Bicara soal pekerjaan atau tugas di tengah apa-apa serba teknologi seperti sekarang ini, tentu tidak bisa lepas dari yang namanya komputer/PC. Banyaknya pekerjaan di kantor atau di kampus jika sedang kuliah biasanya sulit dikejar karena persoalan waktu dan fokus. Untuk itulah, ruang komputer pribadi ini dibuat harapannya bisa membantu memfasilitasi Anda dalam menyelesaikan tugas/pekerjaan apapun saat fisik sudah di rumah.

Kali ini kita tidak bicara soal pekerjaan atau tugas kuliah Anda ya. Akan tetapi bicara soal desain komputer pribadi seperti apa yang bisa Anda buat agar benar-benar efektif menunjang pekerjaan/tugas Anda yang tertunda.

Pada prinsipnya, membuat ruang komputer pribadi di rumah tidak ada hal yang benar-benar harus dipikirkan secara masak. Hanya saja karena komputer adalah alat elektronik, yang berarti hubungannya dengan listrik maka perlu kehati-hatian dalam hal instalasinya.

Penting tidak pentingnya tentu juga berbeda jika di rumah Anda tidak ada anak kecil. Keamanannya tentu tidak se “harus dipikirkan” itu. Meski demikian karena bahaya tidak memandang usia, jadi sudah semestinya kita tidak boleh mengabaikannya. Nah, sekarang seperti apa tips mendesain ruang komputer di rumah yang nyaman dan aman? Mari kita bahas.

Tren Desain Ruang Komputer Pribadi dan Manfaatnya

Kalau ditelusuri, alasan banyak orang mendesain ruang kerja pribadi di rumah adalah karena mobilitas tugas/pekerjaan di kantor yang sering kali belum cukup waktu untuk diselesaikan. Selain itu, adanya komputer karena memang alat ini sebagai piranti utama penunjang pekerjaan. Disinilah pentingnya ruang komputer dibuat senyaman mungkin agar mampu mendukung selesainya pekerjaan Anda.

Setidaknya ada dua manfaat dari memiliki ruang komputer pribadi, yaitu:

Pertama, pekerjaan yang belum selesai di kantor/kampus akan terbantu terselesaikan di rumah. Anda akan lebih fokus mengerjakannya karena di ruangan khusus.

Kedua, menjadi ada tempat untuk dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan atau kuliah di kampus. Setiap Anda membutuhkan hal-hal berkaitan dengan keperluan kantor atau kampus bisa dengan mudah dicari karena lokasinya khusus satu tempat.

Dua manfaat tersebut sebetulnya sudah cukup sebagai alasan kuat kenapa di rumah Anda perlu ada ruangan komputer pribadi. Tidak harus membangun ruangan dari nol kok, jika ada ruangan yang tidak terpakai bisa Anda sulap jadi ruang komputer. Anda tinggal menambahkan meja dan kursi untuk meletakkan komputer. Lalu tambahkan furniture lemari rak portable untuk meletakkan dokumen-dokumen. Cukup.

Tips Merancang Ruang Komputer Pribadi yang Aman dan Nyaman

Ruang komputer menjadi bagian dari interior rumah yang harus diperhatikan desainnya dengan benar. Sebab, ruangan ini tidak sama dengan ruang lain yang mana ruangan lain biasanya hanya butuh diperhatikan kerapian dan kebersihannya saja. Ruang komputer pribadi butuh perhatian lebih karena ada banyak komponen elektronik yang rentan terhadap kerusakan dan membahayakan anggota keluarga.

Nah, setidaknya ada tiga hal penting yang harus Anda perhatikan ketika hendak merancang ruang komputer pribadi.

1. Keamanan

Kenapa keamanan menjadi prioritas pertama yang harus Anda perhatikan? Tidak lain adalah karena tadi, ruangan ini tidak jauh dari yang namanya listrik. Akan sangat bahaya jika keamanannya tidak diperhatikan.

Salah satu upaya yang bisa diusahakan untuk menjamin keamanan yang baik adalah saat proses instalasi. Perhatikan pemasangan kabel-kabel komputer agar tidak berpotensi menjadi sumber bahaya sengatan listrik. Salah satu indikasi instalasi kabel yang aman adalah rapi, jalur sumber listriknya jelas, dan tidak semrawut. Selain itu jumlah sambungan antar kabel juga terbilang sedikit, menggunakan kabel berkualitas plus terlindungi oleh isolatif jika terpaksa harus ada sambungan.

2. Kenyamanan

Prioritas kedua seetelah keamanan adalah kenyamanan. Ini subjektif oleh Anda karena Anda lah yang akan memakainya. Gaya penataan seperti apa yag menurut Anda nyaman tentu berbeda dengan pandangan orang lain. Yang jelas, untuk medeskripsikan kenyamanan dengan tepat, Anda mesti memperhatikan hal lain-lainnya.

Misalnya, jika Anda sulit fokus tanpa mendengarkan musik, Anda bisa menambahkan audio speaker di samping komputer. Atau kalau Anda termasuk yang sulit bekerja tanpa ngemil bisa tempatkan meja khusus untuk tempat cemilan. Hal-hal seperti ini tidak salah untuk Anda jadikan tambahan elemen desain asalkan Anda tahu batasannya. Yaitu menjaga agar tidak berdampak pada bahaya listrik dan atau kerusakan barang elektronik di ruang komputer pribadi Anda.

3. Efektivitas dan Efisiensi

Terakhir, fokuslah pada fungsi ruangan ini. Jika tujuan mendesain ruang kerja di rumah adalah untuk menunjang pekerjaan maka sebisa mungkin dibuat suasana dan konsepnya yang benar-benar mendukung pekerjaan. Anda tidak disarankan menambahkan hal-hal lain yang kurang mendukung dan hanya berpotensi mengalihkan fokus.

Hindari tambahan fasilitas yang membuat Anda cenderung menunda pekerjaan, misalnya game console/play station. Sebaiknya fasilitas yang berpotensi mengalihkan semangat kerja atau nugas tidak ada di ruang komputer. Bila perlu, buat tulisan yang mengatur diri Anda sendiri untuk tidak menggunakan gadget selama di ruang komputer pribadi.

Contoh Inspirasi Desain Ruang Komputer Pribadi di Rumah Minimalis

Setelah kita memahami pentingnya tahu cara menata ruang komputer pribadi dengan mengutamakan keamanan, kenyamanan, dan efektivitas efeisiensi. Selanjutnya, kami suguhkan contoh desain ruang komputer pribadi yang ideal untuk ada di rumah minimalis.

 ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
ruang komputer dekat jendela yang sejuk dan nyaman – diminimalis.com
 ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
ruang komputer didukung lampu duduk sebagai penerang tambahan – diminimalis.com
 ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
ruang komputer dengan jendela lebar yang membuat udara selalu segar – diminimalis.com
 ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
ruang komputer dengan cahaya alami yang maksimal – diminimalis.com
 ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
ruang kpmouter di dalam kamar yang nyaman -diminimalis.com
 ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
ruang komputer yang rapi membuat nyaman bekerja – diminimalis.com
 ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
ruang komputer di sudut ruangan yang nyaman – diminimalis.com
 ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
ruang komputer dengan udara dan cahaya alami yang maksimal – diminimalis.com
 ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah
ruang komputer yang nyaman untuk bekerja – diminimalis.com
desain ruang kerja di rumah, desain ruang kerja di rumah minimalis, interior desain ruang kerja di rumah, desain ruang kerja pribadi
ruang komputer pribadi dengan pencahayaan yang maksimal – diminimalis.com

Bagaimana, tertarik untuk membuat ruang komputer pribadi di rumah? Lebih banyak manfaatnya kan ketimbang kerugiannya? Yuk dicoba! Semoga berhasil ya! (ls) editted by RN09012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *