Desain Rumah Kayu Minimalis Modern, Ciptakan Hunian Bernuansa Alam yang Elegan

Di zaman modern seperti sekarang ini, apa-apa harus serba mengikuti tren termasuk soal membuat rumah hunian. Rumah kayu minimalis dianggap sebagai desain yang kuno dan terlalu kedaerahan. Padahal, di beberapa negara, justru rumah dari bahan kayu punya nilai keistimewaan tersendiri. Banyak dipakai sebagai material hunian villa yang harga jual/sewanya bisa fantastis daripada hunian bermaterial batu bata, semen.

Keuntungan yang diperoleh dari punya rumah minimalis bermaterial kayu tidak hanya sekedar tampilannya yang elok dilihat. Namun dari sisi kenyamanan tinggal selama menghuninya juga layak dipertimbangkan.

Bandingkan dengan rumah biasa dari susunan batu, semen, dan material bangunan lainnya, dengan kata lain rumah bergaya modern. Rumah kayu lebih enak dihuni karena sirkulasi suhunya lebih stabil. Ini tentu jadi pilihan tepat terutama jika Anda tinggal di daerah bersuhu panas seperti di kota-kota besar.

Jadi kira-kira apa saja keuntungan dari memiliki rumah minimalis kayu selain di atas? Yuk mari kita list.

Berbagai Keuntungan Menghuni Rumah Kayu Minimalis

Setidaknya beberapa poin sudah disinggung di atas bahwa ada banyak keuntungan yang akan Anda peroleh dari memiliki konsep desain rumah kayu sederhana minimalis. Secara garis besar, berikut ini beberapa keuntungan utamanya:

1. Kenyamanan hunian

Memiliki rumah dari material kayu selalu ada kesan natural yang muncul. Dampaknya apa pada kenyamanan rumah?

Dengan suasana alami yang dimunculkan, ada hal yang bisa diambil. Diantaranya yaitu suasana ruangan dalam rumah lebih adem dan sejuk sehingga sangat cocok untuk Anda yang mendambakan ketenangan.

2. Investasi jangka panjang

Meski terbuat dari material non batu, rumah kayu punya standar sendiri bisa menjadikannya sebagai investasi. Meski saat membuatnya mungkin butuh biaya mahal. Namun, harga jualnya juga sudah pasti selalu naik asal dirawat dengan baik.

Ini bisa Anda jadikan investasi jangka panjang sebagai villa atau penginapan yang prospektif jika tidak Anda pakai sendiri, bukan?

3. Anti mainstream

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa masih jarang yang mempertahankan desain rumah kayu minimalis sebagai hunian saat ini. Jadi, jika anda mengadopsinya maka termasuk yang anti mainstream dan lain daripada yang lain.

Banyak orang suka hal-hal yang tidak asal ikut tren. Jika rumah kayu Anda berhasil dibangun dengan tampilan dan kualitas yang bagus, bukan tidak mungkin Anda akan jadi pesohor dan berciri khas di daerah Anda.

Kenapa Jarang yang Membuat Rumah Kayu Minimalis?

Saat ini, desain rumah kayu minimalis sudah cukup jarang ditemui, apalagi di kota metropolis. Penyebabnya sangat beragam dan salah satunya dikarenakan langkanya bahan baku kayu. Kalaupun tersedia biasanya mahal di pasaran. Terlebih, jarang yang mau repot saat mengatur pola desainnya.

Meski begitu, ada beebrapa alternatif lain yang bisa Anda usahakan untuk membuat rumah minimalis dari kayu milik Anda jadi lebih dari sekedar hunian. Yang jelas, material bangunan dari kayu tetap pas dan jadi pilihan terbaik untuk rumah minimalis Adna.

Nah, bagi Anda yang khususnya mempunyai space tidak terlalu luas, jika menginginkan hunian bernuansa natural, Anda dapat menggunakan konsep desain rumah kayu minimalis ini. Karena kabar baiknya, rumah dari kayu bisa juga dibuat dua lantai atau lebih.

rumah kayu minimalis
miniatur rumah kayu – diminimalis.com

Alasan Lain Kenapa Sebaiknya Pilih Rumah Minimalis Kayu

Rumah kayu sederhana merupakan pilihan terfavorit para pencinta hunian natural. Salah satu faktornya ialah biaya pembuatan rumah kayu minimalis yang mudah dikalkulasi.

Apalagi, rumah berbahan dasar kayu sebetulnya memiliki rasa nyaman lebih dibanding yang berbahan batu dan semen. Sebab kayu bisa menjadi reduktor panas dan dingin yang baik. Anda tidak akan terlalu kepanasan ketika musim kemarau dan kehangatan akan Anda dapatkan saat musim dingin datang.

Masyarakat kelas atas merupakan pengguna terbanyak model rumah kayu minimalis. Biasanya di Indonesia disulap menjadi model rumah panggung minimalis, sedangkan di luar negeri modelnya sangat beragam hal ini dikarenakan rumah berbahan dasar kayu masih memiliki banyak peminat, berbeda dengan Indonesia.

Kombinasi antara unsur modern dan klasik merupakan konsep model yang paling banyak digunakan dalam pembuatannya. Namun jika Anda menginginkan nilai tambah pada bangunan rumah, penambahan furnitur kayu berkonsep tradisional dapat Anda tambahkan. Harmonisnya perbaduan material kayu dan susunan kayu yang berjejer rapi menjadi keindahan tersendiri.

Warna yang unik dan perbedaan pada semerbak bau khas yang keluar dari kayu mengharuskan Anda memperhatikan dalam pemilihannya. Pemilihan yang salah akan mengakibatkan konstruksi rumah menjadi tidak tahan lama dan mudah lapuk. Dari itulah pilih kayu yang benar-benar sempurna keringnya sehingga tidak mudah lapuk dan tidak ketinggalan juga kayu harus dioles dengan anti rayap dan kutu.

Konsep Desain Rumah Kayu Minimalis Modern

rumah kayu minimalis
lantai parket – diminimalis.com

Pemakaian material lantai dari bahan parket menjadi masif digunakan pada konsep rumah kayu modern. Pencahayaan rumah biasanya menggunakan lampu plafon downlight serta pemilihan partisinya berbahan kayu berdesain jelas dan bergaris dominan.

Pembuatan rumah kayu minimalis modern serta eco friendly dapat anda siasati dengan cara mengkombinasikan material kayu dengan bata pada sebagian dinding. Perpaduan material kayu dan bata akan menjadikan bertambah indah dan kokohnya konstruksi rumah Anda.

Rumah berbahan kayu cenderung hangat pada musim hujan dan lebih adem ketika musim kemarau tiba. Sifat kayu yang tidak tahan air perlu Anda siasati agar tidak cepat rusak terutama pada bagian eskterior. Anda bisa melapisinya dengan cat rumah kayu berbahan dasar minyak agar saat terkena air tidak meresap sehingga kayu tetap awet.

Meskipun Anda memiliki rumah kayu minimalis sederhana yang terlihat biasa saja namun jika penataan dan perawatannya dilakukan dengan tepat akan menjadikannya istimewa. Rumah kayu minimalis baik satu atau 2 lantai bisa didesain dengan mudah. Selamat mencoba (am.). editted by RN13032021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.