Tips Punya Rumah Idaman Sederhana dengan Budget Minim

Baru menikah dan langsung ingin punya rumah idaman sederhana? Anda bisa wujudkan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti yang akan kami bahas di artikel ini.

Tentu saja memang tidak mudah untuk memiliki rumah idaman secara instan apalagi jika tanpa perencanaan yang matang. Di tengah fluktuasi neraca perdagangan dimana harga-harga bahan pokok termasuk material makin mahal maka memetakan penggunaan budget jadi sangat penting.

Sebenarnya ada dua pilihan jika ingin punya rumah, mau beli jadi di perumahan atau bangun dari nol. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan tentu saja, namun semua tidak ditentukan oleh apapun selain persiapan budget yang harus matang.

Menilai plus minus dari membeli rumah atau membangun dari nol harus dipahami sejak awal agar nantinya tidak stuck di tengah jalan. Membeli rumah melalui pengembang berpotensi macet di angsuran jika tidak dilakukan perhitungan. Meski mengangsur ada saatnya penggunaan uang harus dibagi untuk hal yang darurat kan?

Begitupun dengan projek membangun rumah dari nol, pada prinsipnya sama saja, Anda harus menyiapkan kemungkinan terburuk apabila suatu saat mengalami kendala dana, sementara pembangunan belum selesai. Untuk itulah penting sekali untuk memahami berbagai hal dari awal seperti yang akan diminimalis bahas kali ini, jadi silakan lanjutkan membaca.

Membuat Rumah Impian Sederhana Semudah Apa? Punya rumah idaman sederhana memang hal paling diimpikan oleh kebanyakan pasangan yang baru menikah. Inginnya, sudah tidak lagi lajang ingin menikmati ‘dunia’ rumah tangga berdua saja. Sah-sah saja jika menginginkan hal tersebut karena itu juga menunjukan kesiapan untuk hidup mandiri seusai menikah.

Rumah idaman sederhana
Rumah idaman sederhana – diminimalis.com

Dalam hal mendapatkan rumah idaman, orang berbeda-beda sudut pandangnya termasuk bagaimana mewujudkannya. Bagi orang yang mendapatkan gaji setiap bulannya dari kantor, biasanya lebih memilih mendapatkan rumah dengan jalan membelinya lewat pengembang yang mana pembayarannya bisa diangsur.

Namun, bagi yang berpenghasilan tidak menentu, biasanya lebih senang membangunnya sendiri mulai dari nol. Meski memang harus menunggu waktu lama jika tabungannya belum mencukupi.

Rumah idaman sederhana di desa atau di kota?

Anda bisa saja membangun rumah minimalis murah yang diidamkan di desa maupun di kota. Rumah yang terletak di kota maupun di desa masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Jika Anda senang dan nyaman berada di lingkungan yang sejuk, asri dan tenang, rumah idaman sederhana di desa pilihannya.

Rumah idaman di kota juga menawarkan kelebihannya dengan kemudahan akses untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari.

Namun, satu hal penting yang tidak boleh terlewat dari perhatian Anda adalah kesiapan untuk mendapatkan rumah idaman tersebut, tak perduli mau di desa ataupun di kota. Sebagai gambaran Anda dalam mendapatkan rumah idaman sederhana minimalis, berikut 4 hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya.selamat menyimak.

Biaya

Uang memang bukanlah segalanya, namun tanpa uang Anda tidak akan dapat membeli sesuatu. Tak terkecuali dalam hal memiliki rumah idaman, ketersediaan dana atau biaya menjadi wajib untuk diusahakan.

Jika Anda terkendala dengan masalah ini, diminimalis sarankan pilihlah rumah model ‘tumbuh’, agar kedepannya bisa disesuaikan dengan ketersediaan biaya yang dimiliki. Saat Anda sudah ada anggaran, Anda bisa melanjutkan pembangunan rumah kembali.

Kenyamanan

Kami yakin jika Anda memiliki rumah pastinya ingin ditempati selama mungkin, bahkan kalau bisa seluruh anak keturunan Anda bisa menempatinya. Harapan tersebut tentunya berhubungan erat dengan rasa nyaman di dalamnya.

Bagaimana mungkin rumah yang tidak nyaman bisa Anda tempati dalam waktu lama, ingin segera pindah tentunya. Jadi, perhatikan faktor kenyamanan baik dari sisi lingkungan maupun kondisi rumah tersebut.

Fasilitas

Poin ini masih ada hubungannya dengan poin sebelumnya. Kenyamanan saat menghuni rumah idaman sederhana tentunya salah satunya dipengaruhi oleh ketersediaan fasilitas di dalamnya.

Fasilitas yang ada tidak perlu yang berharga mahal, lebih penting menyesuaikan kebutuhan yang ada. Kemudahan Anda dalam menggunakan fasilitas tersebut juga patut dipertimbangkan. Belilah furniture untuk mengisi interior ruangan secukupnya saja agar budget bisa dialokasikan untuk hal lain.

Serahkan pada Ahlinya

Rumah idaman sederhana
jasa arsitek – diminimalis.com

Anda akan sangat memerlukan jasa seorang yang ahli dalam urusan properti, jika Anda termasuk awam dalam hal ini. Mintalah masukan kepada arsitek yang Anda percaya sebagai pertimbangan saat membangun ataupun membeli rumah.

Jika ingin membangun rumah dari nol, desain rumah pun bisa Anda konsultasikan dengan ahli bangunan agar didapat desain yang sesuai dengan keinginan dan karakter Anda.

Baiklah mungkin itu saja ulasan singkat dari kami tentang beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar rumah idaman sederhana yang diimpikan segera terwujud. Salam diminimalis dan semoga bermanfaat. (am) editted by RN 13052021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.