Tidak sedikit orang di era milenial saat ini yang “mager” alias malas gerak untuk sekedar berolahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Nah, dengan adanya ruang olahraga di rumah maka harapannya bisa menghilangkan kemalasan itu.

Tidak ada lagi alasan tidak punya waktu untuk pergi ke gym atau malas harus kena panas dan atau macet hanya untuk lari-lari berkeringat.

Dengan adanya ruang olahraga di rumah maka pikiran semacam itu lama kelamaan akan hilang. Semangat untuk menjaga kebugaran akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Peralatan-peralatan yang ada di ruang olahraga pribadi ini juga nantinya tidak harus selengkap di tempat gym. Cukup beli peralatan yang memang diperlukan dan sesuai dengan keinginan.

Misalnya di luar sukanya lari-lari maka Anda bisa beli treadmil, suka angkat beban bisa beli burble, dan sebagainya. Pembeliannya bisa dibeli bertahap, syukur-syukur ada anggaran cukup untuk membelinya sekaligus.

Setidaknya berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika memiliki ruang olahraga di rumah.

Manfaat memiliki ruang olahraga di rumah, desain ruang fitness di rumah, ruang fitnes di rumah
Ruang olahraga di rumah minimalis – diminimalis.com

Manfaat Memiliki Ruang Olahraga di Rumah

Berikut ini setidaknya beberapa manfaat memiliki ruang gym di rumah:

1. Jadi hemat waktu

Berolahraga di rumah jelas lebih menghemat waktu karena Anda tidak perlu keluar ke tempat fitness atau ke alun-alun/lapangan untuk cari keringat.

Anda hanya cukup menyisakan satu ruang khusus untuk olahraga di rumah, menambahkan beberapa peralatan khusus seperti di gym dan jadilah lokasi olahraga favorit. Anda bisa berolahraga di pagi hari, sore atau kapanpun.

Bahkan kalau belum ada biaya besar untuk beli peralatan, Anda bisa membuat alat-alat fitness DIY. Silakan cari saja di Youtube atau Google tentang peralatan buatan sendiri yang bisa menggantikan burble atau angkat beban.

Salah satu contohnya burble dari cetakan semen sebagai bebannya. Kemudian cara yang sama bisa juga untuk angkat badan dimana cukup dengan besi yang ditanam kemudian dibuat pegangan di atasnya.

Manfaat memiliki ruang olahraga di rumah, desain ruang fitness di rumah, ruang fitnes di rumah
dengan memiliki ruang fitnes atau ngegym sendiri, Anda tidak perlu keluar rumah menuju pusat kebugaran – diminimalis.com

2. Jadi hemat biaya

Selain hemat waktu, berolahraga di rumah juga dapat memangkas anggaran ngegym yang atau ke pusat kebugaran.

Untuk melengkapi peralatan ruang fitness sendiri di rumah, Anda cukup menyiapkan alat-alat olahraga sesuai kebutuhan Anda, seperti alat treadmill dan barbel.

Seperti sudah disinggung di atas, agar misi penghematan lebih berhasil, Anda bisa mengganti alat-alat biasa dengan DIY.

Sebagai tambahan, meski ini memakan tambahan biaya, guna mempercantik ruang olahraga Anda, tambahkan space khusus untuk break. Anda bisa tambahkan sofa dan TV untuk menemani sesi istirahat Anda dan keluarga sesaat setelah berolahraga.

Untuk peletakan TV sebaiknya diposisikan di atas dinding agar ruangan tidak nampak penuh. Sementara sofa ditata sedemikian rupa agar kenyamanan bisa tetap terjaga.

3. Anda jadi lebih disiplin berolahraga

Efek positif lain dari memiliki ruang olahraga di rumah adalah kedisiplinan jadi bisa diprioritaskan. Anda kemungkinan akan jadi lebih rajin berolahraga ketimbang saat tidak punya ruangan khusus ini.

Agar lebih termotivasi untuk membudayakan olahraga, Anda bisa menempelkan beberapa poster tim olahraga atau atlet favorit Anda, dijami Anda akan lebih bersemangat.

4. Kesehatan jadi terjaga

Kesehatan adalah tujuan akhir dari merutinkan aktivitas olahraga. Dengan adanya ruang olahraga di rumah, maka semuanya akan jauh lebih mudah.

Apalagi jika ruangan yang dipilih untuk disulap jadi ruang olahrag terbilang representatif, maka mood berolahraga juga pasti meningkat.

5. Privilege rumah jadi terangkat

Selain kesehatan, manfaat lain dari memiliki ruang olahraga di rumah adalah soal keindahan pada hunian minimalis modern. Saat ini banyak orang berlomba-lomba untuk menyediakan ruangan khusus untuk berolahraga di rumah.

Dengan Anda memilikinya juga maka privilege Anda juga akan naik. Setidaknya jika ada teman Anda berkunjung jadi ada sesuatu hal lain yang bisa dilakukan.

Ide Desain Ruang Olahraga di Rumah, Perhatikan 6 Hal ini

Agar ruang olahraga pribadi Anda makin sempurna, Anda perlu melakukan beberapa sentuhan. Perhatikan 6 hal berikut ini.

Anda perlu menambahkan alas lantai ruangan

Ruang olahraga identik dengan gerakan-gerakan yang menghasilkan keringat. Jadi, disinilah fungsi karpet itu bekerja, yaitu sebagai media alas agar tidak licin dan aman.

Anda perlu menambahkan alas lantai baik berupa karpet ataupun sejenisnya. Selain demi keamanan sendiri saat bergerak, juga bisa melindungi lantai ruangan dari kerusakan karena biasanya akan rawan sekali rusak akibat gesekan dengan alat-alat gym.

Tentukan arah hadap

Mood dalam berolahraga di rumah juga perlu dibangun dan salah satunya adalah faktor suasana sekitar ruangan. Untuk itulah perlu krianya untuk Anda tentukan kemana arah hadap ruang olahraga Anda.

Saran kami, bila memungkinkan, cari ruangan yang menghadap ke luar rumah agar mood berolahraga makin semangat. Namun jika memang tidak ada, utamakan yang memang ada banyak ventilasi jendela.

Tambahkan cermin

Seperti halnya di tempat gym di luaran sana, cermin juga perlu ada di ruang olahraga pribadi Anda.

Cermin ini bisa berfungsi untuk mengatur gerak postur tubuh agar lebih mudah dilakukan dengan benar. Selain itu, efek cermin juga bisa memberikan kesan luas pada ruangan sehingga akan sangat bermanfaat untuk ruangan yang terbatas.

Tambahkan ruangan penyimpanan alat-alat olahraga dan perlengkapan lainnya

Di ruang olahraga pribadi juga perlu disediakan semacam loker untuk menyimpan barang-barang. Bisa untuk menyimpan alat-alat gym berukuran kecil yang tidak dipakai atau perlengkapan pribadi yang dibawa ke ruang gym seperti topi atau HP.

Ruang penyimpanannya tidak perlu yang terlalu besar, cukup loker mungil dengan model beberapa tingkat sudah cukup untuk melengkapi ruang olahraga Anda.

Baca juga: Manfaat bermain tenis meja di rumah minimalis Anda sendiri

Bila perlu lengkapi dengan TV/audio Set

TV juga bisa jadi media hiburan di saat jeda ngegym. Atau bisa juga untuk memutar video panduan melakukan gerakan tertentu.

Bila bukan TV, Anda bisa juga menambahkan perangkat audio sekedar untuk membantu menikmati momen berolahraga.

Elemen dekorasi juga penting

Terakhir, sebagai bagian dari mengutamakan kenyamanan selama berolahraga di rumah, Anda bisa menambahkan beberapa elemen dekorasi.

Misalnya dengan menempel poster atlet favorit atau sekedar wall painting berisi tulisan motivasi. Ini akan membantu mood Anda terjaga sebelum dan selama berolahraga.

Mungkin itu saja ulasan singkat dari kami tentang Ide desain ruang olahraga di rumah dan manfaat memilikinya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi gambaran ringkas untuk Anda. (ls) editted by RN13092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *