Setiap orang tentu ingin sekali tinggal di rumah yang nyaman dan tenang. Bila perlu, punya rumah di pinggir jalan namun suasananya sejuk dan nyaman.

Ditambah lagi, bisa buka usaha pribadi tanpa harus sewa ruko.

Tapi, apakah memiliki rumah di pinggir jalan itu benar-benar menggiurkan? Apa hal lain yang bisa menjadi pertimbangan ketika hendak memilih lokasi hunian?

Pada artikel kali ini kami akan mengulas beberapa hal tentang hal-hal yang mestinya jadi pertimbangan saat hendak memilih lokasi hunian dekat jalan raya.

rumah di pinggir jalan, manfaat rumah di pinggir jalan, rumah minimalis di pinggir jalan
Rumah di pinggir jalan memiliki kelebihan dan kekurangan – diminimalis.com

Plus Minus Memiliki Rumah di Pinggir Jalan

Kali ini diminimalis akan mengulas berbagai kelebihan dan kekurangan ketika Anda tinggal di rumah di pinggir jalan.

Kelebihan:

Ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika memiliki rumah di pinggir jalan raya, diantaranya:

1. Bisa digunakan sebagai tempat usaha dengan pengurusan izin yang relatif mudah

Siapa sangka jika memiliki rumah minimalis di pinggir jalan ternyata bisa menguntungkan dari sisi strategisnya. Yaitu, bisa dimanfaatkan untuk sekaligus tempat usaha rumahan.

Anda bisa membuka usaha apa saja sesuai keinginan dengan riset dulu tentunya. Yang jelas, posisi rumah di pinggir jalan ini menguntungkan jika dibuat sebuah usaha.

2. Mudah untuk mengakses kendaraan umum dan tempat umum lainnya

Karena lokasinya yang dekat dengan jalan raya maka secara logika semakin dekat pula dengan akses angkutan umum. Apalagi, jika memang jalan di depan rumah adalah jalan raya nasional yang dilalui angkutan umum.

3. Bisa disewakan sebagian atau seluruhnya dengan harga tinggi

Selain bisa dimanfaatkan sebagai tempat usaha, bangunan rumah di pinggir jalan juga bisa disewakan. Banyak diantara penyewa rumah pada umumnya mencari hunian sewa yang lokasinya strategis untuk berangkat kerja/sekolah, sehingga rumah Anda akan berpotensi jadi pasif income.

4. Mudah mendapatkan berbagai fasilitas terbaik dibandingkan rumah yang jauh dari jalan raya

Rumah dekat jalan raya juga punya keistimewaan sendiri, yakni bisa mendapatkan faslitas kemudahan akses. Misalnya membutuhkan pertolongan ambulance Rumah Sakit maka bisa lebih cepat.

5. Orang yang mau bertamu tidak akan kesulitan menemukan rumah Anda

Jika Anda punya rumah di pinggir jalan, maka segalanya akan lebih mudah termasuk jika akan ada tamu yang datang. Rumah Anda akan lebih mudah dicari dan dikunjungi.

6. Bisa mempromosikan sesuatu secara efektif dengan memasang reklame atau papan iklan

Punya rumah di pinggir jalan sangat potensial untuk mempromosikan apapun secara masif. Jika Anda punya usaha rumahan dan didukung dengan publikasi yang bagus maka akan lebih bagus.

7. Harganya relatif tinggi bila dijual dan cocok dijadikan sebagai obyek investasi jangka panjang.

Rumah yang lokasinya di pinggir jalan juga bagus jadi aset masa depan. Nilai investasinya terus meningkat mengingat kebutuhan masyarakat modern yang semakin kompleks.

8. Mudah diakses oleh mobil pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran di area tersebut

Bicara keamanan, jika seandainya rumah Anda terjadi kebakaran maka petugas damkar akan dengan mudah menjangkau dan memadamkan api dengan lebih cepat.

Baca juga: Keuntungan tinggal di desa daripada tinggal di kota

Kekurangan:

rumah di pinggir jalan, manfaat rumah di pinggir jalan, rumah minimalis di pinggir jalan
Polusi udara dari jalan raya merupakan resiko memiliki rumah di tepi jalan – diminimalis.com

Selain punya kelebihan, tentu saja tinggal di rumah pingir jalan juga ada kelemahannya yang mana membuat sebagian orang enggan bertempat tinggal di kota.

Berikut ini beberapa kekurangan jika memiliki rumah di pinggir jalan raya.

1. Mendapati polusi udara yang cukup tinggi.

Polusi jadi salah satu momok yang banyak dihindari oleh sebagian besar orang. Meskipun untuk mengatasinya bisa dengan menanam pohon sebagai peneduh dan penyejuk.

2. Suara bising kendaraan yang terus menerus yang dapat mengganggu kenyamanan keluarga Anda

Selain polusi, suara kendaraan yang terus menerus terdengar juga bisa mengganggu. Inilah yang juga menjadi pertimbangan sebagian orang tidak suka dengan menghuni rumah yang lokasinya di pinggir jalan.

3. Banyak kendaraan yang lewat dengan kecepatan tinggi, membuat Anda harus lebih intens mengawasi anak-anak saat bermain di luar rumah.

Banyaknya lalu lintas kendaraan bisa mengancam keselamatan anak-anak Anda. Sebab kita tahu bahwa anak-anak cenderung suka bermain di luar rumah dan jalan adalah salah satu area favoritnya.

4. Nilai jual rumah yang tinggi, membuat nominal pajak bumi dan bangunan yang Ada bayarkan menjadi besar.
5. Rumah di pinggir jalan beresiko tertabrak oleh kendaraan yang lepas kendali
6. Interaksi sosial dengan tetangga kurang intens, dibandingkan dengan rumah yang berada di tengah komplek
7. Lebih sering didatangi sales yang menwarakan bermacam produk, hal ini akan bisa jadi akan membuat waktu istirahat Anda terbengkalai.
8. Anda akan sedikit kesulitan saat membawa keluar atau masuk kendaraan Anda, karena langsung bersinggungan dengan jalan yang ramai dilalui kendaraan lain.

Mungkin itu saja ya ulasan terkait dengan kelebihan dan kekurangan dari memiliki rumah di pinggir jalan. Jika Anda sedang berburu hunian baru untuk ditempati, sebaiknya pertimbangkan hal-hal di atas agar tidak menyesal. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN05092021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *