Tips Mudah Mewujudkan Rumah Hemat Energi ala Diminimalis

Di era sekarang, listrik menjadi salah satu kebutuhan paling vital untuk sebuah hunian. Lihat saja hampir tidak ada barang-barang di rumah yang tidak membutuhkan sumber listrik dalam pengoperasiannya. Di balik maraknya kebutuhan listrik, setidaknya kampanye pribadi mewujudkan rumah hemat energi harus tetap diusahakan. Bisa dilakukan mulai dari cara yang paling sederhana; mematikan lampu atau alat listrik sesaat setelah selesai digunakan.

Dengan langkah kecil itu setidaknya kebutuhan akan energi listrik di bumi jadi tidak turut dihemat. Namun selain itu, ada juga beberapa ide yang bisa Anda terapkan untuk membantu menghemat energi tentunya. Usaha itu dalam bentuk penambahan elemen khusus, kita akan bahas beberapa diantaranya. Namun sebelum itu mari kita awali dengan mendiskusikan soal pentingnya berhemat energi listrik di rumah.

Pentingnya Mengkampanyekan Rumah Hemat Energi Mulai dari Diri Sendiri

Energi sendiri adalah sesuatu yang tersimpan dalam perut bumi yang bisa dimanfaatkan untuk membantu kebutuhan manusia. Hampir semua jenis cadangan energi yang ada di alam memiliki batas waktu tertentu dalam pemakaiannya. Oleh karenanya, jika Anda dalam menggunakan energi tidak memperdulikan sumber dayanya maka bahayanya dalam jangka panjang, berpotensi habis dan mengancam seluruh umat manusia.

rumah hemat energi
rumah hemat energi – diminimalis.com

Listrik sebagai salah satu sumber energi tak terbarukan, memerlukan penghematan dalam setiap penggunaannya. Fakta bahwa hampir tidak ada rumah yang tidak memanfaatkan listrik sebagai penunjang aktivitas rumah harus benar-benar disadari. Semuanya perlu, mulai dari pencahayaan ruangan, mengisi daya ponsel, hingga nyala alat eletronik besar, listrik sudah menjadi elemen yang tak tergantikan dalam kehidupan.

Nah, supaya konsep rumah hemat energi tercapai, maka diperlukan berbagai upaya kecil yang konsisten. Langkah kecil yang sangat mudah dipraktekkan oleh siapapun adalah mematikan lampu ruangan sesaat setelah digunakan, membuat lebih banyak bukaan ruangan agar cahaya masuk dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahasnya di bawah ini.

Penunjang Konsep Rumah Hemat Energi

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat energi penggunaan listrik di rumah. Salah satunya adalah dengan mengandalkan bukaan jendela/ventilasi agar tetap terang saat siang hari. Kita yang tinggal di daerah tropis, diuntungkan dengan melimpahnya sinar matahari.

Pencahayaan sinar manatahari inilah yang sangat bisa digunakan untuk mengurangi penggunaan listrik saat pagi-sore hari. Anda hanya cukup mendesain rumah Anda dengan konsep terbuka agar matahari bisa masuk ke dalam ruangan tanpa terhalang.

Meski begitu, pada daerah tropis seperti di Indoesia ini, suhu ruangan juga biasanya akan tetap panas. Untuk itu, Anda bisa menyiasatinya dengan beberapa cara seperti berikut ini.

1. Terapkan ventilasi silang

Ventilasi model ini bekerja dengan memanfaaatkan perbedaan tekanan udara di dalam ruangan yang dihasilakan dari penambahan lubang pada titik tertentu. Dengan perbedaan tekanan udara itulah, udara di dalam ruangan akan bersirkulasi dengan udara dari luar yang lebih segar.

Namun untuk efektivitas dan manfaat ventilasi jenis ini lebih terasa, soal peletakkan, model, dan  juga ukuran perlu Anda perhatikan. Anda bisa cari di google atau Youtube untuk pengaplikasiannya.

2. Tambahkan insulasi atap

Rumah berplafon biasanya cenderung lebih cepat panas dikarenakan udara dari atas terperangkap di ruangan antara atap dan plafon. Untuk mengatasi ini, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat bukaan atau ventilasi pada sopi-sopi di bagian atas. Nantinya, elemen insulasi ini akan menjadi semacam tempat keluarnya udara panas dari atap sehingga kondisi ruangan lebih sejuk. Ada cukup banyak referensi model dan bahan insulasi atap yang bisa dipilih. Sesuaikan dengan budget saja karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

3. Alternatif; tambahkan menara angin

Di Indonesia, penggunaan menara angin memang belum sepopuler di Eropa dan Amerika. Jadi, praktis ini adalah hal yang baru. Menara angin sendiri dibuat menggunakan prinsip hukum bernoulli yang menyatakan bahwasannya udara mengalir dari tekanan yang tinggi ke tekanan yang lebih rendah.

Perlu diketahui bahwa udara di dalam rumah memiliki tekanan yang lebih tinggi dari pada di luar. Sehingga, dengan adanya menara angin ini, udara yang ada di dalam rumah menjadi dengan mudah keluar.

4. Buat plafonnya lebih tinggi

Jika memungkinkan, desainlah ruangan dengan plafon yang jarak ke lantai cukup tinggi. Jarak yang jauh antara plafon dengan lantai akan memberikan ruang yang cukup agar suhu udara dapat turun lebih cepat. Tinggi ideal plafon dari lantai agar diperoleh kesejukan yang maksimal adalah 3 m.

5. Kombinasi warna pastel pada dinding

Permainan warna pada dinding juga turut andil dalam menunjang kesejukan ruangan lho. Anda bisa memilih warna-warna pastel yang lembut untuk dinding interior rumah Anda. Warna biru dan hijau pastel bisa menjadi pilihan terbaik yang akan menyejukkan dan menenangkan siapapun dalam ruangan tersebut.

6. Adopsi material alam

bahan bangunan
memilih bahan bangunan – diminimalis.com

Bahan material dari alam memang sudah lama dikenal mampu berkontribusi menjadikan ruangan terasa lebih sejuk. Bahan seperti kayu, bata, dan batu alam bisa menjadi pilihan terbaik sebagai bahan penyusun dinding rumah. Selain akan tampak natural, penggunaan material dari alam juga akan menjadikan model rumah hemat energi jadi tampak lebih natural. Kesan rumah ramah lingkungan juga akan menonjol dari hunian Anda.

Enam hal di atas sebetulnya sudah sangat mungkin untuk Anda terapkan di rumah minimalis Anda. Membuat rumah hemat energi tidak harus dengan banyak biaya keluar. Cukup dengan trik-trik sederhana saja sudah cukup. Jika enam elemen penunjang di atas berhasil Anda tambahkan dengan sempurna, maka tidak perlu lagi bingung bagaimana sebuah rumah hemat energi itu bekerja.

Mungkin itu saja ya ulasan singkat tentang tips mewujudkan rumah hemat energi dan elemen yang harus ada sebagai penunjangnya. Mudah-mudahan pembahasan kali ini bermanfaat dan juga bisa menjadi bahan referensi Anda dalam mewujudkan rumah hemat energi versi Anda sendiri. Salam diminimalis (am). Editted by RN06022021

1 thought on “Tips Mudah Mewujudkan Rumah Hemat Energi ala Diminimalis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.