Tips Mudah Mendesain Ruang Makan yang Nyaman

Ruang makan adalah satu diantara beberapa ruangan dalam rumah yang intensitas penggunaannya cukup tinggi. Ruangan ini hampir setiap hari digunakan untuk berkumpul satu keluarga, yakni untuk makan bersama. Mengingat pentingnya fungsi ruang makan, maka jelas sekali perlu didesain secara khusus. Tujuannya ialah agar momen bersantap jadi nyaman dan tidak ada hal apapun yang mengganggu.

Dengan terciptanya ruang makan yang nyaman, kami yakin aktivitas memasak juga lebih semangat, karena tempat hidangannya yang bagus. Nah, seperti apa sih desain ruang makan yang nyaman itu? Bagaimana caranya agar ruang khusus bersantap yang minimalis tersebut jadi representatif?

Apakah perlu ditambahkan sofa atau tanaman khusus di salah satu sudut ruang, atau bagaimana? Kita akan bahas lebih jauh soal ini selengkapnya di bawah ini.

Alasan Kenapa Ruang Makan Harus Didesain Senyaman Mungkin

Ruang makan yang nyaman harus ada di dalam sebuah rumah yang ingin dikatakan bagus. Mengapa penting membuat ruang makan jadi nyaman? Tentu selain karena Anda sekeluarga yang menggunakannya, bisa jadi juga sesekali dipakai untuk menjamu tamu yang datang atau menginap di rumah.

Alasan berikut ini mungkin akan membantu Anda memahami bagaimana seharusnya ruang makan yang nyaman itu dibuat.

Pertama, ruang makan adalah tempat untuk aktivitas yang serius tapi santai (baca: makan)

Ya, ruang makan jadi tempat yang bisa dibilang sakral seperti halnya kamar mandi, lantaran hampir tiap hari dipakai. Seringnya kuantitas pemakaian maka menjadi penting untuk membuatnya selalu nyaman saat dipakai. Meja, kursi, lampu, dengan segala furniture yang ada di dalamnya mesti didesain sebaik mungkin. Tentu saja agar suasana berkumpul untuk makan bisa tetap santai dan enjoy meski sedikit serius.

Kedua, ruang makan identik dengan nuansa keramahan

Dalam ajaran islam, ketika tamu datang maka sebagai tuan rumah harus menyuguhkan jamuan terbaik dengan cara yang terbaik. Mungkin Anda memasak makanan yang sangat lezat, namun karena tidak didukung ruang makan yang nyaman bukankah jadi aneh? Nah, disinilah pentingnya ruang makan dibuat senyaman mungkin. Sehingga, misalnya tamu datang dan bersedia untuk makan bersama akan terkesan diberi sambutan terbaik Anda.

Ruang Makan Nyaman, desain Ruang Makan Nyaman, gambar Ruang Makan Nyaman, ruang makan lesehan, ruang makan lesehan minimalis, interior ruang makan lesehan, contoh ruang makan lesehan

desain ruang makan lesehan di samping ruang tengah yang nyaman- diminimalis.comruang makan

Tips Membuat Ruang Makan yang Nyaman untuk Keluarga

Ruang makan kecil (minimalis) sejatinya tidak memerlukan banyak ornamen dan dekorasi yang kompleks. Akan tetapi, yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana memanfaatkan sebaik mungkin space yang ada agar tetap nyaman. Nah, bagaimana sih kiat mendesain ruang makan yang nyaman itu?

1. Memilih warna dominasi ruangan yang tepat

Desain ruang makan yang nyaman ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pemilihan warna dinding ruangan. Mengingat ruang makan sama pentingnya dengan ruang tamu atau kamar tidur maka membuatnya nyaman dipandang adalah sebuah keharusan. Rencanakan konsep warna dinding dan furniture utama didominasi oleh warna yang cerah.

Khusus untuk pemilihan warna dindingnya, Anda dapat menggunakan warna putih atau krem guna menciptakan nuansa ruang makan yang lebih luas. Hindari penggunaan warna-warna gelap dan cerah mencolok seperti biru dan merah. Sebab, warna seperti ini kurang cocok, biru sendiri memiliki efek psikologis yang dapat mengurangi nafsu makan. So, hindari warna itu.

2. Memilih furniture yang unik

Meskipun warna-warna polos sudah sesuai dengan konsep ruangan, namun kadang masih saja terlihat begitu membosankan. Tahu kenapa? Mungkin saja karena furniturenya yang kaku. Nah, agar tidak terlihat terlalu monoton, Anda dapat menggantinya dengan furniture yang unik. Gunakan kursi panjang dengan model yang unik berbentuk gelombang tidak beraturan atau meletakkan sofa berbentuk huruf L.

Pemilihan dan penataan furniture akan membuat ruang makan terlihat berbeda nuansanya. Apalagi jika furniture yang dipilih juga memiliki warna yang menyejukkan mata. Ruang makan seperti ini pasti akan membuat suasana bersantap makin meriah.

 

interior dapur

dapur berwarna serasi denganyag menyatukan dengan ruang makan – diminimalis.com 

 

3. Membuat ruang makan dan dapur jadi satu

Bagi Anda yang tidak memiliki lahan cukup luas, Anda dapat memanfaatkan dapur sebagai ruang makan sekaligus. Anda bisa memanfaatkan elemen partisi ruangan baik portable ataupun permanen sebagai pemisahnya.

Untuk mendapatkan nuansa dapur + ruang makan yang bagus, maka strategi pengkombinasiannya juga harus jelas. Pilih warna kursi dan meja makan yang selaras dengan warna dinding serta perabotan dapur. Tujuannya agar tidak terlihat kontras. Dengan warna yang selaras maka dua ruangan yang jadi satu ini akan terlihat lebih dari sekedar ruangan biasa.

4. Meletakkan beberapa ornamen di dinding

Ide lain untuk membuat ruang makan nyaman adalah dengan menambahkan ornamen pada dinding. Anda bisa meletakkan lukisan yang sesuai dengan konsep ruang makan Anda. Selain lukisan, Anda juga bisa menempelkan wall sticker unik. Pilih tema kuliner dengan warna yang sesuai dengan dinding agar semakin serasi secara estetika.

Penambahan ornamen pada dinding akan membuat menghias ruang makan minimalis Anda terlihat lebih santai dan hangat. Tentu ada banyak ide lain mengenai dekorasi ini, Anda bisa mengeksplorasinya. Jangan ragu untuk mencoba hal baru yang dirasa bagus untuk tampilan rumah Anda.

5. Pencahayaan dan ventilasi udara

Ruang makan yang bagus sama dengan ruangan lainnya, ada hal lain yang mesti diperhatikan, yaitu pencahayaan dan ventilasi. Jika keduanya diabaikan maka bisa jadi kenyamanan akan sangat terganggu. Oleh karenanya, dua hal ini harus ada di prioritas Anda.

Buatlah di salah satu sisi ruang makan beberapa jendela yang mampu menjadi sumber sirkulasi udara. Sementara untuk pencahayaan malam, bisa gunakan lampu ruangan yang terang. Pilih lampu penerangan yang berwarna putih agar suasana ruang nampak luas. Sebagai ganti jendela yang mensirkulasi udara, bisa Anda adopsi kipas angin gantung agar lebih praktis.

6. Penambahan dekorasi

Hampir sama dengan ide menambahkan ornamen, elemen dekorasi ini lebih pada penambahan hal-hal yang lebih penting. Misalnya tambahkan taplak atau penutup meja makan yang akan membantu makanan tetap terjaga. Perlu juga ada lap yang berguna untuk membantu membersihkan meja dari kotoran atau saat tak sengaja terkena air dan basah.

7. Komitmen pembersihan

Terakhir, agar tips desain di atas berjalan sempurna, maka komitmen ini penting dilakukan. Lakukan pembersihan serajin mungkin pada area makan agar furniture yang ada tetap terjaga keawetannya. Selain itu, pembersihan ruang makan secara rutin akan menghindarkan Anda dari kesan jorok dari penilaian tamu yang datang.

Tujuh tips di atas sangat mudah untuk Anda terapkan. Tidak perlu rumah yang mewah untuk mendapatkan kenyamanan saat bersantap bersama orang tersayang. Cukup dengan memaksimalkan ide desain di atas, keinginan Anda akan terwujud.

Ruang makan minimalis sebaiknya tidak terlihat monoton. Dengan memanfaatkan kreativitas yang dimiliki, bukan tidak mungkin ruang makan minimalis Anda jadi lebih unik. Jadi, ruang makan yang nyaman itu penting kan ya? (ls) editted by RN22042020


Comment