Dalam dunia desain rumah minimalis, gaya modern terlihat semakin lebih diminati ketimbang model klasik. Bahkan jika dibandingkan antara peminat rumah minimalis modern vs klasik, saat ini hampir sama banyaknya bahkan yang memfavoritkan gaya modern bisa lebih banyak.

Ada begitu banyak alasan mengapa jika membandingkan rumah minimalis modern vs klasik menjadi sesuatu yang menarik banyak kalangan. Salah satunya adalah karena perbedaan tata desain keduanya baik dari sisi eksterior maupun interiornya.

Nah, kira-kira apa saja sih sisi perbedaan rumah minimalis modern vs klasik yang melekat pada keduanya? Yuk kita bahas, barangkali bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda atau teman-teman Anda yang akan membangun rumah.

Karakteristik Umum Rumah Minimalis Modern Vs Klasik

Jika bicara visual, perbedaan rumah minimalis modern vs klasik sebenarnya bisa dilihat dari tampilan luarnya. Rumah modern cenderung memiliki desain minimalis, namun lain halnya dengan desain klasik yang menuntut banyak ruang lega di dalamnya.

Namun saat ini, makna perbedaan tersebut nampaknya sudah sedikit bergeser. Luasnya lahan sudah tidak lagi jadi esensi penting di kalangan para pecinta rumah klasik. Mau ukuran tanah berapapun jika ingin dibuat model klasik tetap bisa bisa saja, alias tak ada paramater khusus luas tanah harus sekian dan sekian.

Dari sinilah kemudian desain rumah minimalis klasik mulai bisa bersanding setara dengan gaya modern termasuk segmentasi penggemar masing-masing yang cenderung menyukai percampuran dari keduanya.

Perbedaan Rumah Minimalis Modern VS Klasik, Perbedaan Rumah Minimalis Modern dengan Klasik , Perbedaan desainnRumah Minimalis Modern dengan desain Klasik   
Perbedaan desain rumah minimalis modern vs klasik dari sisi interior dan furniturenya – diminimalis.com

Pada intinya, kedua desain rumah tersebut saat ini tidak hanya diperuntukan bagi yang memiliki dana terbatas. Untuk yang memiliki budget cukup banyak untuk membangun rumah mewah pun, sah-sah saja bila ingin membuat rumah dengan desain minimalis.

Tinggal fokusnya akan ke arah model rumah minimalis klasik ataukah gaya modern.

Meskipun terlihat simple, menentukan gaya desain rumah sedari awal sangatlah penting. Sebab nantinya akan butuh perencanaan khusus pada penambahan furniture interiornya.

Perbedaan Penting Rumah Minimalis Modern VS Klasik

Baik desain rumah minimalis maupun klasik, masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Keunggulan inilah yang menjadikan kedua desain rumah tersebut makin kompetitif di tengah pasar properti.

Pada dasarnya, desain rumah minimalis banyak diminati oleh masyarakat perkotaan karena faktor efisiensi pada kebutuhan lahannya yang tinggi.  Sementara untuk yang tinggal di desa biasanya memiliki lahan yang lebih melimpah sehingga lebih leluasa memilih gaya desain modern atau klasik.

Untuk mengetahui perbedaan desain rumah minimalis modern vs klasik, Anda bisa perhatikan pada hal-hal berikut ini:

Perbedaan warna dinding

Warna dinding yang biasanya cocok digunakan pada desain rumah minimalis modern adalah yang cenderung netral. Abu-abu, putih dan warna beige merupakan warna netral yang biasa dijadikan sebagai warna dinding eksterior pada desain rumah minimalis modern.

Sedangkan desain rumah klasik seringkali didominasi dengan warna cat yang terang. Merah, biru muda dan emas merupakan beberapa warna yang biasa digunakan untuk melengkapi tampilan dinding rumah klasik.

Meskipun saat ini kriteria ini sudah tidak bisa dijadikan tolok ukur yang pasti lagi, namun tidak ada salahnya jika Anda menemukan rumah bekas dan ingin membelinya lalu untuk tahu jenis rumahnya bisa amati bagian ini.

Pencahayaan ruangan

desain ruang tamu lesehan, desain ruang tamu lesehan sederhana, dekorasi ruang tamu lesehan
ruang tamu interior rumah modern dengan ornamen pencahayaan yang indah – diminimalis.com

Rumah dengan desain klasik sering kali menggunakan warna lampu yang terlihat redup. Hal ini dilakukan untuk melahirkan kesan klasik pada ruangan.

Sedangkan pada rumah minimalis modern, pencahayaan ruangan dibuat seterang mungkin. Warna terang berlaku untuk semua ruangan yang ada di dalam rumah minimalis modern untuk menunjukkan kesan yang kekinian.

Perbedaan jumlah ruangan

Sesuai dengan namanya, rumah minimalis modern tidak membutuhkan banyak ruangan di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesan sempit dan sumpek.

Sementara untuk rumah bergaya klasik sendiri lebih banyak ruangannya. Hampir semua jenis ruangan ada di dalam rumah bergaya klasik terutama yang model-model tahun lawas.

Bila dipertegas pada poin ini, rumah minimalis gaya modern juga lebih meminimalisir perabot/furniture. Sementara gaya klasik sesuai karakter utamanya, di setiap ruangan ada perabot yang mencirikan fungsi ruangan tersebut.

Perbedaan jumlah furniture

Seperti sudah sedikit disinggung pada poin sebelumnya, bahwa perbedaan karakter dalam memasukkan furniture juga turut membedakan antara rumah minimalis modern vs klasik.

Pada rumah minimalis modern, furniture tidak menjadi sebuah kewajiban yang harus ada. Semakin banyak furniture yang digunakan, maka interior rumah minimalis modern semakin terasa sempit dan menjauhkan dari kesan modern itu sendiri.

Berbeda dengan rumah minimalis desain klasik yang justru mengadopsi beberapa furniture dengan tampilan yang klasik dalam satu ruangan. Hal ini untuk menunjang penampilan interior rumah yang terkesan klasik pada ruangan.

Kesimpulan:

Meskipun kedua jenis desain rumah tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan, namun untuk saat ini sudah mulai mengalami pergeseran. Tidak sedikit juga yang akhirnya memadukan kedua gaya ini menjadi satu karena tuntutan zaman yang semakin modern.

Jadi jika Anda ingin menerapkan salah satu diantaranya, Anda bisa pertimbangkan perbedaan di atas tersebut. Kalaupun ingin menggabungkan keduanya menjadi rumah minimalis klasik modern juga bisa namun harus benar-benar jeli agar identitasnya tidak absurd.

Selain perbeda-perbedaan di atas yang lebih ke arah vsiual interior, ada hal yang juga tak kalah penting. Rumah minimalis gaya apapun tidak akan memberikan tampilan yang menawan jika faktor kebersihan dan kerapihannya diabaikan.

Kebersihan dan kerapihan ruangan akan memberikan rasa nyaman untuk seluruh anggota keluarga maupun tamu yang berkunjung ke rumah. Jadi, pastikan agar dua hal tersebut juga dijaga dengan sebaik mungkin.

Oke itulah dia sedikit penjelasan mengenai perbedaan rumah minimalis modern vs klasik. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantu Anda mendapatkan referensi desain rumah mana yang sesuai dengan selera Anda.(ls) editted by RN04082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *