Tips Mendekorasi Ruangan yang Cocok untuk Santai

Sejatinya, pada rumah minimalis modern ada banyak ruangan yang cocok untuk santai. Meski harus memodifikasi, menciptakan ruangan yang cocok untuk santai sebenarnya cukup mudah. Sebab, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal cukup ringan seperti mengubah tata letak furniture-nya.

Selain itu, ruangan-ruangan yang dasarnya memang memiliki kesan santai juga tidak sedikit. Ruang keluarga misalnya, bisa menjadi salah satu alternatif ruangan terbaik yang didesain untuk menunjukkan kesan santai. Mari kita bedah seperti apa cara yang tepat untuk membuat ruang keluarga menjadi ruangan yang cocok untuk santai.

Memilih Ruangan yang Cocok untuk Santai

Belakangan ini banyak yang menyukai rumah dengan konsep minimalis modern. Alasannya karena selain efektif dari sisi pemanfaatan ruang, juga tidak memerlukan banyak furniture sehingga lebih hemat biaya.

Kita tahu bahwa prinsip dasar dari konsep minimalis adalah lebih mengutamakan fungsi ketimbang estetika. Dengan demikian, banyak orang dipaksa untuk menghindari penggunaan ornamen atau hiasan rumah yang berlebihan.

Berkaitan dengan menentukan ruangan yang cocok untuk santai, Anda tidak perlu pusing-pusing. Anda bisa mengubah tatanan ruang keluarga dengan model tertentu sehingga didapat ruangan yang lebih representatif untuk bersantai.

Praktis nantinya, Anda tinggal mengotak atik kebutuhan furniture dan ornamennya saja. Nanti kita bahas apa saja furniture yang cocok untuk menunjukkan kesan santai pada ruangan.

Ruangan yang cocok untuk santai dekorasi ruangan untuk santai, desain ruang keluarga minimalis, desain ruang tv sempit, ruang tv sederhana, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, ruang keluarga lesehan, ruang makan sekaligus ruang keluarga
Ruang keluarga yang cocok untuk bersantai – Diminimalis.com

Pertimbangan Penting Dalam Mendekorasi Ruangan yang Cocok untuk Santai

Ruang keluarga adalah salah satu ruangan yang kami rekomendasikan untuk dibuat ruang santai. Ruang ini cocok untuk quality time bersama keluarga, saudara atau teman dekat yang datang ke rumah karena fungsi utamanya memang demikian. Masalahnya sekarang, bagaimana cara mendekorasi ruang keluarga standar menjadi ruangan yang cocok untuk santai tanpa berlebih ataupun kurang furniturenya.

Berikut ini akan kami bagikan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk mendekoasi ruangan yang cocok untuk santai

1. Pertegas konsep ruang keluarga

Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga jadi satu, Desain Ruang Makan sekaligus Ruang Keluarga
ruang makan dan ruang keluarga yang dengan penataan yang apik – diminimalis.com

Sebelum mendekorasi ruang keluarga untuk keperluan santai, Anda perlu mempertegas fungsinya dulu. Tentunya setiap orang merancang ruang keluarga denagn masing-masing tujuan yang berbeda.

Ada ruang keluarga yang digunakan hanya untuk menonton televisi saja, ada juga yang sekaligus digunakan untuk ruang makan. Ada pula yang tidak mengadopsi peralatan elektronik satupun. Dengan mempertimbangkan kegunaannya, tentu akan mudah untuk diketahui sebaiknya konsep dan furniture apa saja yang perlu diusung.

2. Luas ruangan

Untuk mendekorasi suatu ruangan, tentunya Anda perlu mempertimbangkan luas ruangan yang tersedia. Dengan demikian sedari awal berarti sudah bisa menentukan jumlah furniture yang benar-benar dibutuhkan.

Untuk mempercantik ruang keluarga yang akan didekorasi menjadi berkonsep santai juga sama. Jangan sampai furniturenya kurang atau terlalu penuh karena berpotensi membuat ruangan semakin sesak saja.

3. Konsep atau tema ruangan

Sebelum mendekorasi ruangan yang cocok untuk santai, sebaiknya Anda memikirkan terlebih dahulu tema dekorasi yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan tema alam, sejenis flora, atau lainnya. Selain itu, Anda juga perlu menentukan warna apa yang cocok dengan ruangan tersebut.

Untuk mendapatkan kesan santai, coba usung warna yang netral tapi sedikit ceria. Seperti, biru muda, merah muda, abu-abu, dan sejenisnya. Dengan memperhatikan pemilihan warna, maka secara tampilan akan jauh lebih baik.

4. Ukuran furniture

Untuk mendekorasi ruangan, tentunya perlu dipertimbangkan jenis furniture apa yang cocok di ruangan santai. tentunya ukuran furniture harus disesuaikan dengan luas ruangan. Disisi lain, ukuran furniture juga akan berpengaruh dengan banyaknya furniture yang akan digunakan.

5. Fungsi Furniture

Pemilihan furniture tentunya sangat perlu diperhatikan. Usahakan untuk memilih furniture yang multifungsi. Dengan demikian jumlah furniture di ruangan yang cocok untuk santai akan berkurang dan sesuai dengan kebutuhannya.

Ide Penambahan Elemen Dekorasi

Selanjutnya yang perlu Anmda pikirkan adalah menambahkan berbagai furniture uyang memang diperlukan. Berikut ini daftar furniture yang direkomendasikan untuk ada pada ruang keluarga yang akan disulap menjadi berkonesp santai.

Sofa mini

Di ruang keluarga yang terdapat tv, tentunya keberadaan sofa mini ini menjadi penting. Sofa bisa digunakan untuk duduk santai sambil menonton televisi atau bersantai. Jika diperlukan, pada sofa tersebut bisa diletakkan bantal dengan padu padan desain, pola tekstur dan warna yang sesuai.

Anda juga bisa memilih jenis sofa bed model 2 in 1. Dengan kata lain, sofa yang diapdopsi sebaiknya memiliki kasur di bawahnya yang bisa ditarik atau dimasukkan ketika tidak digunakan.

Karpet

ruang keluarga lesehan, ruang keluarga lesehan minimalis, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa
ruang kelaurga lesehan dengan karpet yang indah dan nyaman – diminimalis.com

Penggunaan karpet di sini bisa sebagai alternatif ketika Anda menggunakan sofa biasa, (bukan sofa bed). Adanya karpet, tentu akan membuat interior Anda lebih minimalis. Ruangan menjadi lebih fleksibel digunakan untuk berbagai kegiatan.

Dengan begitu, keluarga Anda akan lebih nyaman untuk bersantai di ruangan tersebut. Selain itu, penggunaan karpet juga meminimalisir penggunaan banyaknya furniture. Karpet juga bisa menjadi andalan ketika Anda ingin menerapkan dekorasi ruang keluarga lesehan.

Kabinet tv

Tentunya furniture yang satu ini merupakan furniture yang wajib ada di ruang keluarga. Usahakan memilih kabinet tv yang ukurannya lebih tinggi dibandingkan dengan sofa. Gunakan hiasan-hiasan yang simple pada kabinet tv akan mempercantik ruang keluarga.

Meja kecil

Meja merupakan furniture yang tidak kalah penting untuk diletakkan di ruang keluarga. Tentunya keberadaan meja ini sangat bermanfaat untuk meletakkan berbagai makanan atau minuman ataupun jenis benda lainnya. Penempatannya bisa didepan sofa ataupun samping sofa yang penting disesuaikan dengan kondisi ruangan.

Lampu gantung

Penerangan tentunya juga perlu ada di ruang yang Anda fungsikan untuk tempat bersantai. Selain sebagai penerangan, dengan memilih jenis lampu gantung juga akan menambah kesan estetika sendiri. Dengan demikian, konsep minimalis tetap dipertahankan dengan memaksimalkan fungsi suatu benda.

Tanaman hias

Untuk memberikan kesan yang alami, Anda bisa meletakkan tanaman hias asli (bukan buatan). Fungsi dari tanaman ini tentunya untuk menjadikan ruang keluarga lebih asri dan menjadi sumber oksigen. Usahakan memilih jenis tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah. Jenis tanaman hias yang bisa dipilih diantaranya, suplir, palem, lidah mertua, bunga anggrek, tillandsia ataupun karet hias.

Itulah ulasan kami tentang ide-ide yang bisa Anda gunakan untuk membuat ruangan yang cocok untuk santai. Bagaimana, tentunya sudah mempunyai ide dan gambaran bukan? Yuk segera realisasikan ide-ide yang terlintas menjadi ruangan yang cocok untuk santai dirumah anda. Selamat berkreasi. (ck) editted by RN04072020


Comment