Mau Menambahkan Ruang Terbuka dalam Rumah, Kenapa Tidak?

Menambahkan ruang terbuka dalam rumah atau yang sering disebut dengan open space memang tengah jadi tren saat ini. Konsep desain ruang terbuka dalam rumah ini sendiri bermacam-macam. Tergantung pada model desain yang diinginkan.

Ruang terbuka pada interior rumah seringkali bisa dibuat tanpa banyak mengeluarkan biaya, karena pada dasarnya open space disini adalah interior rumah yang merupakan area tanpa sekat. Jadi minim tambahan furniture khusus.

Fungsi lain dari ruangan ini salah satunya adalah mempermudah keluar masuk rumah. Jadi dengan kata lain, sirkulasi udara akan menjadi lebih lancar dan sehat. Di ruangan ini, penghuni rumah jadi bisa menikmati berbagai kegiatan seperti memasak, makan, dan menonton film dalam satu ruang yang sama.

Tertarik untuk memilikinya? Yuk kita bahas apa saja yang perlu Anda siapkan.

ruang terbuka, ruang terbuka rumah, ruang terbuka rumah minimalis, desain open space, desain rumah open space, desain open space interior
Konsep desain open space antara ruang tengah dan dapur – diminimalis.com

Plus Minus Adanya Ruang Terbuka dalam Rumah

Umumnya, yang dibuat jadi satu menjadi ruangan terbuka yaitu ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. Ketiga ruangan ini sering disatukan kedalam sebuah desain open space karena lokasinya yang saling berdekatan.

Untuk dapur, ketika dibuat terbuka maka setidaknya sudah memenuhi kriteria sebagai desain dapur yang sehat. Selain itu, rancangan dapur terbuka juga mampu mengurangi kelembaban yang bisa membuat jamur tumbuh subur.

desain open space, desain rumah open space, desain open space interior
desain open space antara ruang tengah, makan dan dapur – diminimalis.com

Ketika bagian dapur mendapat sirkulasi udara yang cukup, maka hal ini bisa mencegah potensi penyakit yang akan menyerang keluarga Anda.

Dalam rancangan interior, dapur merupakan ruangan yang paling memungkinkan untuk digabungkan dengan ruangan lain. Anda bisa menggabungkan dapur dengan ruang makan, mini bar atau ruangan terbuka hijau di belakang rumah.

Dapur yang menghadap ruang terbuka minimalis bisa dimaksimalkan pemanfaatannya untuk kegiatan kumpul-kumpul atau acara besar. Seperti ulang tahun anak atau pesta barbeque bersama keluarga.

Selain beberapa hal di atas, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan dari desain ruang terbuka dalam rumah nantinya?

Kelebihan:

Membuat ruangan terasa lebih luas

Karena sifatnya yang terbuka, open space memungkinkan rumah Anda terlihat lebih luas dari aslinya. Ini tentu sangat penting bagi pemilik desain rumah minimalis, kesan sempit yang sering dikhawatirkan bisa diatasi dengan menusung desain open space ini.

Membuat ruangan terasa cerah

Selain membuat ruangan terasa lebih luas, efek lain mengusung desain open space adalah memberi efek cerah di dalam ruangan lantaran cahaya alami dari luar. Anda hanya perlu membuka lebar-lebar jendela pada salah satu sisi ruangan terluar agar mendapatkan sirkulasi udara yang bisa menyebar ke seluruh sudut ruangan.

Konsep desainnya kekinian

Tentu Anda tidak ingin ketinggalan zaman kan dengan tren yang sedang berjalan saat ini. Mengusung konsep/rancangan open space tidak semata-mata membuat interior rumah jadi bagus secara tampilan namun juga mengikuti tren saat ini.

Sudah banyak rumah minimalis yang dibuat dengan konsep open space sehingga tidak perlu khawatir Anda akan dianggap aneh. Justru sebaliknya, konsep desain open space ini terbilang kekinian dan unik, apalagi jika konsep dan hasilnya bagus.

Biaya desain bisa lebih murah

Ini memang tergantung konsep yang diusung. Jika ruang terbuka dalam rumah yang Anda rancang tidak banyak menambahkan elemen-elemen baru maka bisa jadi budget akan lebih murah.

Sebab kita tahu, konsep terbuka berarti meniadakan beberapa dinding sebagai yang biasanya ada di setiap sisi ruangan. Menghemat biaya pembangunan tembok, cat dan lainnya adalah bagian dari misi penghematan.

Kekurangan:

Meski ada begitu banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari mengusung desain ruang terbuka dalam rumah, namun tentu saja setiap konsep ada kekurangannya. Nah, kekurangannya sendiri ada pada beberapa hal, seperti:

Privasi kurang terjaga

Ya, dengan model terbuka maka aktivitas yang di lakukan di masing-masing ruangan yang disatukan aka n terlihat. Hal ini bagi sebagian orang kurang nyaman karena bisa jadi ada orang lain [tamu] yang masuk sementara kita sedang melakukan sesuatu yang sifatnya privasif.

Jika tidak bagus rancangannya, hasil desainnya akan monoton

Hal lain yang bisa dianggap sebagai kekurangan memiliki ruang terbuka dalam rumah adalah keharusan mengusung konsep yang jelas dan rapi. Sebab jika tidak, maka hasilnya akan membuat ruangan jadi monoton dan kurang jelas arah konsepnya.

Jadi, terlepas dari kelebihan dan kekurangan di atas, mengusung konsep ruang terbuka dalam rumah tetap bisa jadi pilihan bagus. Tentu saja dengan berbagai catatan penting yang perlu disiapkan.

Kesimpulan

Dari masa ke masa, perkembangan desain rumah selalu berkaitan dengan gaya hidup pemiliknya. Di era yang serba dinamis saat ini, desain interior open space cenderung naik popularitasnya.

Rumah dengan ruang yang luas tanpa banyak sekat pemisah akan memungkinkan sang pemilik untuk melakukan berbagai aktivitas secara bersamaan dan bergerak dengan leluasa.

Konsep open space sangat tepat bagi Anda yang senang mengundang tamu ke rumah. Anda dapat menjalankan aktivitas sekaligus menikmati percakapan. Meski tentu sekali lagi, konsekuensinya ada beberapa yang berhubungan dengan kekurangan desain open space tersebut.

Mungkin itu saja penjelasan dan uraian kami tentang ide desain ruang terbuka dalam rumah beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk Anda. (ls) editted by RN22072021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.