Batu alam merupakan salah satu material yang mampu membuat tampilan rumah Anda terlihat natural dan gagah. Rumah minimalis dengan aplikasi batu alam di bagian depan merupakan upaya yang tepat bagi Anda untuk memberikan nuansa megah pada rumah minimalis Anda. 

Anda bisa mencoba untuk menggunakan batu solid ataupun non solid pada bagian eksterior rumah. Batu solid umumnya digunakan pada bagian eksterior maupun interior. Salah satu diantaranya adalah batu andesit beserta batu pacitoroso. Sementara itu untuk batu non solid sendiri lebih diutamakan pada bagian interior yang tak terkena sinar matahari langsung. Batu palimanan dan parasjogja sangat tepat untuk bagian interior.

Rumah Minimalis dengan Aplikasi Batu Alam yang Memberikan Nuansa Natural pada Hunian Anda

Rumah Minimalis dengan aplikasi Batu Alam, pagar Rumah Minimalis dengan Batu Alam, model batu alam terbaru, rumah minimalis batu alam tampak depan
Rumah minimalis dengan aplikasi batu alam pada bagian depan – diminimalis.com

Batu alam memang cocok menjadi salah satu alternatif dalam menghias bagian depan rumah dengan gaya minimalis. Lantas bagaimana tips dan cara untuk mengaplikasikan penggunaan batu alam tersebut? Anda bisa menyimaknya di bawah ini.

Menyesuaikan dengan Tema

Untuk eksterior bagian depan rumah bergaya minimalis, batu alam dengan warna kalem dan soft serta mempunyai tekstur yang polos merupakan pilihan yang tepat. Sementara itu untuk rumah dengan gaya tradisional dapat menggunakan batu candi, salagedang, ataupun batu belah.

Namun apabila Anda menginginkan rumah minimalis dengan aplikasi batu yang kuat, batu alam sabak dapat menjadi solusinya. Batu alam ini sangat baik untuk pondasi bangunan Anda dan mudah ditempelkan untuk pelapis dinding. Sedangkan, apabila Anda menginginkan batu yang tahan terhadap cuaca, jamur, dan lumut. Anda dapat menggunakan batu alam andesit.

Teknik penyusunan pada batu alam juga berbeda-beda. Ada teknik penyusunan yang terdapat pada batu alam susun sirih yang dapat menghasilkan tekstur bagus dan unik. Ada juga teknik penyusunan menggunakan cladding. Dimana menggunakan beberapa warna sekaligus yang kemudian di susun secara acak atau berurutan.

Memilih Jenis Batu Alam

Rumah minimalis dengan aplikasi batu alam memang memberikan kesan yang alami. Terdapat beberapa jenis batu alam yang dapat Anda gunakan.

1. Batu Templek

Batu ini memang sangat populer dari sejak zaman dulu. Batu ini mempunyai keunggulan harga lebih murah dibandingkan dengan batu andesit. Anda dapat menggunakannya dengan pola acak agar hasilnya tampak mewah. Apalagi jika digunakan untuk bagian eksterior rumah, akan tampak indah saat terkena hujan akan tampak seperti baru selesai coating.

2. Batu Andesit

Batu ini terkenal dengan batu yang tahan terhadap cuaca dan anti lumut. Tidak heran apalagi batu ini diaplikasikan untuk mempercantik rumah minimalis Anda. Anda dapat menggunakannya di dinding bagian luar atau dalam rumah.

3. Batu Hijau Sukabumi

Seperti namanya batu hijau sukabumi berasal dari Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Keuntungan dari batu ini adalah batu yang menghasilkan kesan kontras yang baik. Selain itu, batu ini dapat digunakan untuk diaplikasikan dinding, kolam, dan pilar.

4. Batu Candi

Batu candi mempunyai sifat non solid yang akan lebih cocok apabila diaplikasikan pada rumah bagian interior. Tak heran banyak yang memilih batu ini dibandingkan dengan batu lainnya karena memiliki kesan yang alami dan menyejukkan. Namun, apabila Anda ingin mengaplikasikan batu ini di eksterior rumah alangkah baiknya untuk melakukan coating terlebih dahulu.

5. Batu Koral Sikat

Rumah minimalis dengan aplikasi batu koral sikat dapat menimbulkan keran estetika. Ini karena batu ini mempunyai warna dan corak yang variatif. Harga yang ekonomis tidak mengherankan jika batu ini sangat ramah untuk semua kalangan.

6. Batu Granit

Batu yang terakhir yang cocok untuk melengkapi rumah minimalis Anda adalah batu granit. Batu ini mempunyai kesan yang mewah dan natural. Sangat cocok untuk diaplikasikan pada eksterior rumah Anda.

Menyesuaikan Anggaran

Rumah Minimalis dengan Batu Alam, pagar Rumah Minimalis dengan Batu Alam, model batu alam terbaru, rumah minimalis batu alam tampak depan
Batu alam yang serasi dengan tema fasad yang tinffi – diminimalis.com

Dalam tahapan rencana perancangannya, Anda juga menyesuaikan anggaran. Ini karena semakin solid batu alam yang akan digunakan, harganya pun akan semakin mahal. Jenis desain dan cara pemasangannya pun juga berimbas pada anggaran yang harus dikeluarkan.

Untuk itu, alangkah baiknya Anda melakukan survei supaya dapat melihat harga-harga yang tertera sehingga dapat mengefisienkan anggaran dalam merancang aplikasi batu alam pada rumah minimalis Anda. Anda dapat mengecek terlebih dahulu melalui toko bangunan sekitar Anda atau toko online.

Rumah minimalis dengan aplikasi batu alam mempunyai beberapa daftar harga yang tertera secara online yaitu batu alam andesit napoli full 15×30 cm seharga Rp135.000. Batu alam andesit susun sirih tempel lem merah putih ukuran 20×40 cm seharga Rp135.000. Batu alam andesit bakar 30×30 cm seharga Rp115.000. Batu alam andesit napoly seharga Rp115.000 dan batu alam andesit bakar 10×10 cm seharga Rp75.000.

Memilih Bahan Pelengkap

Bahan batu alam pun perlu Anda cermati dan pertimbangkan. Tidak hanya itu, untuk memakai batu alam pada bagian depan rumah dengan gaya minimalis ini, Anda tentu harus memikirkan bahan-bahan pendukung yang perlu dipakai seperti semen PC, pasir beton, semen dhesive, air dan batu alam sendiri.

Selain itu, untuk membuat hiasan dengan menggunakan batu alam pada bagian depan rumah semakin terlihat menarik. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memakai bahan coating atau pelapis yang berfungsi untuk melindungi tampilan bagian eksterior tersebut.

Merawat Batu Alam pada Hunian

Ada beberapa tips rumah minimalis dengan aplikasi batu alam yang harus Anda perhatikan.

1. Membersihkan dengan bahan yang lembut

Pertama-tama yang harus Anda perhatikan saat melakukan pembersihan adalah menggunakan material yang lembut seperti spons, kain lembut, atau sikat yang lembut. Anda dapat melakukan pembersihan dengan cara memutar, ini dilakukan untuk menghindari permukaan batu alam yang tergores.

2. Memilih cairan yang baik

Langkah selanjutnya adalah memilih cairan yang baik untuk membersihkan batu alam. Bahan yang dapat digunakan yaitu air yang dicampur dengan sabun berPH netral. Anda juga bisa menggunakan campuran air dengan tambahan sedikit amonia atau pemutih.

3. Mentemprot dinding

Rumah minimalis dengan aplikasi batu alam terkadang terdapat kotoran yang melekat dan sulit dihilangkan. Anda dapat membersihkannya dengan menyemprotkan dengan air keras dari bagian atas ke bawah. Namun, jika kotoran yang menempel terlalu membandel Anda dapat menggunakan alat bantu sikat atau kuas untuk merontokannya.

4. Memeriksa Coating

Langkah selanjutnya adalah ketika batu alam sudah kering, Anda dapat memeriksa coating pada batunya. Apabila masih bagus, maka langkah pembersihkan sudah selesai. Namun jika coating terkelupas, Anda dapat melakukan proses coating ulang sebanyak tiga lapis pada batu alam.

Demikian ulasan kami rumah minimalis dengan aplikasi batu alam pada hunian Anda. Ansa bisa membaca artikel kami tentang fasad batu alam menjadikan rumah minimalis Anda tampak gagah. Semoga bermanfaat. (Is) editted by AL200221.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *