Tips Mengatur Desain Tata Ruang Keluarga Simpel yang Mudah

Bicara soal desain ruang keluarga, ruangan yang satu ini memiliki ciri khas penataan yang cenderung santai. Untuk itu, desainnya akan cocok jika dibuat simpel saja asalkan nyaman. Ada banyak cara mewujudkan desain ruang keluarga simpel mulai dari meminimalisir perabot hingga menghindari penambahan aksesoris yang kurang penting.

Di bawah ini mari kita bahas bagaimana tips terbaik mendesain ruang keluarga simpel tanpa banyak mengeluarkan biaya. Kita akan awali dari peran penting ruang keluarga dalam sebuah rumah atau hunian.

Desain Ruang Keluarga Simpel dan Keuntungannya

Ruang keluarga memang menjadi satu dari sekian ruangan yang seringkali tidak masuk prioritas utama ketika tengah membangun atau membeli hunian. Padahal, ruang keluarga yang terlihat apik dan nyaman juga sangatlah penting demi menjaga keharmonisan keluarga.

Ruang keluarga akan menjadi tempat yang sangat tepat untuk berkumpul setiap harinya. Di ruangan keluarga, berbagai obrolan mulai dari yang ringan hingga yang serius bisa tercipta. Selain itu, meski ruang keluarga simpel namun terlihat apik juga akan membuat Anda merasa puas.

Terutama ketika ada tamu atau keluarga yang datang, tentu saja ruang keluarga yang menarik akan bisa Anda banggakan. Dalam menata ruang keluarga lesehan sendiri cukup mudah dan banyak keuntungan yang bisa didapat. Salah satunya ialah perabot tidak perlu banyak-banyak yang berpotensi memakan biaya besar.

Apalagi, konsep lesehan sendiri sering jadi idaman karena nuansa santai akan lebih terasa dibandingkan dengan kursi dan sofa. Seperti tidak ada perbedaan tinggi duduk. Dengan hanya menggelar karpet yang empuk maka Anda sudah bisa berecengkerama sembari menonton TV dengan nyaman.

 Ruang Keluarga Dengan Penataan yang Simpel, desain ruang keluarga sederhana, ruang tv sederhana, ruang keluarga lesehan, ruang makan sekaligus ruang keluarga, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, menata ruang tamu sederhana, desain ruang tamu kecil, cara menata ruang tamu ukuran 3x3
Salah satu contoh ruang keluarga dengan penataan minimalis yang simpel – Diminimalis.com

Tips Menata Ruang Keluarga Simpel Agar Terlihat Apik

Ruang keluarga meski sederhana akan tetap bisa terlihat apik dan nyaman jika dirancang penataannya dengan benar. Jika penataan ruang keluarga ditata dengan tepat, maka seberapapun luas ruangannya akan tetap bisa terlihat menarik.

Agar lebih paham, di sini telah dirangkum beberapa hal yang penting terkait cara mewujudkan ruang keluarga simpel agar terlihat apik. Untuk lebih jelasnya, simaklah uraiannya berikut ini:

• Tentukan konsep yang simpel namun menarik

Ada banyak konsep desain ruang keluarga simpel yang sudah banyak dipakai. Namun jika Anda tidak ingin repot dan tidak ingin mengeluarkan banyak uang, maka buatlah konsep yang sederhana saja.

Anda cukup utamakan soal kenyamanan dan fungsinya tanpa harus pusing memikirkan gaya yang muluk-muluk. Jika ini berhasil maka langkah selanjutnya akan lebih mudah.

desain ruang tv sempit-diminimalis.com.png7.png
Pilihlah furniture ruang keluarga yang simpel dan minimalis – Diminimalis.com

• Pilih furniture minimalis berdasarkan prioritas

Pemilihan furniture yang tepat dengan gaya modern akan membuat Anda mendapatkan ruang keluarga yang terlihat menarik tanpa bersusah payah.

Ya, pembelian furniture untuk ruang keluarga seperti sofa santai, meja, rak, dan sebagainya akan sangat cepat membuat tampilan ruang keluarga Anda menjadi apik. Anda bisa membeli berbagai macam furniture minimalis agar bisa menghadirkan ruang bersantai yang hangat, modern, dan lega.

Pemilihan furniture untuk ruang keluarga sendiri sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Masing-masing hunian pastinya akan memiliki jumlah anggota keluarga yang berbeda-beda. Perhatikan kapasitas tempat duduk jika Anda membeli sofa atau kursi santai.

Selain itu, bisa juga Anda memilih karpet sebagai salah satu media untuk memperkuat nuansa kedekatan. Karpet juga bisa berfungsi sebagai tempat lesehan jika memang dibutuhkan.

Maksimalkan space ruangan

Ruang keluarga perlu dibuat senyaman mungkin dan sebaiknya jauh dari sesak. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk memaksimalkan ruangan terutama ketika menata furniture-furniture nya. Ya, tempatkan berbagai macam furniture menjorok ke dinding ruangan agar semakin tercipta ruang keluarga yang terkesan luas.

Selain itu, penataan ruangan juga sebaiknya memberikan keleluasaan anggota keluarga untuk berkumpul. Jangan sampai berbagai furniture yang Anda miliki justru berpotensi mengganggu aktivitas atau kegiatan anggota keluarga ketika berkumpul.

Tentu saja, peletakan yang tepat juga harus menyesuaikan dengan ukuran dan banyaknya produk furniture yang akan diletakkan di ruang keluarga.

• Penentuan tema warna ruangan

Interior rumah sangat sederhana-diminimalis.com
Ruang keluarga dengan warna yang senada -diminimalis.com

Apa warna terbaik yang bisa dipilih untuk ruang keluarga? Masing-masing bisa jadi akan memiliki pendapat yang berbeda. Namun untuk ruang keluarga yang dibuat secara simpel atau sederhana, Anda bisa memilih warna terang baik ketika memilih menggunakan cat maupun wallpaper. Pemilihan warna terang akan membuat ruang keluarga terbilang hangat dan nyaman untuk dijadikan tempat berkumpul.

• Hilangkan kesan tegang dengan lukisan atau hiasan

Salah satu cara mempercantik ruang keluarga adalah dengan menambahkan aksesoris. Pada dinding ruang keluarga, Anda bisa menghilangkan kesan tegang dengan menyematkan lukisan atau hiasan. Berbagai jenis karya seni bisa Anda sematkan pada ruang keluarga agar semakin hangat dan menarik.

Namun perlu diingat, jika Anda ingin menyematkan karya seni seperti lukisan atau hiasan kerajinan tangan, maka pilihlah yang memang menarik untuk dipandang. Selain itu, usahakan untuk tidak membuat dinding terlihat penuh karena bisa membuat ruangan terasa sesak.

• Lengkapi sarana hiburan

Ruang keluarga umumnya menjadi ruangan yang penuh dengan suasana santai. Untuk bisa mewujudkannya, bukan hanya sekadar menciptakan ruangan yang mendukung namun perlu juga diberikan berbagai macam sarana hiburan. Berbagai barang elektronik seperti TV yang dilengkapi dengan home theater pastinya akan mendukung berbagai keceriaan di ruang keluarga.

• Alternatif ruang keluarga tanpa sofa

Jika Anda tidak ingin menggunakan sofa, ruang keluarga juga bisa dikonsep lesehan. Anda cukup membeli karpet hangat yang nyaman untuk disinggahi dan juga lengkapi dengan bantal besar serta bean bag untuk bersantai. Alternatif ruang keluarga seperti ini sangatlah simpel namun tetap terlihat apik untuk sebuah ruang tv sederhana.

Jika Anda sedang merancang ruang keluarga dengan penataan yang simpel, maka sebaiknya libatkan anggota keluarga Anda. Sangatlah penting untuk Anda melibatkan siapa saja anggota keluarga yang tinggal pada hunian yang sedang Anda rancang ruang keluarga.

Penentuan konsep, pemilihan warna ruangan, pemilihan furniture, hingga penataan ruangan sebaiknya dibuat secara bersama-sama agar semua anggota keluarga bisa ikut andil menciptakan ruang keluarga yang hangat dan menarik.

Selain mengupayakan dekorasi ruang keluarga simpel, pastikan juga Anda baca tips menata ruang tamu sederhana dengan cara yang simpel namun terlihat menawan, agar interior Anda nampak semakin indah dan mempesona.(an) editted by RN11112020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.