Menyulap hunian pribadi menjadi berkonsep ala timur tengah memang gampang-gampang usah. Karena kita tahu bahwa gaya desain rumah minimalis gaya timur tengah sedikit banyak memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Jika Anda jadi berniat mengadopsi gaya desain rumah minimalis timur tengah pada hunian Anda, penerapannya bisa pada beberapa ruangan penting. Seperti pada ruang tamu, kamar tidur, dan ruang makan. Atau kalau tidak mau tanggung bisa sekalian bangun dari nol dan duplikasi konsepnya secara keseluruhan.

Karena memang tidak mudah, sebaiknya Anda pahami dulu karakteristik yang biasa ada pada desain rumah minimalis gaya timur tengah.

Ciri Khas Rumah Minimalis Gaya Timur Tengah

Rumah yang ada di negara-negara timur tengah selalu punya ciri khas tersendiri. Tidak jauh beda dengan gaya rumah di masing-masing daerah di Indonesia. Ciri khas hunian gaya timur tengah bisa dilihita secara jelas dari mulai bagian luar [eksterior] hingga ke dalamnya [interior]. Kira-kira apa saja cirinya, yuk kita buat daftarnya berikut ini.

1. Berdinding tebal dan kokoh

Kebanyakan rumah minimalis gaya timur tengah, selalu punya ciri khas yang mudah dikenali, salah satunya adalah pada dindingnya yang tebal dan kokoh. Ciri ini seolah menunjukkan bahwa hunian ala negara-negara Arab memang cukup kuat, gagah, dan aman untuk berlindung.

2. Interior semi terbuka

Jika anda sudah pernah mendapati rumah minimalis gaya timur tengah secara langsung, maka pasti kebanyakan ada ruangan khusus semi terbuka. Biasanya, ruangan-ruangan khusus yang dibuat semi terbuka ialah seperti teras dan ruang keluarga. Meskipun ada juga yang diterapkan pada ruang tamu.

3. Warna kecoklatan

Rasanya bukan sebuah rahasia lagi jika rumah minimalis bergaya timur tengah selalu didominasi oleh warna-warna kecoklatan. Sepertinya warna ini memang sudah menjadi ciri khas mengingat negara-negara disana terkenal dengan padang pasirnya. Perpaduan warna kecoklatan dengan nuansa padang pasir inilah yang mungkin bertujuan agar warnanya tetap blended.

4. Ornamen lengkung

Pada desain yang lebih detail, Anda bisa mengamati di beberapa bagian tertentu seperti pintu, jendela, atau bagian lain dalam ruangan. Ornamen yang membentuk lengkungan ini sudah menjadi ciri khas rumah minimalis gaya timur tengah sejak dulu. Jika ingin tahu seperti apa modelnya, bisa browsing di internet ya.

5. Gorden yang menjuntai

Salah satu elemen motif arab yang jadi pembeda rumah gaya timur tengah adalah adanya gorden atau tirai pada jendela dan pintu masuk. Ada kalanya juga gorden ini dipasang pada bagian tertentu untuk menunjukkan kesan hunian bak istana kerajaan Arab.

6. Tambahan elemen eksterior

Terakhir, ciri khas pada rumah minimalis gaya timur tengah adalah adanya tambahan elemen eksterior berupa tanaman. Ya, tanaman yang menunjukkan kekhasan di negara timur tengah seperti pohon palem, kurma, dan lainnya perlu ditanam di taman rumah agar kesan identik lebih terasa.

Konsep Penting Membangun Rumah Minimalis Gaya Timur Tengah

Rumah minimalis gaya Timur Tengah masih menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian arsitek untuk dieksplorasi. Ketika kemudian diintegrasikan dengan kosnep hunian tropis sebagaimana kita tinggal, ini akan menjadi suatu desain yang unik dan mengsankan. Inilah yang membuat kekhasan desain rumah gaya timur tengah tak pernah habis untuk digali dan selalu cocok untuk disatukan dengan konsep lain.

desain rumah minimalis gaya timur tengah, desain rumah gaya arab, rumah bergaya timur tengah
Interior urmah dengan gaya Timur Tengah – diminimalis.com

Meski rumah gaya Timur Tengah identik dengan tampilan yang mewah bak kerajaan, namun bukan berarti untuk merancangnya butuh budget yang besar. Karena, untuk mengkonsep gaya timur tengah model minimalis cukup dengan menduplikasi hal-hal yang identik saja. Jika berhasil maka hasilnya akan mampu memberi kesan hunian yang anti mainstream..

Ketika Anda mampu memadukan gaya megah ala timur tengah menjadi sebuah hunian minimalis yang manis, maka nuansa elegan otomatis akan Anda dapatkan. Hanya saja Anda perlu mengadakan kebutuhan material yang secara kualitas di atas rata-rata rumah pada umumnya. Tujuannya agar tidak hanya sekedar jadi namun juga punya nilai estetika lebih.

Konsekuensi lainnya adalah akan ada beberapa sekat yang dirancang di antara ruang terbuka. gaya sekat yang tebal inilah yang nantinya memerlukan material tambahan.

Kabar baiknya, Anda bisa mencoret kebutuhan meja-kursi sehingga bisa mengefisienkan penataan ruangan. Bagian atap tidak menuntut adanya plafon modern, justru bagian lantai yang nantinya perlu dimeriahkan aneka karpet dengan aksen kontras.

Penerapan Konsep Minimalis Gaya Timur Tengah pada Ruangan

Bagi Anda yang tertantang untuk merancang desain rumah minimalis ala timur tengah pada rumah Anda saat ini, Anda bisa mulai dengan menentukan ruangan mana yang akan diubah. Saran dari kami ada tiga ruangan yang ssepertinya cukup pas untuk diterapkan gaya minimalis timur tengah, yaitu sebagai berikut :

Ruang Tamu

Mulanya, budaya timur tengah memang mengistimewakan sajian untuk para tamu. Tentu saja ini berefek pada desain ruang tamu yang cenderung mewah dan megah.  

Agar bisa mengimbangi suasana kesan glamor dan belebihan terhadap ruangan lain dalam rumah, Anda bisa memadukannya dengan nuansa tropis untuk memberikan kesan asri.

Bila Anda ingin lebih simpel, pada bagian dinding bisa dipasangi wallpaper sesuai corak dan tema yang Anda inginkan.  Selain praktis, Wallpaper akan memudahkan Anda apabila sewaktu-waktu ingin menggantinya dengan tema baru.  

Pada bagian dinding yang tidak dilapisi wallpaper, Anda bisa mencoba dengan memainkan warna cat natural yang bisa dikombinasikan dengan warna khas hunian timur tengah.

Ruang tamu ini juga bisa dibuat berkonsep lesehan. Anda bisa menambahkan hiasan karpet ruang tamu yang motifnya mirip dengan yang biasa dipakai pada hunian Timur tengah.

Kamar Tidur

Ruang tidur merupakan bagian yang paling bisa dieksplor lebih dalam untuk menguatkan nuansa Timur Tengah. Banyak pernak-pernik yang bisa Anda pasang untuk dapat merasakan feel-nya.  

Penggunaan kayu pada kamar tidur mampu melekatkan nuansa negeri 1001 malam. Lagi-lagi Anda bisa menyiasati penggunaan kayu yang biasanya butuh cost besar dengan menggunakan wallpaper bermotif kayu sesuai keinginan.

Sedangkan untuk bagian gorden, Anda bisa memilih jenis yang bergelombang dengan ujung-ujungnya yang menjuntai. 

Ruang Makan

rumah minimalis gaya timur tengah, desain rumah gaya arab, rumah bergaya timur tengah
Ruang makan lesehan ala Timur Tengah – diminimalis.com

Desain timur tengah tak akan lengkap tanpa mendekor bagian ruang makannya. Ini penting karena hampir setiap rumah di timur tengah mendesain ruang makan sebaik mungkin untuk memanjakan tamu-tamunya. Karakter desainnya akan lebih kuat lagi apabila diterapkan tema ruang makan lesehan klasik.

Salah satu furniture yang paling menonjol pada ruang makan, yaitu lampu dinding model kolosal untuk ditempelkan pada salah satu sisi ruangan. Ciri khas ruang makan ala timur tengah adalah adanya karpet tebal dengan penyajian hidangan pada nampan lebar.

Namun begitu, bila Anda tetap ingin menggunakan meja dan kursi, tempatkan meja dengan ukuran lebar agar tetap memiliki sisa ruang untuk menempatkan nampan berisi aneka buah-buahan.

Pada prinsipnya, cukup mudah untuk mengadopsi gaya rumah minimalis gaya timur tengah. Tidak hanya terbatas pada tiga contoh penerapan di atas, jika Anda mau bereksplorasi ruangan lain juga bisa. Tentu saja harus siapkan budget yang lebih besar ya.

Mengadopsi desain rumah minimalis gaya Timur Tengah ke dalam rumah ternyata tidak serumit yang dibayangkan ya. Jika Anda mau pasti ada jalan. Semoga berhasil. (ls) editted by RN20032021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *