Masing-masing orang tentu punya karakteristik dan penilaian tersendiri tentang rumah idaman. Ada yang suka dengan hanya satu lantai tapi berdiri di atas lahan yang luas dan banyak kamar. Ada juga yang suka dengan gaya minimalis 2 lantai, rumah berkonsep tumbuh dan tidak banyak ruang melebar horizontal.

Semuanya memang sesuai dengan selera masing-masing. Namun meski begitu, model rumah yang banyak diminati setidaknya punya ciri standar. Dimulai dari gaya dasar rumahnya, pewarnanaannya, interior dan eskterior hingga kondisi lingkungannya.

Jadi sebetulnya karakteristik sebuah rumah jika dikaitkan dengan konsep yang diidamkan tentu saja selalu relatif. Namun setidaknya setiap orang bisa menggambarkan rumah yang diidam-idamkannya dengan penjelasan yang simpel.

Konsep Umum untuk Sebuah Rumah Idaman

Keinginan setiap orang dalam memiliki rumah impian berbeda. Inilah yang menjadikan setiap rumah terkesan unik dan menampilkan sesuatu yang berbeda. Karena masing-masing semacam punya imajinasi untuk menyulap interior dan eksterior rumah minimalis.

Jadi, jika Anda membangun dari nol, Anda setidaknya harus mengerti betul konsep desain seperti apa yang diinginkan agar sesuai dengan karakter Anda.

Inilah yang menjadi penyebab sebagian orang, terutama bagi yang baru pertama kali membangun rumah, sering mengalami kebingungan. Tidak punya gambaran dalam menentukan konsep apa yang akan dipakai pada bangunan rumah impiannya.

Orang yang sudah biasa berkecimpung di dunia properti pun bisa jadi masih kesulitan dalam menentukan tema yang cocok saat merenovasi sebuah rumah. Harus diasah terus menerus dan dibutuhkan jam terbang tinggi agar tahu konsep yang tepat.

rumah idaman
rumah impian – diminimalis.com

Tips Mewujudkan Rumah Minimalis Idaman yang Sesuai Karakter Diri

Konsep desain rumah sendiri sangatlah banyak, mulai dari gaya minimalis hingga berdesain klasik modern. Konsep desain rumah tersebut pastinya akan memudahkan Anda dalam menentukan rumah idaman yang sesuai harapan. Namun, bagi Anda yang masih kebingungan dalam menentukan pilihan, Anda bisa simak poin-poin yang perlu difokuskan berikut ini.

Detail rumah

Anda harus memperhatikan dengan seksama setiap bagian di rumah Anda untuk dijadikan fokus ketertarikan. Setiap detail arsitektur rumah akan sangat mempengaruhi Anda dalam meletakan furnitur ataupun elemen dekoratif di dalamnya.

Pada luasan interior saja misalnya, ruangan yang luas tentunya akan terlihat lebih menarik dengan furniture maupun aksesoris berukuran besar di dalamnya. Berbeda dengan rumah minimalis modern yang cenderung berukuran kecil, tentu tidak mungkin menaruh perabot terlalu besar di dalamnya agar ruangan tidak terkesan sempit.

Jadi, disinilah pentingnya mengatur dalam dan luar rumah untuk mendapatkan kesan hunian yang sesuai dengan keinginan.

Sistem Pencahayaan

Karakter rumah idaman Anda juga akan sangat bergantung pada sistem pencahayaan yang tepat. Pencahayaan bisa didapat dari bukaan rumah alami yang sudah ada maupun dari lampu. Anda harus pintar-pintar memanfaatkan bukaan rumah yang ada agar karakter rumah bisa terlihat jelas pada siang hari.

Pada malam hari, karakter rumah idaman Anda bisa dimunculkan lewat permainan cahaya lampu. Anda bisa meletakan lampu dengan jenis yang berbeda pada titik tertentu untuk menciptakan kesan yang berbeda. Lampu sorot atau lampu LED pada rak buku bisa di gunakan untuk mengesankan dramatis pada area tersebut.

Konsep Pewarnaan

rumah idaman
mewarnai rumah – diminimalis.com

Cara termudah untuk memunculkan karakter rumah yang sesuai impian Anda adalah dengan mengkombinasikan permainan warna, baik dinding maupun furniture nya. Sangat membosankan sekali tentunya jika rumah yang Anda huni hanya memiliki satu warna saja.

Anda bisa mengeluarkan kreativitas dan imajinasi yang tersimpan dan Anda terapkan pada pemilihan warna dinding dan perabot rumah Anda.

Jika Anda memiliki karakter yang ceria dan semangat, warna-warna cerah bisa menjadi pilihan terbaik. Namun, jika Anda lebih menyukai susana rileks dan segar, warna pastel tentunya sangat cocok.

Pada dasarnya, untuk mewujudkan rumah idaman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain tentu saja ada banyak kriteria yang masing-masing orang pasti berbeda. Namun setidaknya secara umum bisa dikerucutkan bahwa rumah yang diidamkan tidak jauh-jauh dari bagusnya setiap bagian rumah, pemilihan warna yang pas, dan sistem sirkulasi serta pencahayaan yang sehat. Bukan begitu?

Kalau begitu, selamat menyulap rumah Anda jadi hunian yang sesuai impian ya. Semoga rumah idaman Anda bisa segera terwujud tanpa harus bersusah payah mengeluarkan biaya banyak. Semoga bermanfaat dan salam diminimalis (am). editted by RN01062021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *