Rumah Minimalis Tanpa Pagar Terasa Lapang Dan Menyatu Dengan Alam

Rumah minimalis tanpa pagar merupakan salah satu konsep hunian yang sering diterapkan di negara Eropa dan Amerika. Di Indonesia sendiri model rumah tanpa pagar ini belum terlalu banyak digunakan. Alasannya lebih kepada faktor keamanan. Memang untuk masalah yang satu ini masih banyak menghantui negeri ini. Tingginya angka kriminalitas yang naik setiap tahunnya menjadi perlu segera dicarikan solusinya, agar kita sebagai warganya merasa aman dan nyaman tinggal di dalamnya.

rumah minimalis tanpa pagar
rumah minimalis tanpa pagar – diminimalis.com

Memang, jika rumah Anda menggunakan pagar, akan menjadikan privasi Anda lebih terjaga. Pagar yang digunakan pada rumah juga bisa menjadi pemandangan eksotik, jika desain yang dipilih sesuai dan mempunyai detail yang menarik. Tapi rumah yang menggunakan pagar juga tidak lepas dari kekurangan, yaitu kesan sempit dan monoton akan didapatkan. Terlebih jika pagar yang digunakan tidak sesuai dengan eksterior rumah, eksterior rumah akan semakin terkesan berantakan.

Desain Rumah Minimalis Tanpa Pagar

Jika Anda mendesain rumah tanpa pagar, setidaknya mempunyai tiga manfaat yang akan Anda dapatkan. Pertama, rumah yang dibuat tanpa menggunakan pagar sebagai pembatas akan menjadikan rumah terlihat lebih luas. Kedua, kesan rumah yang menyatu dengan alam akan semakin menambah keelokan hunian yang Anda tempati. Kalau sudah seperti ini, siapa lagi yang tidak ingin memiliki rumah minimalis tanpa pagar?

Untuk kelebihan yang ketiga ini bisa dibilang merupakan keinginan dari semua pemilik rumah. Dengan desain rumah yang tidak menggunakan pagar sebagai pembatas tentu akan menjadikan Anda tidak perlu repot-repot mengalokasikan dana untuk membuatnya, sehingga lebih menghemat pengeluaran dalam membuat sebuah hunian. Anda juga tidak kerepotan dengan perawatan pagar yang harus dilakukan secara berkala, yang pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit juga.

Inspirasi Pembatas Rumah Minimalis Tanpa Pagar

rumah minimalis tanpa pagar
gambar rumah tanpa pagar diminimalis.com

Rumah tanpa pembatas berarti tanpa privasi? Ungkapan tersebut harus dihilangkan dari benak Anda. Dengan sedikit penataan landscape dan eksterior rumah, Anda bisa melindungi privasi di dalamnya. Sebagai pengganti pagar, Anda bisa memanfaatkan tanaman rumput dan tumbuhan yang tidak terlalu tinggi sebagai garis pembatas dengan lingkungan sekitar.

Penambahan pohon yang cukup tinggi pada area tengah taman juga bisa difungsikan sebagai eye cathcer pada taman depan rumah. Semakin nyaman dan asri bukan?

Selain menggunakan rumput sebagai pengganti pagar terdapat beberapa alternatif lainnya diantaranya yaitu:

1. Pembatas Beton

Inspirasi pertama pembatas rumah tanpa pagar adalah menggunakan beton. Beton dapat Anda susun seperti dinding  dengan tinggi 2 atau 3 anak tangga. Konsep penggunaan beton ini sangat cocok untuk rumah Anda yang mempunyai taman yang luas dan jarak antara pintu dan trotoar jalan lumayan jauh.

2. Penanaman Bunga

Selanjutnya adalah penggunaan bunga yang tingginya sekitar 30 cm hingga 1 m dengan penataan yang cantik. Penggunaan media tanam sebagai pengganti pagar sangat cocok untuk Anda yang suka dengan nuansa alam. Anda juga dapat menambahkan batu alam di sekeliling bunga yang telah di tanam.

Anda harus memperhatikan jenis bunga yang akan ditanam di depan rumah. Pilihlah bunga yang mempunyai ketahanan terhadap sinar matahari. Beberapa bunga yang dapat Anda gunakan yaitu bunga matahari, bunga sepatu, morning glory, jengger ayam, kamboja, bunga pentas, bougenville, bunga sikat botol, dan sebagainya.

3. Perpaduan Tangga dan Lampu

Inspirasi terakhir adalah menggunakan tangga sebagai pengganti pagar. Tangga dapat dibuat dari batu alam yang telah disusun rapi. Anda dapat menambahkan lampu di dinding tangga untuk menambah kesan dramatis di malam hari. Di samping kanan atau kiri tangga juga dapat Anda tambahkan dengan tanaman perdu atau kaktus. Suasana kota dengan kombinasi pedesaan dapat Anda rasakan seketika.

Keuntungan Rumah Tanpa Pagar

Penggunaan pagar memang memiliki keuntungan sebagai pengaman rumah atau kendaraan dari pencurian. Namun, ternyata rumah yang tidak menggunakan pagar juga mempunyai beberapa keuntungan yaitu:

1. Rumah terlihat lebih rapi dan luas

Rumah yang dibangun tanpa menggunakan pagar akan mempunyai keamanan kolektif. Apa lagi jika rumah Anda berada di dalam komplek, satpam secara bergantian akan menjaga keamanan rumah selama 24 jam. Selain itu, tidak hanya mempunyai tingkat keamanan yang lebih ketat, rumah yang tidak menggunakan pagar akan terlihat lebih rapi karena tidak mempunyai penghalang eksterior rumah.

Tanpa disadari juga, penggunaan pagar akan menutupi bagian depan rumah sehingga menjadikan rumah terlihat tertutup dan sempit. Adanya rumah tanpa pagar akan menimbulkan kesan luas dan lapang. Anda bisa menggunakan ruang yang bisanya untuk pagar dimanfaatkan sebagai parkir mobil dan motor.

2. Tingkat sosialisasi kepada masyarakat lebih tinggi

Rumah tanpa pagar biasanya dibangun saling berdekatan dan saling menempel satu sama lain tanpa adanya sekat. Apabila setiap rumah di komplek Anda saling berdekatan, maka Anda mudah untuk berinteraksi dengan tetangga. Jika hubungan dengan tetangga menjadi baik maka Anda akan bebas untuk bermain, menumbuhkan rasa empati, dan dapat meningkatkan sikap tolong menolong.

3. Nilai investasi yang tinggi

Rumah tanpa pagar yang dibangun di perumahan mewah atau biasa disebut sebagai rumah cluster. Perumahan jenis ini sudah terbukti mempunyai nilai investasi yang tinggi dan harganya tidak pernah turun. Hal ini disebabkan karena rumah cluster menawarkan ekslusivitas, privasi, fasilitas, dan keamanan yang terjamin. Tidak salah apabila, permintaan rumah jenis ini selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya dan mempunyai banyak peminat dimana saja keberadaannya.

Kekurangan Rumah Tanpa Pagar

Selain keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memiliki rumah tanpa pagar, beberapa hal yang harus Anda perhatikan juga yaitu kekurangan dari rumah tanpa pagar.

1. Kendaraan yang parkir sembarangan

Kekurangan pertama yang harus menjadi perhatian Anda adalah kendaraan yang parkir di depan rumah akan membludak karena tidak mempunyai batasan parkir jumlah kendaraan. Ini sangat membahayakan apalagi jika terdapat anak kecil di kawasan itu. Tidak hanya itu, banyaknya kendaraan mobil atau motor yang parkir di depan rumah menjadikan tingkat kecelakaan lebih tinggi.

Pemandangan rumah Anda juga menjadi tidak enak di pandang dan nilai keindahan menjadi hilang. Dampak ini dapat mengakibatkan mood dari tamu ingin datang ke rumah Anda menjadi berkurang.

2. Keamanan yang kadang terlewatkan

Mayoritas dari calon pembeli rumah yang pertama kali dilihat adalah bentuk rumah, pemandangan sekitar rumah, dan fasilitas dari rumah tersebut. Disamping itu semua, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah tingkat keamanan dan kondisi lingkungan sekitar. Ini sangat penting bagi Anda yang ingin membeli rumah tanpa pagar karena jika keamanan kurang terjamin di lingkungan rumah tersebut dapat membahayakan diri sendiri dan keluarga.

Oleh karena itu, menjadi prioritas utama untuk memastikan sistem keamanan terbaik agar terhindar hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu Anda juga bisa memasang CCTV di halaman rumah untuk meningkatkan keamanan.

3. Privasi yang dapat diketahui umum

Rumah tanpa pagar akan lebih bebas dan aktivitas pribadi yang dilakukan di depan halaman akan menjadi konsumsi publik. Anda yang biasanya dapat bersantai di depan rumah dan tidak ingin mendapatkan gangguan, dengan rumah tanpa pagar akan mudah mendapatkan gangguan dari kendaraan yang lewat atau lalu lalang orang. Sehingga penting untuk Anda melakukan aktivitas yang bersifat pribadi di dalam rumah.

Itulah ulasan mengenai rumah minimalis tanpa pagar yang tidak hanya menjanjikan kesan luas di dalamnya, namun juga taman yang asri bisa bisa diletakkan didalamnya sebagai garis pembatas sekaligus sebagai elemen yang menyejukkan rumah. Salam diminimalis. (Is) editted by AL26052020.

Baca juga: pagar tembok minimalis


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.