Tips Merancang Ruang Tamu Klasik dengan Mudah

Ruang tamu selalu identik dengan desain yang serius mengingat fungsinya yang cukup sakral. Desain ruang tamu klasik menjadi salah satu konsep yang banyak diadopsi oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar alasannya ialah karena ruang tamu klasik ini bisa mengubah suasana terlalu formal menjadi sedikit cair lantaran kesan santai yang ditunjukkan furniturenya.

Menyulap ruang tamu menjadi bergaya desain klasik bukan berarti membuat seluruh elemen di dalamnya serba klasik. Sebagian elemennya saja yang diubah sudah cukup. Misalnya, untuk furniture utama dipilih yang menunjang konsep klasik. Sementara untuk dekorasinya tetap model biasa.

Jika di awal konsep ini Anda paham, maka selanjutnya adalah merencanakan lay out yang tepat termasuk penempatan masing-masing furniturenya. Dengan dua tahap konsep ini, maka ruang tamu klasik di rumah Anda bisa terwujud tanpa harus keluar banyak budget.

ruang tamu klasik, desain interior rumah klasik modern, ruang tamu klasik sederhana

membuat desain ruma tamu klasik, bukan berarti harus mendesain seluruh ruangan nampak klasik seluruhnya – diminimalis.com

Kelebihan dan Kekurangan Ruang Tamu Klasik

Sebelum bicara soal bagaimana tips mendesain ruang tamu klasik di rumah Anda, ada baiknya kita bedah dulu apa saja plus minus dari mengusung gaya ini. Kita tahu bahwa ruang tamu adalah salah satu ruangan yang vital dimana sebagai tempat Anda menyambut orang-orang penting.

Oleh karenanya maka, membuatnya nyaman adalah hal yang mutlak diperlukan. Tapi, sekarang pertanyannya, apakah desain klasik adalah yang terbaik untuk menjamin kenyamanan ruangan? Belum tentu juga, maka mari kita bedah apa saja kelebihan dan kekurangn desain ini.

Kelebihan

Popularitas tinggi gaya desain klasik yang diterapkan pada ruang tamu memang sudah bukan rahasia lagi. Kepopulerannya tentu saja karena ada kelebihan yang memang digandrungi oleh banyak orang, diantaranya:

Ruang tamu gaya klasik memancarkan aura keindahan yang dinamis. Ya, desain ruang tamu gaya klasik memiliki kelebihan yang hampir tidak dimiliki oleh konesp desain yang lain. Gaya klasik yang mengutamakan penataan dan pemilihan furniture bernilai seni tinggi ini membuat ruangan jadi tidak lagi monoton. Tentu itulah kenapa gaya klasik ini banyak diadopsi.

Kelebihan lain dari gaya klasik ialah relatif cocok untuk jangka panjang. Kita tahu gaya klasik adalah warisan dari zaman dahulu yang hampir tak pernah lekang oleh waktu. Selalu cocok untuk diterapkan dalam kondisi ruangan seperti apapun. Sehingga, ruang tamu bergaya klasik pun bisa menjadi aset jangka panjang Anda kedepannya.

Kekurangan

Setelah bicara soal kelebihan, sekarang kira-kira apa saja sih kekurangan dari konsep klasik pada ruang tamu?

Pertama, ruang tamu klasik membutuhkan furniture dan aksesoris yang mewah. Dengan kata lain, Anda mesti siap merogoh kocek dalam-dalam untuk mewujudkannya. Meski ada juga beberapa furniture yang murah, namun untuk mempertegas kesan kalsik biasanya hanya akan didapat jika memasang aksesoris bernilai seni tinggi dan itu harganya mahal.

Kedua, gaya klasik pada ruang tamu membutuhkan pearawatan yang super khusus. Mungkin akan sedikit berbeda jika penerapannya selain pada ruang tamu. Perawatannya yang mmerlukan ekstra  kerja membuat sebagian orang beralih mencari alternatif selain konsep desain yang satu ini.

Nah, dari kelebihan dan kekurangannya tersbeut, Apakah Anda masih berniat mengkonsp ruang tamu Anda jadi brgaya klasik?

Tips Desain Ruang Tamu Klasik Agar Terwujud Sempurna

Jika jawaban Anda iya, maka sekarang saatnya kita merencanakan tata desainnya. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan ruang tamu klasik dengan mudah.

1. Ramaikan interior dengan furniture klasik

Pada dasarnya, ruang tamu rumah minimalis modern, penggunaan furniture yang minim justru jadi fokus tujuan. Namun pada desain klasik berbeda, furniture ramai justru diperlukan untuk merealisasikan konsep ini.

Furniture disini lebih ditekankan pada perabit berukuran besar dan aksesorisnya brupa pernak-pernik yang nantinya membantu mempercantik ruangan.

Anda juga mesti menempatkan beberapa barang antik di beberapa sisi ruang tamu Anda. Dengan menggunakan jenis barang antik, ruang tamu Anda akan semakin natural tnapa mengurangi kesan klasik.

Ruang tamu dengan sentuhan barang antik memang terkesan kuno, tetapi terlihat lebih elegan. Barang-barang ini sangat mudah untuk didapat, terutama dibeberapa pasar tradisional.

2. Maksimalkan Penataan lampu 

Usahakan Anda memilih jenis lampu ruang tamu yang berwarna natural, seperti kuning atau putih. Dengan menggunakan unsur lampu tersebut, maka cahaya yang dipancarkan lampu akan terlihat lebih indah dan klasik.

Kesan klasik dari lampu juga bisa Anda dapatkan dari bingkai atau kapnya. Sebisa mungkin setidaknya  Anda tempatkan 1 buah lampu dengan bingkai kuno, yang nantinya dapat menambah nuansa klasik di ruang tamu minimalis Anda.

3. Gunakan gaya shabby chic

ruang tamu gaya shabby chic, ruang tamu bergaya shabby chic, ruang tamu shabby chic minimalis
ruang tamu bergaya shabby chic dengan nuansa klasik – diminimalis.com

Ruang tamu gaya shabby chic merupakan desain yang cocok diaplikasikan pada konsep rumah minimalis, karena penataanya tidak membutuhkan ruang yang lebar. Shabby chic sendiri merupakan gaya interior yang mulai berkembang di Inggris dan dipopulerkan di Amerika. Gaya ini identik dengan perabot-perabot bergaya Pop-Victorian yang berkesan antik.

Untuk gaya dekorasi ala shaby chic ini sangat identik dengan furniture yang sifatya lembut dan berkesan shabby atau terlihat usang dimakan waktu. Akan tetapi, Anda juga bisa mendapatkan kesan usang atau shabby tersebut dengan cara mengampelas perabot.

4. Hindari Meletakkan TV 

TV merupakan benda yang sebaiknya disingkirkan dari ruang tamu klasik Anda. Kecuali Anda menempatkan sebuah TV klasik, dan alangkah baiknya fungsinya sebatas pajangan saja. Karena akan terasa kontras bila TV tersebut sengaja Anda nyalakan, ini karena program-program TV akan tampil dengan gaya kekinian.

Pada dasarnya untuk mendapatkan nuansa klasik di ruang tamu, Anda atak perlu mengubah seluruh tampilan rumah. Cukup dengan memoles beberapa elemen yang sekiranya penting saja, ruang tamu klasik versi Anda bisa terwujud. Selamat mencob! (ls) editted by RN25062020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.