Tips Cari Rumah Kontrakan Minimalis yang Tepat untuk Mahasiswa

Usaha kos/kontrakan sekarang sudah menjamur dimana-mana, bahkan sampai ke pelosok desa. Tidak heran, untuk menemukan rumah kontrakan minimalis pun sekarang sudah cukup mudah karena banyak yang menawarkannya. Namun, apakah semudah itu mendapatkan rumah kontrakan yang nyaman?

Ternyata tidak, sebab rumah kontrakan biasanya serba terbatas. Entah dari ukurannya yang pas-pasan hingga fasilitasnya yang serba kurang untuk aktivitas sehari-hari.

Nah, untuk Anda yang sedang cari rumah kontrakan minimalis tidak perlu bingung. Kalau untuk mencarinya mungkin Anda lebih tahu ya, karena bisa via daring iklan di facebook atau info di jejaring online lainnya.

Untuk itu, di edisi kali ini, kami tidak akan banyak membahas soal trik berburu info kos/kontrakan. Namun lebih ke bagaimana agar Anda bisa mendapatkan kontrakan yang sesuai harapan dengan menerapkan beberapa tips dari kami.

Pentingnya Memilih Rumah Kontrakan yang Nyaman dan Tips Mendapatkannya

Bagi Anda  terutama para mahasiswa yang memutuskan untuk hijrah ke luar kota, sebaiknya siapkan penginapan selama studi jauh-jauh hari. Kenapa? Karena bisa jadi akan butuh waktu dan tenaga untuk menemukan yang paling pas dan nyaman untuk ditinggali.

Mengapa penting menyiapkan kos/kontrakan? Karena nantinya Anda jadi tidak perlu repot atau bingung dalam mengurus segala sesuatunya termasuk memenuhi barang-barang yang belum ada.

Sekarang ini sudah banyak kok rumah kontrakan minimalis yang disewakan. Memang ada yang petakan ada juga yang satu rumah minimalis utuh. Nah jika Anda adalah salah satu yang baru peratama kali mau ngekos/ngontrak bisa jadi perlu trik menemukan info kontrakan.

Berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan agar setidaknya mendapatkan informasi kos yang diinginkan.

1. Survei

Opsi pertama jika Anda baru pertama kali mau ngekos, sebaiknya survei terlebih dahulu info rumah kontrakan di Nyenderan kota yang dituju. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah mengantongi nama-nama teman atau kenalan saudara yang berdomisili disana.

Dengan begitu Anda bisa lebih cepat menemukan rumah kontrakan yang tepat karena bisanya rekomendasi orang terdekat adalah yang terbaik.

2. Cari via online

Saat ini untuk mendapatkan informasi apapun sudah serba mudah. Termasuk untuk urang cari kontrakan/kos. Nah, untuk menemykan rumah kontrakan minimalis yang cepat bisa Anda usahakan via online. Bisa melalui grup di facebook atau mencari langsung di Google. Sudah banyak kok yang memasarkan sewa kos/kontrakan lewat media online. Anda tinggal aktif di facebook dan sempatkan untuk memilah dan memilih kos/kontrakan terbaik.

Kontrakan Rumah Minimalis, Kontrakan Rumah Minimalis untuk mahasiswa, tips mencari Kontrakan Rumah Minimalis
Mencari rumah kontrakan minimalis perlu dipertimbangkan dengan matang dan cermat – diminimalis.com

Tips Mendapatkan Rumah Kontrakan Minimalis Terbaik

Khususnya bagi Anda yang sedang/akan merencanakan studi di luar kota, sebaiknya pikirkan hal-hal terkait tempat tinggal secara matang agar tidak menyesal kemudian. Kontrakan dan kostan sebenernya merupakan dua akomodasi yang berbeda.

Biasanya kontrakan memiliki sistem pembayaran per tahun, sedangkan kostan bisa per bulan atau kurang. Pada kesempatan kali ini Diminimalis akan mengulas tips mencari rumah kontrakan minimalis yang ideal khususnya untuk mahasiswa.

1. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya

Anda bisa memperoleh beragam informasi soal rumah kontrakan yang disewakan baik melalui kerabat, sahabat, media cetak maupun elektronik. Selanjutnya Anda bisa menyortir mana yang berada pada urutan teratas sebagai kontrakan pilihan.

Pertimbangkan banyak hal sekaligus seperti lingkungan, spesifikasi dan fasilitasnya, strategis atau tidak, serta harga yang diberlakukan.

2. Pilih lokasi terbaik

Salah satu hal yang mempengauhi harga kontrakan tersebut adalah lokasinya. Jika kontrakan tersebut berada di lokasi yang stategis dan mudah dijangkau maka dapat dipastikan harga sewanya agak mahal. Sebaliknya, jika cukup ke dalam maka biasanya dibanderol murah dan bisa nego.

3. Lakukan survei lokasi di beberapa tempat

Mencari sewa rumah kontrakan minimalis lain selain yang sedang Anda incar juga tak kalah penting. Sebab ini bisa menjadi alternatif ketika Anda tidak cocok atau tidak betah dengan yang saat ini sedang diincar. Saat survei lokasi, hal yang jadi fokus terpenting adlah lingkungan.

Bandingkan suasana kontrakan di lingkungan A dan B, apakah aman kondusif atau tidak. Dengan menyimpan beberaoa opsi tempat maka Anda bisa dengan mudah memilih salah satunya saat ada masalah ketidak cocokan.

Kontrakan Rumah Minimalis, Kontrakan Rumah Minimalis untuk mahasiswa, tips mencari Kontrakan Rumah Minimalis
perhatikan struktur, warna dan tipe rumah kontrakan minimali Anda cari – diminimalis.com

4. Perhatikan bentuk atau struktur bangunannya

Ketika Anda menjumpai sebuah rumah apalagi untuk dikontrakan, kesan pertama yang muncul adalah bentuk atau struktur eksteriornya. Nah, untuk rumah kontrakan pun demikian.

Dengan melihat tampilan luarnya, Anda bisa menilai apakah kontrakan tersebut layak huni atau tidak. Perhatikan mulai dari atap, plafon, pintu gerbang, halaman depan dan juga parkir.

5. Bila perlu kenali pemilik kontrakan dengan baik

Anda perlu mengenal pemilik kontrakan lebih dalam. Perhatikan setiap mimik atau gesture yang ditunjukkan, apakah terlihat kurang peduli, terkesan mempermudah atau justru mempersulit Anda. Terkadang, kontrakan juga ada peraturannya. Jika terlalu ketat dan justru berseberangan dengan keinginan Anda sebaiknya pertimbangkan untuk pilih yang lain.

6. Bandingkan harga dan jangan langsung ‘deal’

Saat Anda seolah-olah terdesak untuk segera menempati rumah, Anda memutuskannya secara cepat tanpa memikirkan konsekuensi di akhirnya termasuk soal harga. Itulah pentingnya memilih kontrakan jauh-jauh hari sebelum membawa barang keperluan.

Jika punya waktu agak banyak, Anda bisa membandingkan harga satu kontrakan dengan kontrakan lainnya. Sesuaikan juga harga yang ditawarkan dengan kondisi bangunan rumah.

7. Cek sumber air

Air menjadi salah satu kebutuhan yang tak kalah penting untuk aktivitas rumah tangga sehari-hari. Ketersediaan air jernih dan sehat sudah seharusnya menjadi salah satu pertimbangan utama saat Anda mengontrak rumah kontrakan. Pilihlah kontrakan dengan sumber air yang terkelola dengan baik agar kebutuhan air harian Anda terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Mengontrakkan Rumah Minimalis untuk Investasi, begini Caranya

8. Pilih kontrakan sesuai kebutuhan

Tentukan luas kontrakan yang dibutuhkan oleh Anda, berapa jumlah ruang kamar dan ruangan lainnya. Apakah Anda menyukai kontrakan dengan gaya tradisional atau modern? Apakah Anda ingin memiliki kontrakan dengan bentuk sesuai keinginan atau tinggal di komplek pekontrakanan dengan bentuk yang seragam?

Anda tak boleh gegabah dalam mengambil keputusan, sebab suatu saat malah bisa merepotkan Anda. Alangkah baiknya Anda buat rincian mengenai tipe kontrakan yang Anda butuhkan, spesifikasinya seperti apa dan fasilitas yang sudah tersedia apa saja.

Cermati kondisi dan kualitas seluruh area sekitar kontrakan. Bila menemukan kekurangan atau kecacatan yang mengganggu maka bisa segera dinegosiasikan dengan pemilik kontrakan. Entah memperoleh potongan harga, servis perbaikan, atau pembatalan transaksi.

Jadi bagaimana, susah atau gampang mencari rumah kontrakan minimalis di daerah yang Anda incar? Semoga berhasil mendapatkan rumah kontrakan minimalis sesuai impian ya.

Mungkin itu saja dulu ulasan dari kami tentang tips mencari rumah kontrakan minimalis terbaik khususnya untuk Anda para mahasiswa. Semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN07042021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.