Ruang Keluarga Lesehan, Penambah Kedekatan Anggota Keluarga Anda

Ruang keluarga adalah salah satu ruangan dalam rumah yang memiliki fungsi yang cukup sentral. Tidak hanya sebagai tempat berkumpul sesama anggota keluarga, ruang  ini juga bisa jadi tempat berkumpul bersama teman/sahabat. Oleh karenanya, konsep apapun yang diusung harus memenuhi kriteria aman dan nyaman.

Ruang keluarga lesehan bisa jadi solusi untuk mengatasi kebosanan desain keluarga Anda. Konsep desain ini sebaiknya diterapkan pada rancangan rumah minimalis. Ruang keluarga sebaiknya difungsikan sebagai tempat santai agar dapat menambah intensitas kedekatan bagi seluruh anggota keluarga.

Untuk mewujudkannya tidak perlu membuat rancangan yang mewah. Dengan mengaplikasikan desain ruang lesehan, selain mengefisienkan ruang, hal ini bisa memberikan kesan dekat dan santai.

ruang keluarga lesehan, ruang keluarga lesehan minimalis, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa
ruang kelaurga lesehan dengan karpet yang indah dan nyaman – diminimalis.com

Ide Desain Ruang Keluarga Lesehan Minimalis

Bosan dengan ruang keluarga yang biasa-biasa saja? Ruang keluarga berkonsep lesehan bisa jadi alternatif terbaik. Setiap anggota keluarga bahkan bisa lebih dekat sau sama lain dalam suasana yang santai. Oleh karenanya, setiap elemen penunjang seperti furniture sebaiknya benar-benar diperhatikan. Sebab,  jika tidak begitu konsep lesehan yang ingin diusung tidak terwujud dengan baik.

Nah, hal-hal berikut bisa Anda jadikan ide dalam mendesain ruang keluarga lesehan:

1. Masukkan bean bag sebagai pengganti kursi/sofa

Ruang keluarga berkonsep lesehan erat kaitannya dengan suasana yang santai dan cair. Untuk menunjang itu maka perlu adanya elemen dan furniture yang juga mengusung konsep santai. Anda bisa menambahkan bean bag sebagai sarana untuk duduk santai dan bercengkerama. Anda bisa menambahkan beberapa buah bean bag dengan warna yang sesuai dengan tema ruangan yang diusung.

Sekedar saran, untuk mendapatkan nuansa cerah dan semangat, pilihlah warna-warna yang terang; kuning, merah, biru, orange dan lain-lain. Dengan keberadaan bean bag tersebut, suasana ruang keluarga yang sebelumnya terlihat formal, kini dapat diubah menjadi lebih santai dan cozy.

2. Pilih karpet yang paling nyaman

Kita tahu, bahwa konsep lesehan berarti duduk di lantai dengan alas di bawahnya. Tikar dan karpet bisa diilustrasikan sebagai alas, Anda bisa memilih salah satunya untuk diadopsi di ruang keluarga Anda. Soal kualitas dan harga, Anda bisa menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki. Yang jelas, karpet yang nyaman dan empuk adalah yang paling direkomendasikan untuk sebuah ruang keluarga minimalis.

Dengan pemilihan karpet yang lembut dan nyaman maka aktivitas apapun yang dilakukan dalam ruang keluarga akan semakin membuat betah. Pilih warna dan motif terbaik untuk menghadirkan suasana berbeda dari ruang keluarga lesehan Anda.

3. Lengkapi dengan beberapa buah bantal demi kenyamanan

Setelah sebelumnya sudah ada bean bag dan karpet untuk melengkapi ruang keluarga berkonsep lesehan di rumah Anda. Selanjutnya, jangan lupa untuk menambahkan beberapa buah bantal bermotif unik dengan warna dan ukuran sesuai selera.

Selain akan memberikan kenyamanan saat berkumpul bersama keluarga, adanya bantal di dalam ruangan juga akan mampu memberi efek visual tertentu. Ruang keluarga akan ada nilai plus dari sisi dekorasi jika ada tambahan pelengkap furniture.

Ruang keluarga lesehan untuk rumah minimalis

Dalam desain ruang keluarga lesehan, disarankan untuk menggunakan karpet dengan bahan yang empuk dan nyaman. Karpet selain berfungsi sebagai pijakan kaki dan alas ruangan, juga memiliki fungsi sebagai penambah nilai estetis pada interior ruang keluarga Anda. Model dan jenis karpet pada ruang keluarga lesehan ini harus disesuaikan dengan tampilan interior agar terlihat lebih elok.

Demikian juga warnanya yang sebaiknya selaras dengan warna interior dan furniture lainnya. Namun yang tak kalah penting, motif karpet sebaiknya dipilih berdasarkan selera anggota keluarga Anda, karena ruangan tersebut difungsikan untuk berkumpul dan bersantai bersama, maka yang paling prioritas adalah kenyamanan dan suasanya yang diinginkan kelurga Anda. .

ruang keluarga lesehan, ruang keluarga lesehan minimalis, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa
ruang keluarga lesehan dengan satu sofa di samping – diminimalis.com

Untuk menciptakan ruang keluarga lesehan sederhana namun tetap bisa memberikan kenyamanan serta ketenangan, selanjutnya Anda bisa mengurangi jumlah perabotan atau furniture yang terdapat di dalam area ruang keluarga.

Dengan mengurangi jumlah furniture yang tidak berguna, maka Anda sudah dapat menciptakan ruang kosong baru pada ruang keluarga lesehan sederhana Anda. Hal ini juga mampu memberikan kesan bersih dan rapi, karena ruangan tidak akan penuh sesak dengan berbagai macam furniture.

Sedangkan untuk mempercantik tampilan ruang keluarga lesehan tersebut, Anda bisa meletakkan ornamen atau hiasan pada dinding untuk memperindahnya. Hal ini dilakukan demi memaksimalkan obyek hiasan tanpa perlu menambahkan aneka benda yang dapat menyesaki ruang keluarga Anda. Agar fasilitas ruang keluarga Anda semakin lengkap, Anda bisa menambahkan bantal, TV, buku-buku bacaan dan bantal agar fungsi dari ruang keluarga Anda semakin maksimal.

Dengan memiliki sebuah ruangan untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga di rumah. Maka Anda sekelurga dapat memiliki kualitas waktu terbaik disela-sela kesibukan masing-masing.

Demikian ulasan kami tentang cara mendesain ruang keluarga lesehan untuk rumah minimalis. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang ruang tamu tanpa kursi, untuk hadirkan nuansa akrab bersama tamu Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls) editted by RN20022020


Comment