6 Ruang Sholat Minimalis di Rumah yang Menginspirasi

Ruang sholat minimalis biasanya menjadi bagian tak terpisahkan pada rumah minimalis. Terutama bagi kaum muslim yang memiliki rumah minimalis. Pilihan untuk mendesain ruang sholat minimalis di rumahnya menjadi suatu keharusan yang tidak bisa ditinggalkan.

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, harus pintar menentukan letak ruang sholat yang tepat mengingat luas rumah terbatas. Jadi bagi Anda sedang dalam fase bingung menentukannya, berikut beberapa inspirasi yang diharapkan dapat membantu Anda dalam membuat ruang sholat minimalis di rumah.

Ruang sholat minimalis dekat dengan taman

Rekomendasi tempat ruang sholat minimalis yang pertama adalah ruang sholat yang dibangun didekat taman di dalam rumah. Lokasi ini bisa menjadi salah satu pillihan yang tepat untuk Anda yang menyukainya.

6 Ruang Sholat Minimalis di Rumah yang Menginspirasi 1
ruang sholat minimalis via 4.bp.blogspot.com

Ruang sholat yang berada dekat dengan taman ini memberikan sesasi yang berbeda ketika Anda sholat. Karena Anda akan merasakan sensai alam terbuka, sehingga Anda akan merasakan kesejukan alam terbuka ketika sholat.

Hal tersebut menjadikan ruangan lebih dingin atau tidak panas dan pengap. Jadi akan membuat ibadah semakin khusuk dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana layaknya Anda sholat di tempat yang terbuka.

Bagi Anda yang tertarik dengan penempatan ruang sholat di dekat taman dalam rumah, Anda dapat membuatnya seperti contoh di atas. Dengan demikian Anda harus menyisakan lahan kosong didekat taman untuk mushola yang akan Anda bangun.

Ruang sholat minimalis dekat dengan kamar tidur

Inspirasi ruang sholat yang ke dua adalah dekat dengan kamar tidur. Ruang sholat di dekat kamar akan memudahkan Anda ketika hendak sholat malam. Jadi Anda tidak perlu keluar untuk beribadah di tengah malam.

6 Ruang Sholat Minimalis di Rumah yang Menginspirasi 2
ruang sholat minimalis via cdn-cms.pgimgs.com

Ruang sholat di dekat kamar tidur merupakan salah satu desain ruang ibadah yang banyak digunakan oleh masyarat. Bahkan banyak juga yang langsung menggunakan kamar sebagai tempat untuk beribadah.

Jika Anda memutuskan untuk membuat ruang sholat dekat kamar atau menyatu dengan kamar, sebaiknya pertimbangkan pencahayaan dan suhu ruangan. Jika ruangan terasa panas dan pengap, Anda bisa menambahkan peralatan lain yang bisa membuat ruangan menjadi sejuk, seperti penambahan kipas angin atau AC.

Bagi Anda yang tertarik dengan desain ruang sholat di dekat kamar tidur, Anda dapat langsung membuatnya dan sisakan space kosong yang akan dibangun sebagai ruang sholat.

Ruang sholat minimalis di bawah tangga

Inspirasi selanjutnya adalah ruang sholat minimalis di bawah tangga. Hal ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat ketika Anda tidak ada lagi ruangan kosong yang bisa dimanfaatkan.

6 Ruang Sholat Minimalis di Rumah yang Menginspirasi 3
ruang sholat minimalis via asset.a-grid.id

Bawah tangga bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan sebagi ruang sholat. Nah, untuk membuatnya menjadi nyaman, Anda perlu mendesainnya dengan bagus dan menjadikan layaknya ruang ibadah yang nyaman dan bisa membuat siapa saja tetap khusuk dalam menjalankan sholat.

Ruang sholat di bawah tangga bisa menjadi salah satu alternatif pilihan terbaik yang dapat Anda aplikasikan di rumah Anda. Lokasi ini menjadikan ruang sholat terkesan lebih umum atau bukan ruang sholat privat seperti halnya suang sholat yang berada di dalam kamar.

Sehingga, ruang sholat ini bisa digunakan oleh siapa saja termasuk jika ada tamu di rumah Anda. Dengan demikian tamu akan tetap merasa nyaman melakukan ibadah di ruang sholat Anda, karena ruang sholat tersebut bukannya ruangan yang privat.

Bagi Anda yang tertarik dengan model dan tata letak ruang sholat di bawah tangga, Anda dapat langsung menjadikan contoh ini sebagai referensi utama dalam membuat ruang sholat di rumah Anda.

Ruang sholat minimalis pada space kosong di dalam rumah

Inspirasi selanjutnya adalah menjadikan space atau tempat kosong di rumah untuk dimanfaatkan sebagai ruang sholat. Space ini dapat Anda desain sedemikian rupa sehingga akan menjadi ruang sholat yang layak digunakan.

6 Ruang Sholat Minimalis di Rumah yang Menginspirasi 4
ruang sholat minimalis via blogpictures.99.co

Contoh di atas menjadi salah satu inspirasi desain ruang sholat dengan menambahkan kayu sebagai lantai ruangan. Kemudaian Anda dapat menambahkan peralatan ibadah di dalamnya.

Hal tersebut cukup simpel dan sangat gampang dilakukan. Jadi akan mempermudah Anda dalam membuat ruang sholat tersebut. Jadi Anda tidak perlu repot mendesain dengan berbagai macam furnitur tambahan layaknya di masjid besar.

Bagi Anda yang tertarik dengan desain ini, Anda bisa menjadikan contoh desain di atas sebagai referensi utama dalam merealisasikan ruang sholat idaman yang nyaman dan membuat Anda tetap khusuk dalam beribadah.

Ruang sholat minimalis pada ruangan khusus

Ispirasi selanjutnya adalah dengan sengaja mempersiapkan ruang sholat di area dalam rumah Anda. Walaupun, area tersebut sempit, sehingga Anda harus mendesain ruangan menjadi ruang sholat minimalis yang nyaman digunakan.

6 Ruang Sholat Minimalis di Rumah yang Menginspirasi 5
ruang sholat minimalis via i.pinimg.com

Anda hanya perlu menambahkan beberapa furnitur pelengkap dan menyimpan peralatan sholat di dalamnya. Jangan lupa perhatikan pencahayaan ruangan jika ruangan tersebut sempit.

Sehingga ruangan akan tetap nyaman digunakan dan Anda akan tetap khusuk dalam menjelankan ibdah sholat atau mengaji di dalamnya. Bagi Anda yang tertarik dengan ide ini, Anda bisa mengikuti desain di atas untuk di aplikasikan di rumah Anda.

Ruang sholat minimalis dekat dengan dapur

Ide desain ruang sholat minimalis yang terakhir adalah ruang sholat yang berada dekat dengan dapur. Desain ini dapat Anda buat dengan menambahkan pembatas tembok atau lainnya untuk membatasi antar ruangan.

Ruang sholat minimalisRuang ibadah ini bisa menjadi pilihan Anda karena ruangan tetap akan terkesan tidak privat. Jadi siapa saja akan nyaman melakukan ibadah di dalamnya, tanpa merasa sungkan.

Ruang sholat dengan desain ini dapat Anda ikuti dan jangan lupa untuk menambahkan berbagai funitur atau peralatan sholat yang dibutuhkan. Jadi ketika Anda hendak melakukan ibadah sholat, Anda tidak repot mencari peralatan tersebut, karena sudah ada di dalam ruang sholat.

Bagi Anda yang tertarik dengan ide desain ruang sholat ini, Anda dapat membuatnya menjadi bagain dari ruangan yang ada di rumah Anda. Jangan lupa untuk selalu membersihkan dan merapihkan ruangan agar ruangan tetap nyaman digunakan.

Beberapa rekomendasi tempat yang digunakan sebagai ruang sholat di atas diharapkan bisa menjadi salah satu hal yang menginspirasi Anda ketika hendak memutuskan untuk menghadirkan mushola dalam rumah kecil Anda.

Dengan demikian Anda akan memiliki ruang sholat minimalis dengan letak ruangan yang sesuai dengan keinginan Anda dan mendapatkan ruangan yang nyaman digunakan untuk beribadah.

Jangan lupa untuk selalu rajin membersihkan ruang sholat di rumah Anda. Sehingga Anda dan keluarga akan selalu merasanya ketika beribadah di dalam ruang sholat tersebut. (fy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.