukkan identitas tradisional sudah cukup membuat rumah menjadi lebih indah. Mulai sekarang, Adna bisa mengaplikasikan ide mendesain ruangan dalam rumah menjadi terkesan tradisional. Tidak harus keseluruhan bagian rumah Anda ubah.

Kenapa Rumah Minimalis Modern Tetap Pilihan Terbaik

Rumah minimalis tradisional sering orang menganggapnya kuno dan ketinggalan jaman. Keberadaan rumah tradisional memang sudah semakin langka, terutama di daerah perkotaan di Indonesia. Padahal, jika kita melihat di negara-negara maju seperti di Eropa dan Amerika, rumah tradisional tetap terjaga kondisinya dan bangunan baru pun banyak yang mengadopsi dari bangunan tradisional tersebut.

rumah minimalis tradisional
rumah minimalis tradisional – diminimalis.com

Orang-orang modern hari ini memang cenderung lebih menyukai desain rumah minimalis klasik modern yang memiliki desain simpel dan juga furniture sederhana di dalamnya. Tidak salah memang jika Anda lebih menyukainya, namun pernahkah Anda membayangkan menyatukan antara rumah minimalis tradisional dengan rumah minimalis modern, akan lebih menarik tentunya. Berani mencoba?

Perpaduan rumah minimalis tradisional modern

Rumah minimalis tampak depan atau eksterior rumah bisa Anda konsep menggunakan tema tradisional, sedangkan untuk konsep modern bisa diterapkan pada interior rumah. Rumah minimalis tradisional jawa berbentuk joglo akan memberikan kesan tradisional pada eksterior rumah Anda. Unsur kayu yang identik dengan kesan tradisional juga bisa digunakan sebagai bahan plafon, fentilasi dan pintu. Pemilihan pintu berukir dan gagang pintu tua akan semakin menambah nilai seni dan kesan tradisionalnya.

Pada bagian interior, kesan modern bisa dimunculkan dengan pemilihan sofa bed sebagai area duduk di ruang tamu. Untuk menambah kenyamanannya, gunakan cusion bermotif sederhana serta karpet berwarna senada sebagai material penutup lantai agar suasana semakin hangat. Pot minimalis yang berisi tanaman di atas meja juga semakin menambah kesegaran ruangan. untuk menghilangkan kesan polos dan kaku, Anda bisa memberikan sedikit sentuhan pada dinding dengan frame yang berisi quote memotifasi.

Jika rumah minimalis tradisional modern yang Anda huni memiliki area outdor di dalamnya, bisa Anda manfaatkan sebagai tempat berkumpul dengan anggota keluarga lainnya. Taman minimalis yang biasanya ada pada area ini juga bisa dibuat lebih menarik dengan penambahan pot gantung serta kayu yang disusun menyilang sebagai media rambat taman vertikal. Lengkapi dengan meja dan kursi lipat sebagai area duduk dan tempat makanan kecil di atasnya, jika tidak diperlukan Anda bisa melipatnya lagi, sehingga tidak memenuhi ruangan.

rumah minimalis tradisional
rumah tradisional terbuka – diminimalis.com

Dapur semi outdor juga bisa Anda buat di rumah minimalis tradisional modern ini. Anda bisa meletaknnya di area taman agar suasana memasak semakin menyenangkan. Dinding dapur bisa Anda buat menggunakan material bata expos yang mengesankan natural pada dapur. Sebagai penguat unsur tradisional pada dapur, pemakaian plafon yang terbuat dari susunan kayu akan nampak sederhana namun stylish.

Pada intinya, membuat rumah minimalis tradisional bergaya modern adalah hal yang susah – susah gampang. Sebab, mengatru berbagai elemen dekorasi dan furniture juga perlu dipilah pilih. Termasuk elemen interior dan eksterior lain seperti plafon hingga dinding luar juga perlu disesuaikan dengan nuansa tradisional yang terkenal dengan suasana alam yang kental dan terbuka.

Untuk mewujudkan misi tersebut, Anda bisa menerapkan ide bata ekspos seperti yang sudah dibahas di atas untuk mendapatkan tampilan eksterior yang mendukung. Kemudian untuk interior, Anda bisa menerapkan warna cat dinding yang juga suportif.

Bagaimana, menarik bukan? Ya, perpaduan rumah minimalis tradisional dengan modern memang akan membuat rumah memiliki nilai seni tersendiri, namun yang lebih penting, rumah tetap nyaman saat digunakan. Salam diminimalis (am). editted by RN01012020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.