Mendesain Ruang Tengah Tanpa Kursi demi Family Time yang Berkualitas

Tidak sedikit orang yang kesulitan menikmati momen bersama keluarga lantaran kesibukan pekerjaan. Belum lagi, tidak tersedianya ruang yang representtif di dalam rumah semakin membuat momen berkumpul semakin tidak terfasilitasi. Perlu setidaknya ada ruang tengah, dalam hal ini ruang keluarga yang didesain khusus. Kita tahu fungsi ruangan ini adalah tempat dimana keharmonisan keluarga tercipta.

Oleh karenanya, menjadi penting untuk merencanakan desainnya agar nyaman dipakai. Nah, ide desain ruang tengah tanpa kursi alias lesehan bisa menjadi alternatif terbaik. Tidak perlu lagi bingung dengan beli furnitire ini itu. Cukup dengan menggelar karpet empuk sudah bisa untuk berquality time bersama keluarga tercinta degnan nyaman.

Desain Ruang Tengah Tanpa Kursi Sebagai Solusi Terbatasnya Space

Kenapa momen berkumpulnya keluarga perlu dibuat ruangan khusus? Tentu saja karena jika berkumpul di ruang tamu sepertinya kurang enak dipandang dimana ruangan ini terasa formal. Dibalik sulitnya mencari ruang khusus, Anda bisa menyulap ruang tengah jadi tempat berkumpul keluarga.

Anda bisa mengusung desain ruang tengah tanpa kursi dengan memasukkan karpet yang nyaman untuk beraktivitas santai sambil lesehan. Konsep tanpa kursi dan meja ini jelas bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengatasi minimalisnya ukuran ruangan. Jadi selain mendapatkan momen berkualitas yang santai Anda juga bisa mengirit biaya beli furniture ruangan.

Praktis, Anda tinggal fokus mengatur apa saja furniture yang urgent untuk masuk. Misalnya kabinet dimana digunakan untuk meletakkan televisi atau benda-benda koleksi keluarga. Dengan hanya menambahkan ornamen hiasan maka ruang keluarga akan lebih sederhana. Hal ini juga mampu memberikan kesan bersih dan rapi, serta tidak penuh sesak dengan berbagai macam furniture.

Baca juga: Tips Menata Ruang TV Agar Nyaman dan Elegan

Ruang Keluarga Tanpa Kursi, desain ruang tamu tanpa kursi, ruang tamu lesehan

ruang tengah tanpa kursi yang nyaman pada interior model jepang – diminimalis.com

Tips Merencanakan Desain Ruang Tengah Tanpa Kursi

Sebelum Anda memulai membangun ruang tengah tanpa kursi sebagai ruangan keluarga yang elegan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

Pemilihan Tema

Hal pertama yang harus Anda pikirkan guna mendapatkan ruang keluarga yang representatif adalah memilih tema yang tepat. Tema disini berarti konsep desainnya. Konsep seperti apa yang cocok dengan favorit keluarga Anda maka itu yang diusung. Misalnya jika Anda ingin ruang keluarga bernuansa cerah yang mendukung aktivitas anak, bisa pilih desain karakter kartun.

Memilih tema ruang tengah tanpa kursi juga bisa dilakukan dengan menyamakannya dengan tema rumah. Tinggal Anda sesuaikan saja konsep tata ruangnya dengan konsep yang diterapkan pada rumah minimalis Anda. Sesuaikan mulai dari warna cat dinding hingga perabot tambahannya.

Teknik Pewarnaan

Tips kedua dalam mendesain ruang keluarga yang bagus adalah memperhatikan perihal warna cat dinding interior. Ini berlaku untuk Anda yang ingin warnanya berbeda dengan tema rumah. Kombinasikan saja dengan warna kesukaan Anda sendiri atau salah satu dari anggota keluarga. Apabila ruang keluarga Anda tidak begitu luas, maka disarankan menggunakan satu warna saja guna menghindari kesan sempit.

Selain itu, hindarilah memilih hitam sebagai warna dominan pada ruangan karena akan membuat suasana gelap dan sempit. Sebagai alternatif estetika, Anda bisa mengkombinasikan warna dinding dengan berbagai furniture pada ruangan. Kombinasi ini bisa dihasilkan antara warna dinding dengan warna perabotan yang ada seperti karpet, kabinet, meja kecil, rak buku, dan lainnya.

Pemilihan furniture tambahan

Pemilihan furniture tambahan sebagai pelengkap konsep lesehan juga sangat menentukan untuk membuat desain ruang keluarga Anda menjadi menarik. Sebaiknya, Anda memilih furniture seperti meja hidangan dan lemari TV yang simpel namun elegan. Anda juga harus mengatur kesesuaian warna antara barang elektronik dan hiasan-hiasan pelengkap dengan konsep ruangan agar tercipta suatu keharmonisan.

Ruang tengah tanpa kursi, ruang keluarga lesehan, ruang keluarga lesehan minimalis, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa

ruang kelaurga lesehan dengan karpet yang indah dan nyaman – diminimalis.com 

 

Pilih karpet terbaik yang empuk

Dalam desain ruang tanpa kursi alias lesehan, disarankan untuk menggunakan karpet berbahan empuk dan nyaman untuk dipakai bersantai. Karpet pada ruang berkonsep lesehan memiliki peran yang cukup sentral. Selain berfungsi sebagai pijakan kaki dan alas ruangan, karpet juga sekaligus sebagai penambah nilai estetis pada tampilan interior.

Ide Dekorasi Alternatif Desain Ruang Tengah Tanpa Kursi

Untuk membuat ruang keluarga lesehan berfungsi lebih maksimal maka harus direncanakan berbagai alternatif dekorasi pengganti kursi dan meja. Ya, tentu saja ini demi mengakomodasi berbagai aktivitas bernuansa santai seperti duduk, tiduran, dan sebagainya. Nah, tiga tips penambahan berikut bisa menjadi alternatif terbaik untuk Anda yang menginginkan ruang tengah tanpa kursi yang representatif.

  • Penambahan bean bag

Ruang tengah atau ruang keluarga berkonsep lesehan sangat erat hubungannya dengan suasana yang santai. Nah, agar ruangan Anda bernuansa lebih santai, adopsilah beberapa buah bean bag untuk diletakkan di salah satu sudut ruangan. Guna mendapatkan nuansa yang ceria, pilih bean bag yang berwarna cerah.

Dengan adanya bean bag di dalam ruangan, suasana ruang keluarga pun jadi jauh lebih santai. Suasana yang awalnya terkesan formal, dengan adanya bean bag berubah menjadi lebih cozy dan santai.

  • Pemilihan karpet yang nyaman

Lesehan sendiri artinya duduk di lantai beralaskan tikar/karpet dan sejenisnya di sebuah ruangan untuk keperluan tertentu. Jadi, ruang keluarga yang didesain lesehan tidak akan lengkap jika tidak ada alas berupa karpet di dalamnya.

Pilih karpet yang lembut dengan corak dan warna yang sesuai. Hindari warna putih karena jika kotor akan sangat terlihat dan sulit dibersihkan. Sebaiknya, pilih warna coklat atau abu-abu sehingga ruangan tetap elegan tanpa harus takut kotoran mudah terlihat.

Selain kenyamanan dengan memilih karpet berbahan empuk, soal model, warna, dan corak karpetnya juga tak kalah penting. Pilih karpet yang sesuai dengan interior agar dipandang tetap bagus dan nyaman. Prioritaskan kenyamanan keluarga dulu sebelum bicara soal keindahan dari sisi tampilan mengingat ruangan ini jadi tempat kumpul yang sakral.

  • Penambahan bantal demi kenyamanan

Setelah di ruang tengah tanpa kursi Anda berkonsep lesehan dengan sempurna, selanjutnya bisa tambahkan bantal untuk sekedar tiduran. Apalagi jika sudah ada karpet dan bean bag, bantal akan jadi pelengkap paling tepat demi kesan santai di ruangan.

Bantal sendiri banyak macam motif dan kualitasnya, Anda tinggal pilih mana yang paling serasi dengan konsep ruangan. Ingat bahwa dekorasinya sangatlah penting mengingat ruang ini adalah salah satu dari sekian ruangan dalam rumah yang sangat penting.

Mungkin sekian dulu penjelasan dan uraian dari kami tentang tips mendesain ruang tengah tanpa kursi di rumah minimalis Anda. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk Anda sekalian. (ls) editted by RN25042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.