Ruang Tamu dengan TV untuk Memberi Nuansa Santai dan Akrab

Sebuah ruang dalam rumah mampu memberikan kenyamanan tersendiri jika didesain dengan baik. Ada fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan yang intinya membuat penghuni nyaman dalam melakukan segala aktivitas. Misalnya perpaduan ruang tamu dengan TV yang mana tidak hanya bisa dinikmati oleh tamu saja namun juga pemilik rumah saat tidak ada orang datang.

Lalu, bagaimana desain ruang tamu dengan tambahan TV ke dalamnya? Anda bisa menambahkan lemari kecil khusus untuk TV. Bila perlu, lemari tv multifungsi yang bisa juga dipakai untuk tempat meletakkan pajangan seperti foto dan barang-barang koleksi.

Ide Desain Ruang Tamu dengan TV yang Menarik

Memadukan ruang tamu dengan TV merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan pemilik rumah untuk memaksimalkan pelayanan terhadap tamu yang datang. Dengan menempatkan televisi di ruang tamu, siapapun yang berkunjung ke rumah Anda akan merasa lebih nyaman dan santai. Hal ini bagus untuk meningkatkan keakraban antara Anda sebagai tuan rumah dan tamu.

Nah, pada kesempatan kali ini, diminimalis akan mengulas tentang manfaat dan strategi menempatkan TV di ruang tamu rumah minimalis Anda.

ruang tamu dengan tv, ruang tamu menyatu dengan ruang dengan tv, ruang tv minimalis sederhana
ruang tamu dengan tv dengan dekorasi yang rapi dan elegan – diminimalis.com

Sebelum sampai pada ide seperti apa yang bisa diterapkan, kami akan sajikan beberapa ide desain yang umumnya dilakukan berkaitan dengan adanya TV di ruang tamu. Anda bisa memilih salah satu referensi desain di bawah ini jika ada yang cocok.

1. Panel TV sekaligus lemari pajangan

Keberadaan TV juga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan berkas-berkas semiformal, benda-benda antik yang dikoleksi dan sebagainya. Adopsi tempat/panel Tv yang sudah tergabung dengan lemari pajangan.

2. Panel TV sekaligus sebagai rak buku

Temukan desain papan TV yang multifungsi alias sekaligus dapat digunakan untuk menyimpan koleksi buku-buku Anda di rumah. Dengan begitu, tamu jadi punya pilihan untuk membaca buku jika sudah bosan dengan menonton program TV. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memadukan ruang tamu dengan TV kan ya?

3. Panel TV sekaligus tempat alat elektronik pelengkapnya

Adanya Tv di ruang tamu, juga bisa Anda manfaatkan untuk menempatkan DVD player, speaker, dan sejenisnya. Tamu Anda bisa diajak menikmati film bersama atau karaoke, ya kan?

Cari lemari yang ada laci di area bawahnya, biasanya itu memang sudah diperuntukkan sebagai loker untuk menyimpan DVD player, dan alat elektronik lainnya. Dengan adanya laci multifungsi pada lemari maka ruang tamu Anda akan terlihat rapi.

4. Panel TV sekaligus pemartisi ruang

Adanya lemari dengan panel TV bisa juga dijadikan sebagai pemisah antar ruang. Misalnya, ruang keluarga dengan ruang tamu posisinya bersebelahan, maka Anda bisa memasang lemari TV diantara dua ruang tersebut sebagai pemisah.

Jadi, keberadaan lemari TV sebagai partisi, ruang tamu akan membuat ruangan lebih elegan dan multifungsi. Sebaliknya, ruang tamu dan ruang keluarga yang dipisah tadi jadi lebih terasa pengaruh emosionalnya. Desain ini juga sangat cocok diterapkan pada ruang tamu tanpa kursi alias lesehan. 

Desain ruang tamu dengan TV di dalamnya dan cara mengaturnya

Sebagaimana kita tahu, tak semua tamu merupakan orang-orang yang perlu dijamu secara formal. Kadang sebagian dari tamu kita adalah teman-teman akrab yang ingin berkunjung untuk sekedar ngobrol santai. Ada pula dari mereka yang mungkin ingin mengajak nonton bola bersama agar lebih seru.

Apapun agenda nonton TV bersama rekan lain, sebaiknya memang perlu dilakukan di ruangan tersendiri yang tidak menyatu dengan ruang keluarga. Selain untuk memberikan privasi kepada anggota keluarga kita, hal ini juga untuk memberikan kenyamanan kepada tamu, untuk bisa bercengkrama lebih leluasa di ruang tamu Anda.

ruang tamu dengan tv, ruang tamu menyatu dengan ruang dengan tv, ruang tv minimalis sederhana
pilihlah sofa dan meja kecil terbaik pada ruang tamu Anda – diminimalis.com

Bila Anda ingin menempatkan TV pada ruang tamu minimalis Anda, alangka baiknya Anda menata sofa atau kursi sesuai fungsinya dengan  seefisien mungin. Jangan lupa juga untuk menempatkan sebuah meja kecil untuk menaruh makanan ringan dan minuman untuk menjamu tamu-tamu Anda.

Dengan desain begini, tamu atau teman Anda bisa semakin merasa santai saat ngobrol sambal nonton TV dan menikmati cemilan bersama Anda di ruang tamu.

Untuk mengatur tata letak interior ruang tamu, Anda bisa menggabungkan beberapa kursi atau sofa menghadap ke TV. Pertimbangkan juga ukuran ruang tamu, pastikan bahwa kursi atau sofa tersebut tidak menghalangi pandangan ke arah televisi sehingga membuat nyaman.

Bila memungkinkan, Anda sebaiknya memilih TV jenis LCD untuk ditempatkan di ruang tamu minimali Anda. Hal ini dikarenakan, TV LCD memiliki desain menarik serta memiliki kualitas gambar yang prima. Selain itu, TV LCD lebih hemat listrik dan tidak menyesaki i ruang tamu minimlis Anda.

Jadi pada intinya, memaksimalkan desain interior rumah dalam hal ini ruang tamu dengan TV bisa dilakukan oleh siapa saja. Sebab, satu hal yang terpenting adalah bukan dari sisi mewahnya, namun strategi desain yang simpel tapi membuat nyaman, sudah cukup.

Tidak perlu membuat segala sesuatu yang ada di ruangan menjadi berharga mahal. Cukup dengan apa yang ada dimaksimalkan dengan strategi tata desain yang maksimal saja. Semoga apa yang Anda impikan terkait rumah minimlis impian Anda bisa terwujud dengan mudah.

Mungkin sekian dulu ulasan dari kami tentang cara mendesain ruang tamu dengan TV di dalamnya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk Anda sekalian. (ls) editted by RN06032020


Comment