by

Ruang Terbuka Minimalis Tantangan Kreativitas di 2016

Ruang terbuka minimalis sering disebut dengan open space, namun ada juga yang menyebutnya open floor  yaitu jenis desain interior yang mengutamakan area tanpa sekat. Umumnya ruangan terbuka yang disatukan yaitu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Tujuan desain open space supaya penghuni rumah bisa menikmati memasak, makan, dan menonton film dalam satu ruang yang sama.

ruang terbuka minimalis, ruang tamu terbuka minimalis, ruang makan terbuka minimalis
ruang terbuka tanpa sekat di rumah minimalis – diminimalis.com

Dari masa ke masa, perkembangan desain rumah selalu berkaitan dengan gaya hidup pemiliknya. Di era yang serba dinamis saat ini, desain rumah bertipe open space semakin populer. Rumah dengan ruang terbuka minimalis yang luas tanpa banyak sekat pemisah akan memungkinkan sang pemilik untuk melakukan berbagai aktivitas secara bersamaan dan bergerak dengan leluasa.

Kelebihan dan Kekurangan Ruang Terbuka Minimalis

ruang terbuka minimalis, ruang tamu terbuka minimalis, ruang makan terbuka minimalis
ruang terbuka yang terhubung dengan ruang tamu – diminimalis.com

Konsep open space tepat bagi Anda yang senang mengundang tamu ke rumah. Anda dapat menjalankan aktivitas sekaligus menikmati percakapan.

Disini tentunya ada kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum Anda mendesainnya. Tujuannya tentu saja agar Anda paham apa yang mesti disiapkan guna mengatasi jika sewaktu-waktu ada yang kurang berkenan.

Kelebihan Ruang Terbuka Minimalis

Seperti sudah disinggung di awal bahwa dalam setiap konsep desain interior tentu membawa juga kelebihan dan kekurangannya. Sebagai gambaran tentang apa yang akan Anda rasakan ketika memiliki ruang model ini, berikut diminimalis uraikan kelebihna-kelebihannya.

1. Membuat ruang terasa luas.

Karena sifatnya yang terbuka, open space memungkinkan rumah Anda terlihat lebih luas dari aslinya. Ini tentu sangat bermanfaat bagi pecinta desain rumah minimalis, sehingga kesan sempitnya rumah tak lagi terlihat.

Konsep terbuka juga memungkinkan Anda atau tamu Anda lebih leluasa karen tidak terbatas pada sekat. Ruang jenis ini memang lebih cocok untuk ruang belajar atau ruang baca. Suasana tenang akan mudah didapat dari desain ruangan open space ini.

2. Membuat ruangan terasa lebih cerah

Selain membuat ruang terlihat luas, efek lain menggunakan desain open space adalah memberi efek cerah di dalam ruangan mengguanakan cahaya alami dari luar. Kita hanya perlu membuka lebar jendela pada salah satu sisi ruangan terluar, untuk mendapatkan sirkulasi udara yang bisa menyebar ke seluruh ruangan.

Misalnya jika ruang tamu Anda terbuka maka Anda tidak terlalu perlu memasang lampu penerangan yang terlalu banyak. Apalagi jika furniture yang dipasang di ruang tamu ini didominasi warna putih yang memantulkan cahaya. Tentu akan lebih nyaman.

Selanjutnya bisa juga diterapkan pada dapur. Ketika bagian dapur mendapat sirkulasi udara yang cukup, maka hal ini bisa mencegah keluarga Anda dari berbagai penyakit yang bermula dari dapur. Untuk tau apa saja tips dapur sehat ala diminimalis, silahkan baca di tautan tersebut.

3. Memungkinkan untuk melakukan beberapa aktifitas bersamaan

Dengan sistem desain ruang terbuka minimalis, Anda bisa memasak sembari menonton televisi sembari ngobrol dengan anggota keluarga lainnya. Anda juga bisa mengawasi anak-anak yang bermain di ruang tengah dengan mudah, yang mana hal ini tidak bisa Anda lakukan pada desain interior bersekat. Selain meminimalkan resiko, Anda juga dapat menghemat waktu dan tenaga.

Kekurangan Ruang Terbuka Minimalis

Selain beberapa kelebihan yang dimiliki, desain ruang terbuka ini juga memiliki beberapa kekurangan, diantara kekurangannya yaitu

1. Membuat rumah bising

Ini menjadi masalah utama untuk Anda yang mengadopsi model ruang terbuka. Dengan banyaknya aktivitas dalam satu ruangan, suara bising seperti televisi dan obrolan bisa beradu dengan suara yang ditimbulkan dari aktivitas memasak. Karena tanpa adanya dinding penyekat, penyerapan suara menjadi berkurang.

2. Mengurangi privasi

Menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu akan menurunkan privasi aktivitas di setiap area. Terlebih jika Anda tinggal dengan anggota keluarga yang usianya berbeda beda, tentunya Anda akan membutuhkan area khusus untuk bercengkrama hal penting.

3. Mudah terlihat berantakan

Desain open space jelas tidak cocok bagi Anda yang malas membereskan rumah. Peralatan dapur yang berantakan akan mudah terlihat dari ruang keluarga atau ruang tamu. Hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Meski begitu, semua terserah Anda, ruang terbuka akan diterapkan pada bagian ruang yang mana.

Sepertinya itu dulu ulasan kami tentang desain ruang terbuka minimalis, semoga apa yang diminimalis sampaikan bisa menjadi referensi terbaik untuk Anda.(ls) editted by RN11122019


Comment