Ide Desain Ruang TV Lesehan yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Saat ini, konsep ruang TV lesehan sudah sama menariknya dengan gaya model kursi/sofa. Sebagian besar orang orientasinya sudah tidak hanya sekedar untuk menghemat ruangan semata. Tetapi ada hal lain misalnya demi mengikuti tren kekinian modern saat ini masif.

Nah, lalu seperti apa cara mendesain ruang TV lesehan agar tidak terlalu mainstream? Jika Anda adalah salah satu peminatnya, Anda perlu menerapkkan berbagai ide kreatif. Misalnya yang paling dasar adalah tentang konsep desainnya.

Konsep seperti apa yang akan Anda usung harus dipikirkan, lalu selanjutnya bagaimana memadukan elemen-elemen yang ada dalam ruangan agar ddapat desain dan tampilan yang lebih baik. Jawabannya, mungkin poin-poin yang kan kami sampaikan di bawah ini berguna untuk Anda.

Ruang TV Lesehan Vs Model Sofa  

Ruang TV adalah salah satu ruangan yang penting untuk dimaksimalkan penataannya. Hal ini tidak lepas dari fungsi ruangan yang menjadi sentra berkumpulnya anggota keluarga. Salah satu cara memakasimalkannya adalah dengan mengubah konsepnya agar lebih nyaman saat dipakai.

Semua orang memang bebas memilih apakah akan menggunakan konsep ruang tv dengan sofa atau konsep lesehan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, untuk konsep lesehan, sedikit lebih unggul, yaitu pemanfaatan ruang yang lebih mudah, perlengkapan yang cenderung lebih murah, dan juga suasana hangat yang lebih terasa.

Lesehan tidak selalu identik dengan kesederhanaan dan tradisional. Terlebih lagi jika memilih konsep ruang tv lesehan maka akan membuat rumah tetap terlihat menarik dan modern.

Ruang TV Lesehan, desain ruang keluarga terbuka, menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, ruang tv minimalis modern, desain ruang tv sempit, ruang tv sederhana, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, ruang tamu lesehan ala arab, ruang tv kecil
ruang tv lesehan dengan penataan karpet yang elegan – Diminimalis.com

Ide Gaya Minimalis untuk Ruang TV Lesehan

Untuk Anda yang masih belum tergambar seperti apa saja ide gaya minimalis untuk menata ruangan tv lesehan, Anda bisa meniru beberapa gaya yang sudah ada. Beberapa gaya ini dibedakan berdasarkan penataan perabotan atau perlengkapan yang dibutuhkan. Agar lebih jelas, simaklah penjelasannya berikut ini:

Gaya minimalis ruang tv rumah Jepang

Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang identik dengan lesehan termasuk ruang tv rumahnya. Untuk mewujudkan gaya minimalis khas Jepang, Anda membutuhkan futon dan bantalan kursi sebagai alas. Jangan lupa juga untuk memilih warna yang senada dengan ruangan tv agar konsep ini tidak bersebrangan dengan konsep rumah Anda.

Gaya minimalis ruang tv India

Gaya minimalis ruang tv selanjutnya bernama gaya Baithak dari India. Konsep ini menggunakan tempat duduk jenis low-seaters yang dipadukan dengan bantal sofa. Ciri khas lainnya adalah pemilihan warna yang mencolok dan sentuhan khas etnis India.

Penggunaan karpet yang eyecatching

Menata Ruang TV, Menata Ruang TV yang sempit, ruang tv minimalis modern, ruang keluarga lesehan, ruang keluarga lesehan minimalis, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa
ruang keluarga lesehan dengan TV yang nyaman dan elegan – diminimalis.com

Ruang tv lesehan yang modern dan menarik bisa juga hanya dengan memperhatikan karpet yang eyecathing. Jika biasanya karpet bukan pemain utama dalam hal mewujudkan ruang lesehan tv yang menarik, namun gaya yang satu ini justru mengedepankan pemilihan karpet yang menarik perhatian mata dengan motif dan warnaya.

Jangan lupa, jika Anda ingin menggunakan karpet sebagai hal utama daya tarik ruang tv Anda, maka pilihlah yang benar-benar lembut dan membuat nyaman.

Penggunaan bantal besar dan matras

Gaya yang paling umum dipakai untuk konsep lesehan adalah penggunaan bantal besar dan matras. Ruang tv dengan gaya yang satu ini cocok untuk digunakan rumah jenis apapun, terlebih lagu rumah minimalis.

Penggunaan bantal besar dan matras akan membuat nyaman tanpa terlalu memakan ruang jika dibandingkan dengan menaruh sofa. Agar kesan gaya minimalis semakin terlihat jelas, pilihlah motif polos untuk bantal dan matras yang akan ditempatkan di ruang tv.

Penggunaan bean bag

Gaya ruang tv minimalis lesehan yang kelima yaitu dengan menggunakan bean bag. Gaya yang satu ini merupakan gaya ruang tv yang sangat modern walaupun bean bag bukanlah produk perabot rumah yang tergolong baru. Bean bag akan membuat ruangan tv semakin terasa lega karena tempat bersantai yang satu ini memang sangat hemat ruangan.

Kesan modern dan tingkat kenyamanan tinggi serta banyaknya pilihan bean bag, menjadi alasan yang paling membuat banyak orang memilih gaya lesehan yang satu ini.

Tips Mewujudkan Ruang TV Lesehan Gaya Minimalis

Agar tidak terjadi kesalahan dalam penataan ruang tv lesehan ini, persiapkanlah dengan matang perencanaan ruang tv yang akan dibuat. Terdapat 3 hal penting yang perlu diterapkan dalam tips ini yaitu:

  • Pemilihan letak ruangan

Tentukan terlebih dahulu di mana ruang tv di rumah Anda. Hal ini merupakan langkah yang paling awal untuk mewujudkan ruangan tv lesehan dan sebaiknya Anda memperhatikan dari segi kenyamanan dan luas area ruangan.

  • Pemilihan alas gaya lesehan yang tepat
desain ruang tamu lesehan, desain ruang tamu lesehan sederhana, dekorasi ruang tamu lesehan
ruang tv lesehan dengan pencahayaan alami yang maksimal – diminimalis.com

Manakah gaya lesehan yang paling tepat? Pertanyaan ini jawabannya tergantung dengan selera anggota keluarga Anda dan kemampuan finansial untuk memujudkannya.

  • Membeli perabotan ruang tv lesehan yang berkualitas

Utamakanlah soal tingkat kenyamanan dari perabotan ruang tv lesehan yang akan dibeli. Misalnya saja untuk karpet, maka penting sekali untuk mencari karpet dengan berkualitas baik agar tidak membuat gatal, mudah robek, sehingga mengganggu kenyamanan kita di ruang tv. Hal ini pun berlaku untuk perabotan lesehan lainnya seperti bantal, bean bag, sofa lesehan, dan sebagainya.

Dengan memiliki ruangan tv yang menarik dengan konsep lesehan minimalis, tentu akan membuat suasana berkumpul bersama keluarga lebih seru dan mengasyikkan. Yang pasti, ruang tv lesehan minimalis seperti ini cocok untuk konsep rumah yang ingin terlihat luas, menarik, dan modern. Tertarik untuk mencobanya? Silahkan!(an) editted by RN19072020


Comment