5 Tips Membuat Rumah dengan Taman Vertikal Bergaya Resor yang Indah

Membuat rumah dengan taman vertikal merupakan alternatif menghias hunian yang unik dan elegan. Namun bagaimanapun juga fungsi taman vertikal tetap tidak bisa menyamai taman konvensional yang lebih mampu mengurangi polusi udara secara maksimal. Meski demikian bukan berarti taman vertikal sama sekali tidak penting untuk dikembangkan di rumah Anda.

Saat ini sudah banyak pilihan tanaman yang cocok ditempatkan di taman vertikal dengan kemampuan sangat baik dalam menyerap partikel kotoran. Pembuatan taman vertikal untuk rumah minimalis sebenarnya sama sekali tidak sulit dilakukan, Anda bisa mencobanya dengan mengikuti ulasan kami di bawah ini.

Rumah dengan Taman Vertikal yang Indah

desain taman vertikal, desain taman vertikal minimalis, cara membuat taman vertikal sederhana, taman vertikal paralon
taman vertikal dengan penataan bunga yang cantik – diminimalis.com

Taman dinding yang sengaja kita ciptakan ini dibutuhkan sebagai ruang hijau dalam menciptakan hunian yang menyejukkan mata khususnya hunian yang memiliki tempat terbatas atau bisa saja memiliki tujuan untuk memanfaatkan dinding-dinding kosong. Dengan begitu dinding yang semula kosong dan tak dimanfaatkan bisa kita ciptakan sebagian lahan penghijauan.

Selain mempercantik dinding-dinding kosong tentunya kita dapat menikmati suasana sejuk dan hijau setiap hari asalkan kita rajin dan tekun dalam memelihara tanaman tersebut. Contoh perawatan kebun vertikal yang harus kita lakukan secara teratur adalah membersihkan daun-daun kering, memberi pupuk secara berkala, membersihkan sistem pengairannya, cara mengganti tanaman dan sebagainya.

Rumah dengan taman vertikal , desain taman vertikal, desain taman vertikal minimalis, cara membuat taman vertikal sederhana, taman vertikal paralon
taman vertikal dengan media cocopeat – diminimalis.com

Media tanam untuk desain taman vertikal juga bervariasi, ada yang dari cocopeat, tali ijuk, dan hanya sedikit yang menggunakan media tanah padahal jika asupan kebutuhan hara tanaman cukup, tanaman yang digunakan untuk taman vertikal masih dapat tumbuh dengan baik.

Jenis Tanaman Taman Vertikal

Untuk jenis tanaman yang digunakan dalam taman vertikal juga beragam. Akan tetapi perlu beberapa syarat, antara lain :

• Pilih tanaman yang mempunyai bobot tidak terlalu berat
• Pilih tanaman yang mempunyai kecepatan tumbuh rendah hingga menengah
• Hindari tanaman merambat dalam membuat taman vertikal
Dari beberapa kriteria yang telah disebutkan di atas, di bawah ini ada beberapa tanaman yang kami rekomendasikan untuk ditanam pada taman vertikal Anda, diantaranya yaitu

Begonia

Tanaman begonia adalah tanaman yang cocok untuk rumah dengan taman vertikal. Tanaman ini dapat tumbuh sumbur dengan berbagai ukuran dan bentuk bunga yang beragam, mulai dari warna putih, merah muda, atau merah. Bunganya mempunyai warna yang cerah dan dapat memberikan splash of color pada taman rumahmu.

Hosta

Hosta merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Asia Timur Laut. Tanaman ini mempunyai pola yang menawan, sehingga akan mempercantik taman Anda. Namun, perlu diingat bahwa tanaman ini hanya dapat tumbuh subur ketika iklim sejuk dan area teduh. Oleh karena itu, sangat cocok untuk disimpan di taman vertikal yang terpapar sinar matahari langsung.

Iris Jepang

Tanaman yang cantik untuk rumah dengan taman vertikal selanjutnya adalah iris jepang. Tanaman ini mempunyai warna yang cantik dan bentuk kelopak yang unik. Tanaman ini mempunyai daun menjuntai, sehingga sangat cocok untuk disimpan di taman vertikal. Anda dapat meletakkan tanaman ini pada sinar matahari langsung agar tumbuh subur.

Hoya

Tanaman hoya adalah tanaman yang berasal dari negara Australia. Tanaman ini mempunyai bunga berwarna putih dan merah muda yang sangat menawan. Bunganya berbentuk pola bintang, semi glossy kemilaunya agak subur karena tertutupi dengan bulu-bulu halus. Tumbuhan ini dapat merambat mencapai 3 meter. Anda dapat meletakkan tanaman ini di dalam atau luar ruangan.

Anggrek

Rumah dengan taman vertikal sangat cocok untuk ditanami bunga anggrek yang mempunyai berbagai variasi dan warna. Daunnya berbentuk oval memanjang dengan tulang daun yang memanjang pula. Sedangkan bunganya tersusun mejemuk yang muncul dari tangkai bunga yang memanjang, muncul dari ketiak daun. Tanaman anggrek ini menyukai sinar matahari, tidak tidak secara langsung sehingga dapat ditanam di dalam ruangan.

Sirih Gading

Sirih gading merupakan tumbuhan rambat yang dikenal dengan warna daunnya yang belang berwarna kuning cerah hingga kuning pucat. Pada bagian pangkal daunnya berbentuk bundar dan bagian ujung satunya meruncing. Anda dapat menanam tanaman ini di dalam pot yang kemudian dapat digantung ditaman vertikal Anda. Anda dapat menanam tanaman ini di dalam atau luar ruangan.

Baby’s Tears

Baby’s tears merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Utara. Tanaman ini terkenal dengan bentuk daunnya yang kecil seperti anak panah. Rumah dengan taman vertikal Anda akan tampak lebih cantik dengan tanaman ini. Namun perlu diingat bahwa tanaman ini cenderung untuk sulit di rawat. Tanaman ini menyukai tanah yang diangin-anginkan dengan baik, cepat dikeringkan dan mengandung lumut dengan jumlah yang banyak.

Tips Membuat Rumah dengan Taman Vertikal

Mempercantik rumah Anda dengan taman vertikal membutuhkan desain yang tepat, agar tampilan pada rumah Anda lebih hidup, sekaligus dapat menghemat lahan. Berikut 5 desain taman vertikal yang cocok untuk hunian Anda.

1. Dinding sebagai Kebun

Dinding yang polos tanpa adanya jendela dapat dibuat lebih menarik dengan tambahan taman vertikal. Anda dapat menggunakan wadah berisi thriller, filler, dan spiller untuk meletakkan vas atau pot dinding. Thiller merupakan tanaman yang terletak lebih tinggi dan mencolok secara visual yang berada di sisi tengah atau belakang wadah.

Filler merupakan tanaman yang berbentuk membulat atau gundukan yang dapat diisi ditengah wadah. Sementara spiller adalah tanaman yang tumpah atau tertinggal di bagian tepinya. Model ini biasanya ditempatkan dekat dengan wadah agar memberi daya tarik alami.

2. Gunakan Tanaman Hias Sukulen

Mayoritas tanaman hias sukulen tahan terhadap kekeringan, sehingga tidak membutuhkan banyak air. Tanaman sukulen ini mempunyai warna, tekstur, dan bentuknya yang unik membuat tanaman ini cocok untuk taman Anda. Agar lebih menarik, Anda dapat membuat variasi dengan memasang kisi-kisi kayu bekas jendela yang kemudian di cat berwarna-warni.

3. Memanfaatkan Barang Bekas

Anda memiliki cukup banyak barang bekas dirumah? Jangan dibuang dahulu. Anda dapat memanfaatkanya untuk membuat wadah/pot tanaman untuk taman vertikal Anda. Anda dapat memvariasikannya dengan menggantungkannya menggunakan monofilamen atau mengikat ke kerangka kayu.

4. Menggunakan Wadah Dinding

Cara untuk mempercantik rumah dengan taman vertikal dapat dilakukan dengan mencoba sistem wadah dinding. Wadah dinding ini nanti akan menjadi media tanam untuk menanam tanaman hias Anda. Wadah ini dapat dipasang dicelah-celah dinding secara vertikal. Nantinya saat wadah sudah tumbuh dengan subur, tanaman akan menutupi seluruh atau sebagian dinding.

5. Taman Bertingkat

Cara membuat rumah dengan taman vertikal yang terakhir adalah membuat taman bertingkat karena halaman yang tidak cukup luas. Taman ini mengarah pada dinding yang ditanami tanaman hias seperti anggrek, pakis, sukulen, dan lainnya. Sementara itu untuk pijakan tangga yang dasarnya adalah tanah, dapat Anda tumbuhi rerumputan.

Demikian ulasan kami tentang menghias rumah dengan taman vertikal yang indah. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang desain taman vertikal artistik percantik rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL220221.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.