Tips Mendesain Rumah Minimalis Kayu yang Bagus untuk Ditempati

Rumah minimalis dari kayu memang sekarang ini terkesan primitif. Padahal, desain rumah minimalis kayu jika dibuat dengan konsep modern hasilnya akan bagus bahkan melebihi hunian masa kini.

Contohnya bisa dilihat pada villa-villa yang disewakan di daerah pegunungan. Bagaimana material kayu diubah menjadi sangat bagus hanya bermodalkan konsep yang terencana.

Jika Anda tertarik dengan konsep ini maka Anda bisa merancangnya mulai dari nol. Di artikel kali ini, kami akan berikan sedikit gambaran tentang bagaimana mendesain rumah minimalis dari kayu sebagai hunian tinggal.

Plus Minus Rumah Minimalis Kayu

Rumah minimalis berbahan material kayu di Indonesia menjadi favorit karena cocok dibangun di wilayah tropis yang panas. Sifat dari kayu yang menyerap panas juga cocok didirikan di dekat pantai seperti cottage dan ada yang disewakan sebagai alternatif hunian bagi turis.

Nah, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan membuat rumah minimalis dari material kayu?

Kelebihan:

  • Kuat dan Awet
  • Estetis, unik, dan jarang dijumpai
  • Harga jual/sewa mahal dan menguntungkan
  • Berciri khas

Kekurangan

  • Biaya pembuatan relatif memakan lebih banyak anggaran ketimbang rumah modern
  • Perawatan relatif lebih sulit karena material kayu perlu perlakuan khusus
  • Kurang cocok untuk hunian di tengah kota

Dari sekian kelebihan dan kekurangan yang ada pada rumah minimalis kayu, apakah Anda akan tetap berkeinginan untuk memilikinya? Jika iya, Anda bisa lanjut baca soal bagaimana tips terbaik mendesain rumah minimalis kayu berikut ini.

Rumah Minimalis Kayu, Rumah Minimalis Kayu jati, rumah kayu mungil
contoh rumah kayu di farmhouse lembang yang cantik- diminimalis.com

Tips Desain Rumah Minimalis Kayu

Pada umumnya, desain rumah minimalis kayu terlihat sederhana karena mengandung unsur alam yang sangat kental. Untuk menyiasatinya agar terlihat bagus, rancangan rumah kayu harus memiliki value yang unik secara tampilan.

Tidak sembarang orang mau mengorbankan waktu, tenaga dan anggaran untuk membuat rumah dari kayu. Sebab, biasanya butuh fokus yang lebih agar dana tak membengkak. Berikut ini saran dari kami jika Anda nanti hendak mewujudkan keinginan memiliki rumah minimalis dari kayu.

1. Sebaiknya adopsi model bongkar pasang

Rumah minimalis dari kayu cenderung dibangun dalam tempo yang singkat karena sifat dari kayu yang cenderung portable. Beberapa konsultan merekomendasikan pembangunan rumah minimalis dari material kayu dilakukan dengan pola knock down atau bongkar pasang.

Dengan model seperti ini, dalam proses pembangunannya, maka tinggal merakit setiap bagiannya karena desain dan ukuran sudah disesuaikan sebelumnya. Pengerjaan jadi lebih praktis dan relatif cepat sehingga turut membantu menghemat biaya pembuatan.

Bahan bangunan rumah
gunakan kayu yang berkualitas sebagai bahan bangunan rumah Anda – diminimalis.com

2. Pilih material kayu terbaik sesuai peruntukkannya

Untuk Anda yang mengalami kesulitan dalam memilih kayu, pertimbangkan terlebih dahulu mengenai kebutuhan bangunannya.

Misal, sebagai penyangga rumah, Anda bisa menggunakan kayu jati yang terbukti sangat kokoh dan tahan lama. Sedangkan untuk dindingnya, Anda dapat menggunakan kayu bengkirai.

3. Pertimbangkan apakah akan dibuat satu lantai atau dua lantai

Anda juga perlu mempertimbangkan apakah akan membuatnya menjadi satu atau dua lantai. Hal ini tentu terkait dengan faktor biaya dan jangka waktu pengerjaan rumah.

Jika Anda membangun rumah dua lantai, maka tingkat kesulitan pembuatannya juga akan berlipat. Anda perlu memastikan kekuatan penopang pada lantai satu benar-benar maksimal.

4. Berkomitmen dalam Perawatannya

Ketika rumah kayu Anda sudah jadi, Anda harus benar-benar disiplin untuk merawatnya. Ini karena material kayu sendiri rentan lapuk saat musim kemarau dan lembab saat musim hujan.

Lakukan perawatan dari mulai dinding, tiang, hingga lantainya. Untuk merawat lantai kayu sendiri tidak sama dengan lantai dari keramik, sebab karakter kayu yang tidak bisa disamakan dengan kemarik dan lain-lain.

Selain itu, bila suatu saat ada indikasi kerusakan, maka segeralah untuk menanganinya. Jangan dibiarkan begitu saja agar kerusakan tidak bertambah parah dan menjalar kemana-mana.

Alangkah baiknya Anda selalu membersikan dengan treatment khusus seperti memberikan cairan anti rayap. Hal ini bisa dilakukan saat Anda tengah membersihkan bagian-bagian yang rentan oleh serangan rayap. Dengan berkomitmen pada pola perawatan yang benar maka rumah Anda tersebut akan awet bertahun-tahun.

Pada prinsipnya, membuat rumah minimais dari kayu itu cukup mudah, asalkan Anda tahu bagaimana mengatur perencanaannya. Selain itu, kedisiplinan dalam menjaga kebersihan serta kondisi kayu juga bagian penting lainnya yang mempengaruhi keawetan rumah minimalis kayu Anda.

Mungkin itu saja dulu ulasan dari kami tentang tips membangun rumah minimalis kayu untuk dijadikan hunian. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN19072021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.