Tips Menciptakan Ruang Serba Guna di Rumah Minimalis Anda

Sebagian besar pemilik rumah minimalis modern, menginginkan sebuah ruangan yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Adanya ruang serba guna ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal dari mulai yang semi formal hingga santai. Tidak cukup sulit menciptakan ruang serba guna di rumah. Anda hanya perlu memasukkan beberapa furniture yang tepat lalu menatanya dengan tepat sesuai kebutuhan.

Selanjutnya, setelah pemilihan perabot beres bisa dianjutkan dengan strategi penataannya. Yang pasti, memperbanyak furniture multifungsi bisa menjadi alternatif paling tepat untuk menciptakan ruang serba guna dengan cara sederhana.

Keunggulan memasang ruang multifungsi akan terasa pada alternatif penggunaan ruangan. Maka, sebetulnya kunci dari menciptakan ruang serba guna adalah pada furniturenya yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan pembuatan ruangan.

Mengubah Ruangan Tertentu yang Sudah Ada Menjadi Ruang Serba Guna, Bisakah?  

Ruang serba guna dapat diartikan sebagai desain ruangan multifungsi untuk melakukan berbagai hal sekaligus. Keberadaan ruang serba guna ini biasanya sengaja dibuat agar dapat dimanfaatkan secara fleksibel untuk melakukan aktivitas yang random.

Saat ini popularitas ruang serbaguan sendiri tidak hanya ada pada rumah minimalis saja. Sebab, rumah dengan ukuran besar pun terkadang diniatkan memilikinya. Hal ini lantaran fungsi dari ruang serba guna inilah yang banyak dijadikan fokus tujuan.

Ruang serba guna di rumah biasanya berupa sebuah ruangan yang dapat digunakan ntuk berbagai kegiatan keluarga besar.  Seperti misalnya untuk bersantai, tempat bermain anak-anak, menonton televisi, ruang baca, hingga ruang mengobrol sesama anggota keluarga.

Tidak heran, ruangan ini biasanya didesain sedemikian rupa agar memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi. Jika Anda terlanjur membuat rumah tanpa menyediakan ruang serba guna secara khusus, Anda bisa menyulap ruangan yang sudah ada. Nanti kita bahas di bawah ini beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan.

Ruang Serba Guna di Rumah, perabotan rumah multifungsi, furniture multifungsi untuk rumah kecil, meja makan serbaguna, furniture minimalis serbaguna furniture multifungsi furniture lipat multifungsi, cara membuat furniture multifungsi, meja makan multifungsi, desain kamar tidur multifungsi
Ruang serba guna di rumah dengan menyatukan fungsi anatar interior dan eksterior – Diminimalis.com

Tips Mudah Menciptakan Ruang Sederhana di Rumah

Bagi Anda yang ingin membuat ruang serba guna, sangat penting untuk memperhatikan kenyamanan penggunanya. Sebab, banyaknya item penggunaan ruangan akan membuat suasana tidak mendukung.

Ada beberapa hal yang dapat Anda perhatikan untuk membuat ruang serba guna yang nyaman. Bagi Anda yang penasaran mengenai apa saja yang harus diperhatikan, silahkan dibaca 3 tipsnya berikut ini.

1. Memilih perabot multifungsi

ruamh minimalis murah
dPerabot multi fungsi di ruang makan – diminimalis.com

Perabot multifungsi menjadi pilihan paling tepat untuk membuat ruang serba guna menjadi nyaman digunakan oleh siapapun. Perabot multifungsi ini memungkinkan aktivitas dalam ruangan terfasilitasi dengan baik.

  • Meja yang dilengkapi dengan rak

Furniture multifungsi yang dapat digunakan diantaranya ialah meja pendek yang dilengkapi dengan rak. Fungsi meja ini ialah untuk memberikan fasilitas ruang pada anak dalam melakukan aktivitasnya. Letakkan saja di salah satu sudut ruangan.

Selanjutnya, isilah rak pada meja tersebut dengan benda-benda yang dibutuhkan oleh anak. Bisa diisi dengan mainan favorit, buku-buku bacaan, alat tulis dan gambar, serta berbagai perlengkapan bermain/belajar lainnya.

  • Rak bertingkat

Perabot multifungsi yang kedua adalah rak susun yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai barang penting. Pilih rak model terbuka (tanpa tutup) dan yang tertutup (bisa berbentuk laci atau lemari kecil).

Anda bisa meletakkan aneka barang yang sering digunakan pada rak terbuka. Misalnya saja untuk meletakan keranjang kecil berisi barang-barang kecil seperti gunting, pemotong kuku, selotip, dan sejenisnya.

Model rak dapat Anda sesuaikan dengan luas ruangan. Bentuknya bisa berupa rak persegi panjang biasa atau berbentuk sudut sehingga mudah diletakkan di pojok ruangan. Rak juga dapat berupa rak gantung atau menempel pada dinding sehingga menghemat ruang.

  • Sofa

Perabot multifungsi lainnya adalah sofa. Anda bisa menggunakan sofa di ruang serba guna untuk duduk santai bahkan tiduran. Tempat duduk jenis ini sangat nyaman digunakan untuk bersantai dan istirahat sejenak. Jadi, untuk Anda yang mendambakan kenyamanan beraktivitas di ruang serba guna ini, sofa bisa dipilih untuk Anda hadirkan.

2. Perabot portabel

Selain mencari yang multifungsi, pilihlah juga perabot yang portabel. Maksud perabot portabel adalah yang dapat dengan mudah dibongkar pasang saat akan dan setelah digunakan.

Perabot portabel yang harus Anda miliki salah satunya adalah meja kecil. Saat Anda ingin menonton televisi sambil menikmati camilan misalnya, Anda bisa memasang meja portabel tersebut untuk menyajikannya.

Meja portabel juga dapat digunakan saat kita ingin membaca buku sambil bersantai di ruangan. Setelah selesai menggunakannya, Anda bisa melipat meja tersebut dan menyimpannya dengan rapi sehingga ruangan tidak terkesan sempit.

Perabot lainnya yang sebaiknya dipilih model portabel adalah rak yang dapat dilipat menjadi meja ketika dibutuhkan. Desain perabot kini mengutamakan kenyamanan dan keefektifan dalam pemanfaatan ruangan. Rak portabel ini salah satu contoh desain yang menarik untuk diaplikasikan pada rumah Anda.

3. Alat elektronik sesuai kebutuhan

Tips Aman Nonton TV Saat Hujan, penyebab tv tersambar petir, cara menonton tv saat hujan
Sesuaikan kebutuhan berbagai alat elektronik Anda – Diminimalis.com

Tidak lengkap rasanya jika ruang serba guna di rumah tidak dilengkapi dengan peralatan elektronik tertentu. Hal ini karena aktivitas paling padat biasanya dilakukan di ruang serba guna ini, selain di kamar tidur tentunya.

Adapun alat elektronik yang harus ada adalah televisi. Ya, televisi sepertinya menjadi hal wajib yang perlu dipasang di ruang serba guna. Kita bisa menonton channel favorit bersama keluarga atau sekedar bersantai alias tiduran.

Selain televisi, alat elektronik yang bisa Anda tambahkan adalah konsol game. Anda bisa bermain game favorit bersama keluarga dan sahabat terdekat. Selain itu, Anda bisa tambahkan juga home theatre jika mau.

Penempatan alat elektronik pada ruang serbaguna juga sebagai kontrol secara tidak langsung mengenai apa yang ditonton anak. Hal ini menjadi penting karena ada banyak tontonan yang kurang mendidik untuk anak-anak.

Jika kita meletakkan televisi di dalam kamar, maka kontrol terhadap hal tersebut akan sangat sulit dilakukan. Kita juga tidak akan mudah mengetahui apa yang dilakukan anak di dalam kamarnya. Membiarkan mereka beraktivitas di ruang serba guna membuat kita dapat mengontrol mereka dengan lebih mudah.

Anda juga dapat membuat aturan mengenai kapan jam menonton televisi dan bermain game pada anak jika memusatkan semuanya dalam satu tempat. Sebuah cara yang sangat membantu Anda dalam mengawasi kegiatan anak di rumah, bukan?

Itu tadi 3 hal yang dapat Anda jadikan sebagai referensi agar Anda dapat membuat ruang serba guna yang nyaman di dalam rumah. Berbagai desain dan terobosan baru pada furniture modern memungkinkan mewujudkan ruangan serba guna di rumah dengan mudah.

Bagi Anda yang ingin membuat ruang serba guna di rumah, Anda bisa mempertimbangkan hal di atas sebagai solusi mudah. Pemilihannya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan anggota keluarga sehingga tercipta kenyamanan dalm menggunakan ruangan tersebut.(us) editted by RN12072020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.