Ruang Tamu Gaya Shabby Chic yang Penuh Nuansa Klasik

Ruang tamu gaya shabby chic merupakan desain yang cocok diaplikasikan pada konsep rumah minimalis, karena penataanya tidak membutuhkan ruang yang lebar. Shabby chic sendiri merupakan gaya interior yang mulai berkembang di Inggris dan dipopulerkan Amerika. Gaya ini identik dengan perabot-perabot bergaya Pop-Victorian yang berkesan antik.

Shabby Chic adalah sebua gaya untuk mendekorasi rumah agar nampak lebih menawan. Selain itu, gaya ini juga identik dengan aksesori interior yang feminin sehingga mampu memberikan kesan yang bisa disampaikan kepada tamu yang mengunjungi rumah kita. Pada kesempatan kali ini, diminimalis akan mengulas tentang upaya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan desain ruang tamu gaya Shabby Chic.

ruang tamu gaya shabby chic, ruang tamu bergaya shabby chic, ruang tamu shabby chic minimalis
ruang tamu bergaya shabby chic dengan nuansa klasik – diminimalis.com

Konsep Utama Desain Ruang Tamu Gaya Shabby Chic

Pada umumnya, mendesain ruang tamu yang nyaman tidak selalu soal elemen furniture yang modern. Konsep shabby chic sendiri bisa jadi alernatif terbaik mewujudkan desain ruang tamu yang tidak hanya sekedar indah namun juga bernilai seni. Nah, hal-hal berikut ini bisa Anda jadikan parameter untuk membuat ruang tamu gaya shabby chic Anda jadi lebih bagus.

1. Jangan takut untuk coba mix and match

Untuk mewujudkan konsep shabby chic di ruang tamu Anda, hal utama yang jadi sorotan ialah ide kolaborasi elemen furniture. Tidak perlu khawatir dalam mencoba mengombinasikan antar furniture yang ada di dalamnya. Furniture yang misalnya finishing, warna, dan gaya dari era yang berbeda jika dipadukan akan memberikan nilai tampilan yang tidak biasa.

Furniture dengan jenis finishing rastik akan membuat interior bergaya shabby chic akan tampil lebih memikat. Demikian pula halnya dengan material besi dan metal. Kedua elemen tersebut akan membuat furniture bernunsa shabby chic jadi tampil lebih kekinian.

2. Usung elemen vintage lebih bagus

Konsep Shabby chic pada interior rumah, identik dengan gaya vintage, baik itu dari sisi finishing ataupun dari segi bentuk. Anda bisa mengkombinasikan furniture bergaya vintage dengan warna putih atau pastel. Bukankah antik tidak berarti harus berumur ratusan tahun? Untuk membuat ruang tamu gaya Shabby Chic pun bisa didesain demikian.

Untuk mendapatkannya juga Anda tidak perlu terlalu repot, karena saat ini sudah banyak furniture yang finishingnya sengaja dibuat antik. Anda mencarinya secara online dan membelinya dari seller terpercaya.

3. Shabby chic tidak hanya cocok untuk wanita

Dulu sebelum populer, shabby chic identik dengan interior bernuansa pink dan motif floral yang girly. Kini, perpaduan unsur modern saat ini sudah menggeser persepsi tersebut. Anda dapat menghadirkan furniture-furniture sahbby dengan bentuk yang lebih tegas bergaya rastik. Selain itu, Anda juga bisa memadukannya dengan motif-motif yang sedang tren saat ini, seperti kombinasi motif geometris dan floral.

4. Bisa juga dengan memainkan warna pada aksesori

Sedikit bermain warna pada elemen interior akan membuat tampilan ruangan semakin eye catching dan elegan. Pada elemen khusus ruang tamu seperti sofa, beri motif bunga atau warna-warna lembut seperti hijau atau pink pastel. Demikian juga pada sarung bantal jika memungkinkan. Bila menggunakan sofa berwarna dominan putih atau lembut, gunakan bantal warna kontras sehingga dapat menghidupkan suasana lembut ruangan.

5. Beri sentuhan antik

Perlu dipahami bahwa konsep utama dari ruang tamu gaya shabby chic adalah nuansa tua dan kuno. Jadi, pada furniture yang digunakan pada ruangan shabby chic sebaiknya dipilih yang memang bernuansa antik. Meski begitu, jika Anda kesulitan menemukan jenis yang memang antik dari sananya, Anda juga bisa mendapatkan kesan shabby dengan cara mengampelas perabotan tersebut.

Ruang tamu gaya shabby chic untuk rumah minimalis Anda

Kembali kita singgung konsep awal gaya shabby. Kata “shabby” dalam bahasa Indonesia berarti “lusuh”. Namun bukan berarti ruangan di rumah kita akan terlihat kuno dengan desain ini. Shabby Chic sebenarnya mengarah pada menyukai desain ruang tamu klasik dengan sentuhan anggun dan feminim. Bila Anda juga tertarik untuk mendesain ruang tamu gaya shabby chic Anda bisa mengupayakan cara berikut ini:

Berikan sentuhan antik pada ruang tamu Anda

Untuk gaya dekorasi ruang tamu gaya shaby chic ini sangat identik dengan furniture yang sifatya lembut dan berkesan shabby atau terlihat usang dimakan waktu. Akan tetapi, Anda juga bisa mendapatkan kesan usang atau shabby tersebut dengan cara mengampelas perabot Anda.

Untuk bahan baku furniturnya Anda bisa mendapatkannya dari kayu rotan atau juga kayu yang memiliki usia tidak muda dengan cat putih mapun warna cokelat alami. Kemudian Anda bisa melakukan finishing kasar guna mencptakan nuansa vintage. furniture ala Shabby Chic ini akan lebih baik bila dikuatkan dengan kesan klasik dan antik.

ruang tamu gaya shabby chic, ruang tamu bergaya shabby chic, ruang tamu shabby chic minimalis
ruang tamu gaya habby chic lebih kental dengan warna putih – diminimalis.com

Semua perabotan dari rumah lama dicat putih agar lebih kental nuansa shabby chic

Dekorasi ala shabby chic ini identik dengan warna pastel yang lembut seperti merah muda, biru muda, putih cream atau peach. Dilengkapi juga dengan akses floral atau kancing (deep buttoned) yang khas. Sedangkan bentuk perabotnya mengadopsi gaya klasik dengan lekukan di bagian kaki atau sandaran.

Jadi pada intinya untuk membuat ruang tamu gaya shabby chic bernuansa klasik, Anda bisa mengaplikasikan berbagai elemen dasar. Hanya dengan menambahkan furniture yang sudah bernuansa shabby, ruang tamu Anda akan terlihat bagus dan sesuai dengan harapan.

Mungkin itu dulu ulasan dari kami tentang cara mendesain ruang tamu gaya Shabby Chic.  Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat dengan mudah Anda aplikasikasikan. (ls) Editted by RN15022020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.