Adanya program rumah Instan Indonesia menjadi semacam inovasi baru di dunia konstruksi pembuatan hunian.

Jika dulu untuk membangun rumah bisa memakan waktu berbulan-bulan, kini bisa lebih cepat karena ada cara praktis untuk membangun rumah dengan ringkas dan murah.

Sesuai namanya, rumah instan Indonesia adalah program pembangunan rumah yang diinisiasi oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR bekerjasama dengan pihak swasta.

Ada juga yang dikerjakan oleh swasta dan ditawarkan oleh mereka langsung tanpa menggandeng tangan pemerintah.

Kembali ke konsep rumah instan yang sedang kita bahas, yang mana rumah instan berarti komponen-komponen pembangunnya sudah dipersiapkan oleh pabrik. Tinggal menyiapkan lokasi dan tenaga pembangun, setelah diproses, rumah pun siap berdiri bahkan hanya dalam hitungan hari.

membangun rumah instan, bangun rumah instan, membangun rumah instan risha, rumah instan domus
dinding rumah instan sudah berdiri dalam hitungan hari – diminimalis.com

Jenis Rumah Instan Indonesia

Saat ini sudah banyak pihak yang mengembangkan rumah instan, 2 produk yang terkenal adalah Domus dan RISHA.

Rumah Instan DOMUS

Domus adalah produk dari PT. Tata Logam Lestari yang mana pihak perusahaan mengklaim bahwa produk rumah instan ini bisa dibangun hanya dalam waktu 5 hari saja.

Menurut Harsono Mintono selaku Manager PT. Tata Logam Lestari, Domus merupakan sebuah produk rumah permanen instan yang telah lama dikembangkan.

Berikut ini beberapa keunggulan rumah instan DOMUS yang tidak ditemui pada jenis lainnya bahkan rumah biasa.

Budget pembangunan jauh lebih murah

Pihak PT Tata Logam Lestari berujar bahwa produk rumah instan Indonesia miliknya ini bisa dijadikan solusi untuk membangun rumah dengan harga yang jauh lebih murah dari biasanya.

Tentunya ini jadi kabar baik bagi siapapun yang menginginkan kecepatan pengerjaan dengan budget yang seminimalis mungkin.

Hasil bangunan rumah terlihat presisi dan tahan gempa

Meskipun pembangunan rumah instan bisa dilakukan dengan cepat, bukan berarti hasilnya tidak bagus atau asal jadi.

Justru hasilnya bisa dibilang bagus, bentuknya sangat presisi, dan yang terpenting tahan terhadap guncangan gempa.

Proses pembangunan ramah lingkungan tanpa bahan kayu

Rumah instan Indonesia DOMUS ini juga dikenal ramah lingkungan karena dari proses instalasi tidak banyak bahan bangunan yang terbuang alias semua sudah diperhitungkan secara rinci.

Selain efisien dari proses pembangunan awal, juga tidak ada bahan baku yang menggunakan bahan dasar kayu sehingga bisa dikatakan sangat memperhitungkan keramahan terhadap lingkungan sekitar.

Cara Mendirikan Rumah Instan Domus

Rumah Instan Minimalis, membangun rumah instan, bangun rumah instan, membangun rumah instan risha, rumah instan domus
sambungan antar panel rumah instan – diminimalis.com

Mendirikan rumah instan Domus caranya terbilang sangat sederhana. Dimulai dari lokasi yang hendak dibangun, tukang akan menyiapkan rangka yang terbuat dari bahan baja ringan.

Rangka tersebut meliputi rangka kuda-kuda, rangka plafon, genteng dan cladding.

Setelah itu, pada bagian dinding, ditempel bata ringan untuk membentuk konstruksi tembok. Setelah dinding sudah dibangun, maka selanjutnya diberi plafon gypsum, jendela, dan pintu.

Terakhir, dilakukanlah finishing layaknya membangun rumah pada umumnya seperti memberi keramik, memberikan plesteran dinding, dan juga pengecatan.

Sayangnya semua proses pembangunan rumah instan ini masih membutuhkan tenaga tukang yang berpengalaman. Sehingga, tidak sembarang tukang bisa membangun gaya rumah instan ini.

Rumah Instan RISHA

Rumah Instan RISHA adalah rumah model knock down hasil penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) yang bekerja sama dengan PT. Indocement.

Satu produk rumah instan untuk tipe 33, diklaim bisa diselesaikan dalam waktu tiga hari saja.

Keunggulan dari desain rumah instan RISHA ini kurang lebih hampir sama dengan DOMUS. Yang membedakan hanya pada proses dan cara pembangunannya saja yang sedikit ada perbedaan.

Proses pembangunan rumah instan RISHA bisa dilakukan secara mandiri oleh calon pemilik rumah tanpa harus mengandalkan tukang profesional.

Hal ini karena komponen-komponennya terbuat dari panel-panel beton yang terbagi dalam tiga kategori sesuai fungsinya yaitu, panel struktur, panel dinding, dan panel kusen.

Panel-panel ini dipasang sedemikian rupa hanya dengan menggunakan mur dan baut tanpa semen. Cara memasangnya pun cukup mudah jika mengikuti instruksi yang ada.

Bahkan ibarat kata, orang yang awam dengan dunia konstruksi pun bisa melakukannya. Aplikasinya mirip seperti memasang lego pada mainan anak-anak.

Baca juga: Kegunaan Semen Instan untuk Mengefisienkan Pembangunan Rumah

Kesimpulan:

Rumah instan Indonesia yang belum lama ini digencarkan untuk dipakai oleh sebagian kalangan masyarakat, produknya ada beberapa.

Salah dua yang terkenal adalah DOMUS dan RISHA yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Namun yang jelas, konsep rumah instan Indonesia ini bisa jadi solusinya sulitnya proses membangun rumah.

Ditambah beratnya budget yang harus dikeluarkan karena pengerjaan yang memerlukan waktu berminggu-minggu. Rumah instan Indonesia ini jelas bisa jadi solusi terbaik saat ini.

Mungkin demikian saja ulasan dari kami tentang konsep rumah instan Indonesia dari DOMUS dan RISHA. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN05102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *