Desain Rumah Gaya Santorini, Wujudkan Hunian Sederhana Ala Eropa

Rumah bergaya desain Santorini nampaknya masih menjadi salah satu primadona bagi para pecinta rumah minimalis. Gaya ini menjadi bagian penting dari kekayaan desain hunian modern saat ini.

Desain rumah gaya santorini ini santer digadang-gadang sebagai cara efektif menyederhanakan sebuah rumah. Tak jarang yang masih antusias untuk menjadikan gaya desain rumah yang satu ini sebagai hunian utama.

Apalagi jika dipadukan dengan konsep tata ruang gaya modern saat ini. Tentu hasilnya akan jauh lebih sempurna.

Meski demikian, kebanyakan penerapan gaya rumah minimalis ini untuk area di pinggir kota. Tidak lain karena rumah gaya Santorini ini punya kekhasan tersendiri yang sekaligus memadukan tema alam.

Karakter Klasik Desain Rumah Gaya Santorini

Asal muasal rumah gaya Santorini sendiri berasal dari negara Yunani. Desain ini memiliki sebuah struktur hidup berupa bangunan sederhana yang bisa beradaptasi dengan semua kondisi alam.

Ciri khas dari bangunan yang mengeruk sisi dinding tebing ini adalah pada pesona konstruksinya yang menawan. Selain itu, putih juga menjadi warna ynag dominan dengan aksen biru di beberapa sudut rumah dan atapnya.

rumah gaya santorini, desain rumah gaya santorini, desain rumah santorini adalah
Pintu dan jendela warna biru menjadi ciri khas rumah bergaya Santorini – diminimalis.com

Gaya bangunan rumah ini sendiri pertama kali ditemukan di kepulauan Santorini, Yunani. Karena model bangunan berasal dari daerah tersebut maka model rumah inipun dinamai sesuai dengan nama daerah tersebut.

Gaya rumah yang letaknya berada di tepian laut Mediterania ini memang bergaya simple dan memiliki ornament yang terkesan sederhana.

Meskipun demikian, rumah gaya Santorini ini tetap memiliki daya tarik yang mempesona jika dibandingkan dengan gaya rumah yang ada saat ini.

Ciri Khas Rumah Gaya Santorini Sederhana Namun Elegan

Jika diperhatikan dengan lebih seksama, rumah bergaya Santorini tidak dilengkapi dengan siku. Dinding rumah dibentuk dengan menggunakan semen dan pasir yang halus.

Karena terbuat dari semen dan pasir yang halus, rumah gaya Santorini sangat ideal digunakan pada daerah yang banyak terkena sinar matahari. Kombinasi semen dan pasir halus tersebut akan membuat sinar matahari mudah terserap.

Rumah dengan gaya Santorini biasanya menggunakan warna biru sebagai warna dinding interiornya. Sementara bagian luarnya lebih opsional namun tetap yang paling ideal adalah warna biru juga.

Tidak hanya persoalan warna, rumah gaya Santorini juga punya cir khas lain. Yaitu adanya tambahan berbagai tanaman yang diletakkan di dalam rumah.

Mengadopsi Gaya Desain Rumah Santorini ke dalam Ruangan

Berikut ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh Anda jika ingin membangun rumah dengan gaya Santorini:

  • Pintu pada rumah bergaya Santorini dibuat dengan model setengah lingkaran pada bagian atas pintu. Pintu dicat dengan menggunakan warna biru sebagai identitas khusus rumah bergaya Santorini.
rumah gaya santorini, desain rumah gaya santorini, desain rumah santorini adalah
Pintu dan jendela warna biru menjadi ciri khas rumah bergaya Santorini – diminimalis.com
  • Bangku yang digunakan menggunakan jenis ubin yang menyatu dengan dinding. Pada bagian sikunya dibuat melengkung sehingga bentuknya terlihat lebih estetis. Model bangku ini tidak memberikan pilihan agar tidak terlalu mudah memindahkan bangku di dalam rumah.
  • Jendela dibuat dengan feminim dan berukuran hampir sama dengan tinggi dinding. Ukuran jendela yang besar memberikan kesempatan udara untuk masuk ke dalam ruangan dengan jumlah yang lebih banyak.
  • Tangga dibuat dengan menggunakan dua warna cat pilihan, abu-abu dan putih.
  • Membuat dinding terkesan berlubang. Model dinding yang berlubang merupakan ciri utama rumah yang ada di Santorini. Dinding yang berlubang tersebut dapat dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan.

Selain hal-hal penting yang harus diperhatikan selama membangun rumah dengan gaya Santorini di atas, Anda dapat melengkapi rumah dengan furniture yang terbuat dari semen.

Meja dan bak air merupakan beberapa furniture yang terbuat dari semen dan melengkapi model rumah Santorini. Pilih pula jenis tanaman yang sesuai dengan gaya rumahnya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tanaman yang ada di rumah bergaya Santorini adalah untuk diletakkan di dalam rumah [interior]. Lavender, geranium, rosemary dan oleander merupakan jenis tanaman yang dapat dipilih untuk mempercantik tampilan rumah bergaya Santorini.

Untuk memberikan kesan manis, teras bisa dibuat dengan ukuran yang lebih besar. Ukuran teras yang besar ini nantinya akan mengimbangi ukuran jendela yang ada pada rumah bergaya Santorini.

Pada intinya, untuk membuat sebuah keputusan apakah akan menjadikan gaya santorini sebagai inspirasi desain rumahnya, kita tunggu saja. Prinsip penting dalam membuat rumah gaya Santorini adalah kekhasannya.

Jadi, sebaiknya jangan hilangkan karakter-karakter di atas jika rencana Anda dalam membangun rumah ala Santorini akan diwujudkan.

Baca juga: Rekomendasi Film Bertema Arsitek yang Cocok untuk Arsitektur Muda

Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai tips desain rumah gaya Santorini di atas bisa memberikan sedikit gambaran. Anda dapat menyesuaikan model rumah Anda dengan model bergaya Santorini pada umumnya. (ls) editted by RN20032021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.