Rumah Joglo Mengapa cocok untuk Gaya Rumah Minimalis?

rumah joglo minimalis klasik - diminimalis.com

Rumah joglo merupakan desain rumah tradisional yang tergolong unik. Meski model  joglo memiliki banyak kelebihan, namun banyak orang masih ragu untuk menggunakannya sebagai desain rumah. Alasannya, karena desain rumah joglo identik dengan lahan yang luas dan tampilannya susah disesuaikan dengan gaya rumah minimalis modern. Di satu sisi, model joglo identik dengan tanah yang luas karena bangunannya terdiri dari beberapa bagian menyambung jadi satu. Sedangkan di sisi lain, sedikitnya ketersediaan lahan, membuat desain rumah joglo tidak mudah untuk diaplikasikan pada rumah minimalis.

 rumah joglo, rumah joglo modern, arsitektur rumah joglo, manfaat rumah joglo, rumah minimalis klasik sederhana, rumah minimalis klasik 2 lantai, rumah minimalis klasik terbaru, rumah minimalis klasik modern, rumah klasik modern
Model joglo pada rumah minimalis klasik – diminimalis.com

Rumah Joglo Mengapa cocok untuk Gaya Rumah Minimalis?

Rancangan joglo tradisional yang masih outentik, umumnya sudah berumur puluhan tahun pada masa dimana ketersediaan lahan masih melimpah. Namun luasnya rumah joglo bukan semata-mata karena faktor ketersediaan lahan di masa lalu. Karena sebenarnya desain joglo memiliki banyak kelebihan dan manfaat bagi para penghuninya.

desain rumah joglo minimalis, rumah minimalis klasik sederhana, rumah minimalis klasik 2 lantai, rumah minimalis klasik terbaru, rumah minimalis klasik modern, rumah klasik modern
rumah dengan gaya joglo minimalis – diminimalis.com

Sebagaimana kita tahu, desain rumah bergaya joglo memiliki banyak kelebihan. Dan tak melulu harus didirikan di lahan yang luas. Kenyataannya banyak rumah joglo yang juga bisa dibangun di lahan minimalis. Berikut diminimalis sajikan beberpa contoh desain rumah joglo dengan konsep minimalis-modern.

Konsep joglo sendiri merupakan warisan budaya jawa yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan sangat pantas untuk dilestarikan. kelebihan dari rumah dengan gaya joglo ada pada rancangan pasak dan sambungan yang bersifat kcnock down. Setiap sambungan yang ada pada rumah joglo tersebut didesain supaya mampu memperkuat sambungan lain yang berada di dalamnya, sehingga tingkat kekuatannya lebih terjamin dan Anda pun bisa merasa nyaman saat berada di dalam rumah joglo tersebut.

Salah satu ciri khas rumah dengan arsitektur joglo tradisional adalah adanya ruangan yang disebut dengan pendopo. Ruangan ini bisa kita fungsikan sebagai ruang tamu sekaligus ruang santai keluarga. Pilarnya tidak harus berasal dari kayu jati sebagaimana yang umum digunakan pada pendopo tradisional, namun kita bisa membangun pilarnya dengan cara konvensional menggunakan cor semen. Kemudian kita bisa memberi ornamen kayu pada bagian luar pilar tersebut. Dengan modifikasi yang tepat seperti ini, tentunya akan menghasilkan tampilan yang luar biasa pada rumah minimalis klasik Anda.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang kelebihan rumah bergaya joglo. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang kelebihan rumah adat minangkabau, di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Rumah adat minangkabau, filosofi dibalik pendiriannya

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.