Tips Membuat Ruang Favorit Keluarga Lebih Nyaman dan Mengasyikkan

Sebetulnya, tidak perlu ada ruang yang difavoritkan secara khusus karena setiap ruangan dibuat sesuai fungsinya masing-masing. Namun memang tidak salah jika mau menunjuk satu ruang favorit keluarga karena mungkin lebih sering jadi tempat ngumpul. Ruang favorit keluarga inilah yang nanti perlu ditata ulang agar saat dipakai berkumpul bisa memberikan rasa nyaman untuk bercengkerama.

Lalu, seperti apa cara terbaik menyulap ruangan yang tadinya biasa saja menjadi layak untuk difavoritkan? Setidaknya Anda perlu merubah beberapa hal mendasar seperti menata furniturenya dengan baik agar terkesan lapang. Kemudian menambahkan beberapa elemen dekorasi yang mampu menambah kesan sejuk seperti tambahan tanaman. Dari situ, nanti akan tercipta ruangan baru yang cocok untuk berkumpul sesama anggota keluarga.

Memilih Ruangan yang Tepat untuk Difavoritkan

Setiap rumah tentu memiliki area yang menjadi ruang favorit bersama untuk berkumpul, entah itu ruang tengah, taman, bahkan mini bar di samping dapur. Apapun itu, yang layak mendapat sebutan ruang favorit keluarga adalah yang paling sering digunakan berkumpul bersama.

Ketika Anda sekeluarga nyaman di ruang tersebut, entah sekedar untuk bersantai bersama, maka sudah cukup disebut ruang foavorit.

Nah, bicara tentang ruang favorit keluarga, kali ini kami akan membagikan beberapa tips dalam mengaturnya supaya lebih nyaman. Langsung saja, berikut penjelasan lengkapnya.

Ruang favorit keluarga, ruang keluarga adalah, mengatur ruang keluarga, ruang keluarga minimalis, furniture ruang tamu, perlengkapan ruang keluarga, sofa ruang keluarga, desain open space, desain rumah open space, desain open space interior
Salah satu contoh ruang favorit keluarga di rumah – diminimalis.com

Tips Mengatur Ruang Favorit Keluarga Agar Lebih Nyaman

Tanpa diotak atik lebih jauh sebetulnya bisa saja sebuah ruangan langsung diklaim sebagai ruang favorit. Namun begitu, biasanya kesukaan itu perlu penunjang. Biasanya perlu ada ikon tertentu yang menjadi daya tarik. Jadi, jika belum ada, Anda bisa merancangnya dengan cara berikut.

1. Cari Tahu Kebutuhan Anggota Keluarga Anda

Bila kebutuhan anggota keluarga Anda bisa terpenuhi saat berkumpul, maka aktivitas yang dilakukan pun juga menjadi lebih nyaman. Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengamati kegiatan apa saja yang sering dilakukan oleh setiap anggota keluarga Anda.

Nah, setelah Anda mengetahuinya, Anda nanti akan berpatokan pada kebutuhan ini saat akan mendesain ruang favorit keluarga. Namun, jika kebutuhan yang harus dipenuhi terlalu banyak, Anda harus bisa memprioritaskan kebutuhan yang akan dipenuhi. Pastikan Anda juga adil saat memprioritaskannya.

2. Menggunakan Konsep Open Plan

desain open space, desain rumah open space, desain open space interior
desain open plan di ruang tengah – diminimalis.com

Agar ruang favorit keluarga Anda lebih terlihat luas, Anda bisa menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan juga dapur. Namun, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan privasi setiap anggota keluarga. Selain itu, Anda juga bisa membuat rancangan jangka panjang sehingga perubahan tata ruang yang Anda lakukan sekarang, bisa tetap relevan sampai kapanpun.

3. Menciptakan Focal Point

Anda bisa memberikan warna yang mencolok pada salah satu benda sebagai focal pointnya. Nah, dengan tampilan unsur lain yang tidak terlalu dominan, tentu hal ini akan membuat ruang keluarga Anda menjadi lebih berkarakter. Selain itu, orang yang akan menempati ruang ini juga akan lebih nyaman, karena elemen ruangnya lebih kuat secara visual.

4. Memilih Warna yang Tepat

Jika Anda ingin bermain dengan warna, sebaiknya gunakan campuran 2 hingga 3 warna saja. Karena jika lebih, malah akan terlihat menyesakkan. Perlu Anda ingat, bahwa warna tidak hanya berasal dari cat, tapi juga dari wallpaper, furniture, atau aksesoris.

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan color chart guna menentukan pilihan warna yang cocok. Selain itu, pilihlah juga satu warna kuat yang nanti bisa dijadikan aksen.

5. Menggunakan Furnitur Multifungsi

Gunakan furniture multifungsi untuk mengoptimalkan ruang favorit keluarga Anda. Jika Anda menggunakan ruang keluarga sebagai ruang kerja juga. Anda bisa memilih furnitur dengan kaki beroda. Jadi, Anda bisa menggunakannya jika dibutuhkan dan Anda juga bisa menyingkirkannya setelah selesa digunakan.

6. Membangun Storage yang Optimal

Suasana berkumpul akan lebih nyaman di ruang favorit keluarga jika kondisinya tidak berantakan. Nah, Anda bisa memanfaatkan dinding untuk storage barang-barang apapun yang berpotensi membuat ruangan makin sumpek. Caranya, bisa dengan memasang kabinet gantung atau ambalan.

7. Membuat lukisan Mural

cara membuat mural, cara menggambar di tembok kamar, contoh lukisan mural
Contoh lukisan mural yang indah pada sebuah interior rumah – Diminimalis.com

Ruang favorit keluarga akan lebih menyenangkan dengan tampilan dinding yang kreatif dan menarik. Salah satu caranya, dengan membuat lukisan mural bersama pada ruang favorit keluarga. Dengan mendesain ulang dinding, tentu akan membuat penghuni rumah menjadi lebih nyaman.

Baca juga: Bagaimanakah Cara Membuat Mural pada Dinding Rumah Minimalis?

8. Menggunakan Bagian Tetentu Dinding Sebagai Papan Tulis

Anak-anak biasanya sering melukis dan menulis di dinding ruangan. Nah, daripada dilarang, sebaiknya Anda memberikan mereka wadah berkreasi dengan menjadikan beberapa bagian dinding menjadi papan tulis.

Hal ini juga bisa membuat ruang favorit keluarga Anda lebih nyaman dan menyenangkan. Apalagi jika Anda ikut bergabung bersama anak Anda untuk melukis atau menulis. Anda jadi bisa bermain sambil belajar bersama anak Anda.

9. Dapatkan Kesan Hijau Bohemian

Jika Anda suka dengan ruangan yang ramai dan meriah, Anda bisa menggunakan bohemian. Karena bohemian memang dikenal dengan dekorasinya yang bernuansa meriah.

Untuk pengaplikasiannya, Anda bisa menggunakan sofa cushion serta penggunaan warna hijau emerald. Dengan begini, ruang favorit keluarga Anda akan lebih nyaman daripada ruang-ruang yang lainnya.

10. Menggunakan Selimut Faux-fur

Jika Anda masih kurang puas dengan warna bohemian. Anda bisa mengkombinasikannya dengan warna kuning terang dengan tambahan selimut faux-fur yang lembut dan nyaman. Dengan mengaplikasikan warna terang ini, Anda bisa mendapatkan ruang favorit keluarga yang nyaman.

11. Optimalkan Sinar Matahari yan Masuk

Sinar matahari juga bisa membuat ruang favorit keluarga Anda lebih hidup. Suasana ini biasanya sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Selain dengan memberikan bukaan yang lebar untuk memudahkan sinar matahari masuk, Anda juga bisa menambahkan bantal tebal dengan alas karpet berbulu, agar Anda bisa lebih nyaman saat menggunakan ruangan tersebut.

12. Gunakan Elemen Karpet

Saat Anda ingin membuat ruangan yang nyaman, jangan lupa untuk menambahkan elemen karpet kedalamnya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa kain yang bercorak etnik sebagai tambahan desain ruang favorit keluarga Anda.

13. Padukan Material

Memadukan bahan furnitur atau material juga bisa menjadi alternatif Anda saat mendesain ruang keluarga. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan fabric atau kain faux-fur yang ditabrakkan dengan velvet.

14. Rak Buku di Ruang Favorit Keluarga

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan di ruang keluarga ialah membaca. Nah, untuk memfasilitasi kegiatan tersebut, Anda bisa manambahkan rak built-in agar ruang favorit keluarga Anda jadi lebih nyaman.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan karpet, sofa, bantal dan lampu baca yang unik untuk menyeimbangkan keberadaan rak di ruang keluarga Anda.

Nah, itulah beberapa cara membuat ruang favorit keluarga Anda lebih nyaman dan menyenangkan. Harapannya, suasana berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga akan mampu memberikan kesan tersendiri. (ar) editted by RN21072020


Comment