Ide Membuat Ruangan Kedap Suara Mudah Tercipta Dengan 7 Benda Ini

Ruangan kedap suara biasanya difungsikan agar suara yang ada di dalam tidak terdengar sampai ke luar. Sebaliknya, suara dari luar pun dibuat agar tidak mengganggu aktivitas di dalamnya. Biasanya, ruangan seperti ini sering kita jumpai pada ruangan seperti studio musik atau ruangan khusus operasional mesin.

Ruangan kedap suara

Ruangan kedap suara yang nyaman – diminimalis.com

Kondisi yang tenang dan sunyi memang sering kali dibutuhkan untuk beberapa aktivitas manusia makanya dibuat ruang yang kedap dari suara. Kegiatan membaca dan menulis tentu akan lebih baik jika dilakukan dalam tempat minim suara agar lebih bisa konsentrasi. Saat bersantai memikirkan sesuatu solusi apalagi, pastinya akan sangat membutuhkan ruangan atau tempat yang bebas suara.

Tips Membuat Ruangan Kedap Suara dalam Rumah

Cara membuat ruangan kedap suara dari luar dan dalam tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda bisa saja menggunakan benda-benda yang ada di sekitar Anda untuk membuatnya. Atau jika tidak terlalu detail dan ruangan yang dibutuhkan bersifat semi maka Anda juga bisa memoles beberapa elemen tata ruang rumah.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini kami ulas beberapa benda di sekitar Anda yang bisa digunakan untuk membuat ruangan di rumah menjadi kedap suara. Selamat menyimak.

Lembaran gabus

Gabus merupakan benda terbaik yang bisa Anda gunakan sebagai penyerap suara. Bahan yang elastis dan ringan akan memudahkan Anda dalam penggunaannya. Anda bisa memilih gabus berbentuk lembaran yang nantinya Anda tempatkan pada sekitaran sumber kebisingan. Selain ruangan menjadi kedap, dengan gabus juga bisa menjadikan ruangan senantiasa hangat.

Mencari gabus juga tidak terlalu sulit, apalagi saat ini sudah banyak toko-toko khusus. Anda hanya perlu membeli sejumlah yang Anda butuhkan. Jika ruangan dengan dinding yang cukup luas maka biasanya akan membutuhkan gabus yang lebih banyak. Gabus bisa juga diganti dengan stereofoam yang bisa dibeli di toko-toko alat tulis kantor.

Karpet

Kami yakin Anda semua memiliki karpet di rumah masing-masing. Karpet tidak hanya berfungsi sebagai alas lantai saja namun juga bisa difungsikan sebagai peredam suara. Dinding yang polos tanpa hiasan bisa Anda lapisi dengan material karpet bermotif. Jadi nantinya tidak hanya akan terlihat indah, namun juga bisa menjadi peredam suara kamar tidur Anda.

Tidak harus karpet khusus, Anda bisa memanfaatkan bekas yang masih bisa digunakan. Namun jika ingin menggunakan karpet baru juga tidak masalah. Yang terpenting adalah cari yang daya serap suaranya cukup bagus.

Cat

Siapa sangka bahwa ternyata cat juga bisa dijadikan sebagai amunisi untuk membuat ruangan kedap suara. Meski tidak semua jenis cat dikategorikan demikian, namun saat ini sudah ada cat khususnya.

Adalah salah satu perusahaan cat multinasional tanah air yang mulai memproduksi cat berbahan khusus untuk membantu mengedapkan suara. Nah, ini tentu bisa jadi kabar baik untuk Anda yang ingin membuat ruangan kedap suara dalam rumah tanpa terlalu repot membeli perabotan tambahan ini itu.

Tanaman

Banyak yang mungkin tidak mengira jikalau tanaman itu bisa mengurai kebisingan yang ada di sekitarnya. Tanaman yang banyak memiliki daun sebetulnya baik sekali jika Anda jadikan sebagai peredam suara. Ruangan kedap suara yang Anda ciptakan menggunakan tanaman akan nampak lebih hijau dan segar.

Tirai

Tirai atau gorden memiliki fungsi yang penting untuk menjaga privasi Anda dari luar. Fungsi ini akan bertambah lengkap jika Anda memilih tirai yang sedikit tebal dan lebar. Tujuannya agar tirai ini memiliki fungsi juga sebagai redaman suara dari dalam dan luar rumah. Bentuk dan motif tirai yang menarik bisa Anda gunakan juga sebagai pemanis ruangan.

Lukisan

Anda penggemar seni? Lukisan merupakan benda seni yang disukai oleh banyak orang. Benda ini pun bisa Anda manfaatkan untuk membuat ruangan kedap suara sederhana. Ya, sederhana karena Anda hanya cukup menempelnya di beberapa sudut dinding rumah Anda dan akan Anda rasakan perubahannya.

Rak buku

Sekat ruangan rumah minimalis
rak buku untuk meredam suara – diminimalis.com

Rak berisi penuh buku akan menjadi peredam suara yang baik. Anda bisa menempatkannya merapat ke dinding ataupun sebagai pembatas ruangan.

Gunakan rak buku yang memiliki tinggi sesuai agar hasil yang diharapkan bisa maksimal. Terakhir jangan lupa Anda gunakan door draft atau pelindung udara pada pintu yang terpasang di bagian bawah untuk lebih menyempurnakan usaha Anda.

Pintu dan Jendela

Terakhir, untuk membantu menyempurnakan desain ruangan kedap suara yang sedang Anda rencanakan, Anda perlu juga memoles pintu dan jendela. Bagian mana dari dua elemen tersebut yang perlu disesuaikan agar turut berfungsi sebagai peredam suara?

Untuk pintu, model daun pintu yang tidak terlalu banyak motif ukiran akan bekerja lebih efektif meredam suara dibandingkan yang bermotif. Jadi, Anda bisa mengubah atau jika baru mau dibangun segera rencankan untuk memakai pintu dengan desain solid alias tidak banyak ukiran.

Sementara itu, untuk jendela, disarankan memilih jendela yang di masin-masing tepinya ditambahkan karet. Sekarang ini sudah banyak desain jendela yang di bagian lipatannya sudah ditambah karet untuk membuat suara daun jendela tidak terddengr keras saat ditutup.

Mungkin cukup sekian ulasan kita kali ini mengenai beberapa benda di sekitaran Anda yang bisa digunakan untuk membuat ruangan kedap suara serta tips mudahnya. Benda-benda tersebut tentunya mudah didapat di sekitar Anda dan tipsnya juga gampang dipraktekkan. Selamat mencoba, salam diminimalis (am). Editted by RN25032020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.